Keluarga

Mengeringkan Rambut Secara Alami Lebih Sehat? Simak Kelebihan & Risikonya!

Mengeringkan Rambut Secara Alami Lebih Sehat? Simak Kelebihan & Risikonya!

MOMSMONEY.ID -  Anda tentu pernah mendengar bahwa mengeringkan rambut secara alami lebih sehat dibanding menggunakan hair dryer. Apakah benar demikian? 

Untuk mengetahui kebenaran kepercayaan tersebut, Anda bisa melihat apa saja keuntungan dan kekurangan mengeringkan rambut secara alami. Melansir Woman and Home, sebenarnya mengeringkan rambut secara alami memang lebih sehat dibandingkan menggunakan hair dryer dengan suhu yang terlalu panas. 

Baca Juga: Awas, Ini 7 Kebiasaan yang Bikin Rambut Rusak hingga Rontok

Namun, mengeringkan rambut secara alami bisa juga tidak lebih sehat. Sebab rambut basah adalah kondisi terapuh rambut. Jika Anda tidak merawat dengan lembut selama proses pengeringan alami, maka Moms tetap akan terkena risiko kerusakan pada rambut. 

Untuk memahami lebih lanjut, yuk simak keuntungan dan kekurangan mengeringkan rambut secara alami!

Keuntungan mengeringkan rambut secara alami

Tidak perlu memiliki alat pengering rambut

Keuntungan pertama, saat mengeringkan rambut secara alami tentu Anda tidak membutuhkan alat pengering rambut. Anda hanya cukup membiarkan rambut Anda mengering secara alami selama beberapa jam. 

Tidak membutuhkan banyak usaha

Keuntungan kedua, Anda tidak perlu repot mencari cara tepat mengeringkan rambut dengan hair dryer. Sebab mengeringkan rambut secara alami tidak membutuhkan usaha apapun. 

Rambut tidak terpapar suhu yang terlalu panas

Keuntungan ketiga mengeringkan rambut secara alami adalah rambut Anda lebih aman dari pada terkena suhu yang terlalu panas dari hair dryer Anda. Jika Anda bisa menjaga rambut Anda selama proses pengeringan alami, risiko rambut rusak sangat kecil.

Lebih hemat biaya

Keuntungan keempat, Anda akan lebih hemat. Anda tidak perlu membeli hair dryer dan membayar biaya listrik penggunaan hair dryer. 

Kekurangan mengeringkan rambut secara alami

Rambut mudah rusak jika terlalu lama basah dan lembap 

Kekurangan pertama, meski lebih aman ketimbang terkena suhu udara yang terlalu panas, ternyata tetap ada risikonya. Rambut Moms bisa juga mengalami kerusakan jika Anda memperlakukan rambut dengan kasar. 

Butuh waktu yang lama untuk benar-benar kering

Kekurangan selanjutnya, Anda membutuhkan waktu yang lama untuk mengeringkan rambut secara alami. Anda tidak bisa segera pergi keluar rumah jika rambut belum benar-benar kering. 

Baca Juga: Kurangi Sampah di Jakarta, WWF Indonesia dan Rekosistem Bangun Waste Station

Rambut tidak berkilau dan terlihat berantakan

Kekurangan ketiga, rambut tidak akan terlihat berkilau saat dikeringkan secara alai. Berbeda saat menggunakan hair dryer. Alat pengering ini bisa membuat rambut lebih lembut dan berkilau. 

Rambut Moms tidak akan terlihat mengembang saat dikeringkan secara alami. Selain itu rambut Anda akan menunjukkan bentuk aslinya dan sulit untuk diatur. 

Berisiko mengalami ketombe 

Kekurangan keempat, mengeringkan rambut secara alami memperbesar risiko mengalami ketombe rambut. Hal ini dikarenakan kulit kepala mengalami kondisi lembap yang cukup lama. 

Demikian kekurangan dan kelebihan mengeringkan rambut secara alami. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News