Keluarga

Rahasia Makeup Halus dan Tahan Lama, Terapkan 5 Langkah Skin Preparation Ini

Rahasia Makeup Halus dan Tahan Lama, Terapkan 5 Langkah Skin Preparation Ini

MOMSMONEY.ID - Catat ya, inilah 5 langkah skin preparation sebelum makeup untuk hasil makeup yang halus dan tahan lama.

Makeup Anda terlihat tidak merata dan gampang pudar? Bisa jadi, Anda telah melewatkan skin preparation.

Skin preparation sendiri adalah tahapan pra-makeup yang dilakukan untuk mempersiapkan kulit sebelum dirias dengan cara menggunakan produk skincare.

Melansir laman IPSY, seorang MUA profesional bernama Ruby Vo membagikan 5 langkah skin preparation sebelum makeup untuk hasil makeup yang halus dan tahan lama. Berikut langkah-langkah tersebut:

Baca Juga: 4 Rekomendasi Hydrating Toner Terbaik dengan Harga Terjangkau

1. Eksfoliasi

Ketika sel kulit mati dibiarkan menumpuk di permukaan kulit, itu dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, kulit kusam, warna kulit tidak merata, dan tekstur gradakan yang membuat hasil makeup tidak maksimal. Untuk menciptakan dasar makeup yang halus, lakukanlah eksfoliasi dengan lembut sebelum mengaplikasikan produk makeup.

Idealnya, eksfoliasi perlu dilakukan sebanyak 2-3 kali seminggu untuk membantu mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit wajah siap untuk dirias.

Jika kulit Anda kering, eksfoliasi akan membantu menghilangkan tambalan kering yang mungkin Anda miliki. Sementara itu, jika kulit Anda berminyak, eksfoliasi akan membantu menghilangkan kelebihan sel kulit mati yang cenderung menyumbat pori-pori.

2. Pakai eye cream dan eye mask

Apabila Anda ingin area bawah mata tampak cerah, pastikan Anda tidak melewatkan skin preparation di bagian mata.

Tak hanya mencerahkan area bawah mata, langkah ini juga dapat membuat hasil foundation dan concealer terlihat lebih halus sekaligus lebih tahan lama.

Sebelum makeup, aplikasikanlah eye cream dengan tekanan ringan menggunakan jari manis. Lanjutkan dengan memakai eye mask untuk memberikan hidrasi dan menangkap serpihan eyeshadow yang berjatuhan.

3. Aplikasikan toner dan serum

Menggunakan toner dan serum merupakan langkah skin preparation selanjutnya sebelum makeup.

Toner mampu mengembalikan ph kulit, memberikan hidrasi, dan membantu kulit menyerap moisturizer sepenuhnya. Pastikan Anda menggunakannya sesaat setelah mencuci muka.

Usai memakai toner, lanjutkan dengan mengaplikasikan serum yang menghidrasi seperti serum hyaluronic acid apabila kulit Anda bertipe kering. Untuk pemilik kulit berminyak atau kombinasi, pilihlah serum yang bisa meringkas pori-pori dan membantu mengontrol minyak supaya hasil makeup Anda lebih tahan lama.

Baca Juga: 5 Tips Makeup Flawless Tanpa Foundation, Ternyata Sederhana!

4. Oleskan moisturizer

Penggunaan moisturizer termasuk salah satu langkah terpenting sebelum foundation menyentuh wajah Anda sekali pun Anda menggunakan foundation yang menghidrasi.

Moisturizer akan membantu foundation dan concealer yang Anda aplikasikan menjadi lebih mulus, tahan lama, dan berkilau.

Jika kulit Anda berminyak, gunakanlah moisturizer matte atau bebas minyak. Jika kulit Anda lebih kering, disarankan untuk menggunakan moisturizer yang menghidrasi dan menutrisi. Baiknya, oleskan moisturizer dengan tangan dan biarkan selama beberapa menit sebelum mengaplikasikan foundation atau primer.

5. Gunakan primer

Primer tak hanya bagus untuk menciptakan dasar makeup yang halus, tetapi juga bisa membuat makeup bertahan lebih lama.

Untuk para pemilik kulit berminyak, pilihlah primer yang mampu mengisi pori-pori dan mengontrol minyak di area T-zone.

Namun, jika jenis kulit Anda adalah kering, cobalah hydrating primer untuk menciptakan tampilan makeup yang glowing dan dewy.

Demikian 5 langkah skin preparation sebelum makeup untuk hasil makeup yang halus dan tahan lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News