Keluarga

Cegah Kebotakan, Ini 5 Essential Oil Terbaik untuk Menyuburkan Rambut

Cegah Kebotakan, Ini 5 Essential Oil Terbaik untuk Menyuburkan Rambut

MOMSMONEY.ID - Inilah 5 essential oil terbaik untuk menyuburkan rambut yang layak Anda coba.

Termasuk bahan multifungsi, siapa sangka bahwa essential oil atau minyak atsiri juga bisa membantu menyuburkan rambut.

Beberapa essential oil mampu bekerja pada rambut selama fase pertumbuhan yang cepat untuk menginduksi dan memperpanjang periode pertumbuhan baru.

Sila pilih salah satunya, berikut 5 essential oil terbaik untuk menyuburkan rambut sebagaimana dilansir dari Mudbrick Herb Cottage.

Baca Juga: 4 Tips Skincare untuk Wanita Menopause biar Tetap Awet Muda, Mudah Moms

1. Lavender oil

Essential oil terbaik untuk menyuburkan rambut yang pertama yaitu lavender oil.

Lavender oil bisa meningkatkan pertumbuhan sel dan mencegah kerontokan rambut akibat stres. Menurut sebuah penelitian pada tahun 2016, lavender oil mampu menyebabkan peningkatan pertumbuhan rambut tikus laboratorium sebesar 99,8% selama 3 minggu.

Berkat sifat antimikrobanya, lavender oil dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala dengan membatasi produksi bakteri dan jamur yang tidak sehat. Anda bisa menggunakan lavender oil pada rambut tanpa membunuh bakteri sehat yang melindungi kulit kepala dari ruam dan pengelupasan.

2. Tea tree oil

Essential oil terbaik untuk menyuburkan rambut yang kedua yaitu tea tree oil.

Termasuk bahan yang umum ditemukan dalam produk anti-ketombe, tea tree oil adalah agen antibakteri dan antimikroba kuat yang mampu membuka sumbatan folikel rambut untuk mendorong pertumbuhan rambut yang sehat.

Sebuah penelitian pada tahun 2002 menemukan bahwa tea tree oil mampu mengurangi rasa gatal dan berminyak pada kulit kepala. Pada gilirannya, kemampuan tea tree oil yang demikian bisa mengurangi keinginan untuk menggaruk kulit kepala yang berisiko merusak folikel rambut dan menyebabkan kerontokan.

3. Rosemary oil

Essential oil terbaik untuk menyuburkan rambut yang ketiga yaitu rosemary oil.

Rosemary oil mengandung asam karnosat yang meningkatkan sirkulasi, pergantian sel, dan pertumbuhan saraf. Sehingga, menyebabkan rambut tumbuh lebih lebat pada akhirnya.

Sifat stimulatif yang dimiliki rosemary oil mampu menyeimbangkan keluarnya minyak di sekitar folikel rambut. Sebuah penelitian telah mengonfirmasi bahwa rosemary oil dapat mengatasi pola kebotakan pada pria maupun wanita tanpa menyebabkan ketombe, kulit kepala kering, atau rambut berminyak.

Baca Juga: Menangkap Peluang Bisnis Skincare ala Lexon Beauty

4. Peppermint oil

Essential oil terbaik untuk menyuburkan rambut yang keempat yaitu peppermint oil.

Peppermint oil mampu meningkatkan sirkulasi darah dan nutrisi ke kulit kepala, mempercepat pertumbuhan rambut, serta mencegah rambut rontok. Kandungan menthol dalam peppermint oil menawarkan efek pendinginan yang merangsang folikel rambut.

Penelitian tahun 2014 pada tikus menegaskan bahwa peppermint oil dapat meningkatkan jumlah folikel dan kedalamannya, sehingga meningkatkan pertumbuhan dan ketebalan rambut secara keseluruhan. Anda dapat merawat kulit kepala dengan peppermint oil guna mengurangi penumpukan produk yang kerap menghambat pertumbuhan rambut.

5. Geranium oil

Essential oil terbaik untuk menyuburkan rambut yang kelima yaitu geranium oil.

Geranium oil mampu menyeimbangkan produksi sebum untuk mengatur kekeringan dan minyak berlebih pada kulit kepala. Sifatnya yang mengatur kelembaban dapat mencegah kerusakan rambut, sehingga menghasilkan rambut yang lebih panjang dan kuat.

Sebuah studi pada tahun 2017 menemukan bahwa ekstrak geranium dapat meningkatkan produksi sel papilla dermal manusia. Ini adalah sejenis sel yang menginduksi pembentukan folikel rambut. Ketika pembentukan folikel rambut meningkat, itu akan menyebabkan pertumbuhan rambut yang lebih cepat dan tebal.

Itulah 5 essential oil terbaik untuk menyuburkan rambut yang layak Anda coba.

Adapun cara menggunakan essential oil untuk menyuburkan rambut yang paling efektif yaitu campurkan terlebih dahulu 2-3 tetes essential oil dengan carrier oil seperti jojoba oil atau minyak kelapa secukupnya. Setelah tercampur, pijatkan ke kulit kepala dan biarkan selama 5-10 menit lalu bilas hingga bersih menggunakan sampo dan kondisioner.

Jika Anda tidak punya banyak waktu, cukup tambahkan 1 tetes essential oil pilihan Anda ke sampo sebelum digunakan. Tunggu beberapa menit kemudian bilas hingga bersih.

Ulangi proses di atas sebanyak 2-3 kali seminggu untuk hasil terbaik. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News