Keluarga

Sebelum Membangun Rumah, Kenali Jenis-jenis Lantai yang Tahan Lama

Sebelum Membangun Rumah, Kenali Jenis-jenis Lantai yang Tahan Lama

MOMSMONEY.ID -  Anda ingin mengubah lantai di rumah Anda? Yuk cari tahu terlebih dahulu jenis-jenis lantai yang tahan lama. 

Saat memilih dan memasang lantai, Anda membutuhkan waktu yang cukup lama. Apalagi saat merenovasi rumah, Anda perlu membersihkan seluruh rumah sebelum memasang lantai. Maka penting untuk memilih jenis lantai yang tahan lama. 

Baca Juga: Jajan Pakai QRIS Jenius Bisa Dapat Cashback Hingga Rp 20.000

Memiliki lantai yang tahan lama dan tidak mudah rusak sangat menguntungkan Anda. Apalagi jika Anda memiliki anak kecil dan hewan peliharaan. Punya lantai yang tahan lama juga cocok untuk Anda yang sibuk, sehingga tak perlu lagi sering gonta-ganti lantai. 

Ini daftar jenis lantai yang tahan lama

1. Lantai laminasi

Lantai laminai sudah dikembangkan selama bertahun-tahun dan telah menjadi salah satu bahan lantai yang paling kuat dan tahan lama. Lantai jenis ini berlapis yang membantu daya tahannya dan di lapisan bagian atasnya tahan gores. Sangat cocok untuk Anda yang memiliki hewan peliharaan yang memiliki cakar. 

Anda bisa memilih lantai laminasi yang memiliki pola seperti papan kayu atau batu. Namun, sayangnya lntai laminasi sering kali tak tahan air dan mudah rusak karena lembap. 

2. Lantai kayu solid

Jenis lantai yang tahan lama selanjutnya adalah lantai kayu solid. Jenis ini adalah lantai yang juga tahan gores. Pun jika tergores, Anda tinggal mengamplasnya. 

Meski tahan lama, kuat dan anti gores ada baiknya Anda menambahkan karpet untuk mencegahnya juga mempercantik penampilannya. Adapun kekurangan jenis lantai ini adalah mudah rusak karena udara yang lembap namun Anda bisa mengatasinya dengan pelapis anti air. 

3. Lantai porselen

Jenis lantai yang tahan lama selanjutnya adalah lantai porselen atau keramik. Jenis lantai ini memiliki pola atau gambar unik yang bisa membuat rumah Anda berbeda dengan lainnya. 

Jenis lantai ini jadi pilihan terbaik jika Anda mencari lantai yang tahan lecet, goresan dan noda airan. Jenis lantai ini juga bisa menyerap air sehingga cocok untuk digunakan di kamar mandi atau dapur. Namun kekurangannya adalah lantai porselen atau keramik mudah retak jika terkena benda berat yang jatuh. 

4. Lantai bambu

Jenis lantai tahan lama selanjutnya adalah lantai bambu. Lantai ini terbuat dari beberapa batang bambu yang direkatkan dengan perekat khusus. Jenis lantai ini bahkan dikatakan memiliki kekuatan melebih lantai kayu. 

Lantai bambu memiliki sifat tak mudah rusak dan pecah jika terkena benda berat yang jatuh. Namun lantai bambu mudah rusak jika terkena air dan kelembapan yang berlebihan.

5. Lantai vinyl

Lantai papan vinyl dikenal memiliki daya tahan yang sempurna, sehingga ideal untuk dapur, ruang bermain anak atau lantai basemen. Lantai ini cukup baik untuk aktivitas berat, tahan gores dan tahan air. 

Baca Juga: 5 Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Mudah, Apa Saja?

Demikian jenis-jenis lantai dengan daya tahan yang kuat dan lama, serta kelebihan dan kekurangannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News