Keluarga

Ragam Ibadah yang Boleh Dilakukan Wanita Muslim saat Menstruasi

Ragam Ibadah yang Boleh Dilakukan Wanita Muslim saat Menstruasi

MOMSMONEY.ID - Saat sedang menstruasi atau haid, wanita Muslim dilarang shalat dan puasa. Namun untuk mengisi pahala selama bulan Ramadan, ternyata ada loh ibadah lainnya yang bisa menggantikan ibadah-ibadah tersebut.

Allah SWT telah memerintahkan wanita haid dan nifas untuk tidak melaksanakan shalat dan puasa. Jadi, jika wanita haid memenuhi perintah ini dengan niat untuk tunduk pada Allah, dia sebenarnya sedang melakukan ibadah menyembah Allah.

Supaya tak lagi ragu, MomsMoney hadirkan berbagai jenis ibadah yang bisa dilakukan wanita Muslim saat haid, berikut ini!

Beristighfar

Beristigfar memohon ampunan Allah boleh dilakukan wanita Muslim saat haid.

Dengan beristigfar setiap saat, artinya Anda mengingat segala dosa yang pernah diperbuat. Dosa-dosa ini akan dihapus sebanyak lantunan istigfar yang diucapkan. Beristigfar juga akan membuat doa-doamu jadi lebih mudah dikabulkan, karena dosa adalah penghambat terkabulnya doa.

Melansir dari Beana Home Quran, Rasulullah SAW yang sudah dijamin masuk Surga saja tetap rutin beristigfar memohon ampun pada Allah sebanyak 70 kali dalam sehari.

Baca Juga: 8 Ayat Al Quran Penghibur Patah Hati dan Kesedihan, Wajib Kamu Baca!

Bersedekah

zakat dan donasi online

Bersedekah juga menjadi salah satu jenis ibadah yang bisa dilakukan wanita Muslim saat menstruasi.

Melansir dari Seekers Guidance The Global Islamic Academy, bersedekah seikhlasnya akan bernilai pahala karena telah meringankan beban orang lain yang sedang kesusahan.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Khatamkan Bacaan Al Quran di Bulan Ramadan, Raih Pahalanya!

Memberi makan orang yang puasa

Salah satu ibadah yang bisa dilakukan wanita Muslim saat haid dan mendapatkan banyak pahala ialah memberi makan orang yang puasa, meski Anda sendiri tak berpuasa.

"... Siapa pun yang memberi makan orang puasa di bulan Ramadan, baginya adalah pengampunan dosa dan membebaskan lehernya dari neraka ..." dalam Sahih ibn Khuzayma; Sayuti, al-Jami’ al-Kabir; Bayhaqi, Shi'b al-Iman yang dikutip melalui Seekers Guidance The Global Islamic Academy.

Berdoa dan mendoakan orang lain

Ibadah termudah & bisa dilakukan dimana saja oleh wanita Muslim saat haid ialah berdoa.

Melansir dari The Islamic Information, berdoa merupakan jenis ibadah yang paling mudah dilakukan dimanapun dan kapanpun. Berdoa pun bisa menggunakan bahasa apapun, termasuk bahasa Indonesia.

Baca Juga: Keutamaan Shalat Tarawih dari Malam ke-1 hingga ke-30 di Bulan Ramadan

Berzikir

Muslim beribadah

Berzikir juga bisa dilakukan wanita Muslim saat menstruasi.

Berzikir mengingat Allah tetap bisa dilakukan mulai dari pagi hari, sore hari, menjelang tidur, saat akan makan dan minum, hingga saat melakukan perjalanan.

Berzikir secara rutin akan membuat Anda tetap mengingat Allah SWT meski sedang menstruasi.

Baca Juga: Daftar 7 Makanan yang Namanya Tercantum dalam Kitab Suci Al Quran

Mendengarkan lantunan Al-Quran

Ibadah yang bisa dilakukan wanita Muslim saat haid adalah mendengarkan lantunan ayat suci Al Quran.

Meski dalam madzhab Hanafi wanita Muslim dilarang membaca Al Quran (diucapkan oleh bibir) & juga berdosa jika menyentuh terjemahan Al Quran saat menstruasi, namun mendengarkan orang lain mengaji bukanlah sebuah dosa.

Membaca ayat Al Quran di dalam hati melalui layar elektronik HP/laptop juga bukanlah sebuah larangan sehingga tetap dapat dilakukan.

Melantunkan sholawat

Muslim beribadah

Ibadah yang bisa dilakukan wanita Muslim saat menstruasi salah satunya melantunkan sholawat, baik pada Nabi maupun Allah.

Lakukanlah sholawat/puji-pujian pada Nabi karena Allah dan para malaikat juga melimpahkan banyak sholawat pada Nabi.

Sholawat juga adalah salah satu ladang pahala yang bisa dilakukan ketika Anda tak bisa melakukan jenis ibadah lainnya saat sedang menstruasi.

Baca Juga: Daftar 7 Makanan yang Namanya Tercantum dalam Kitab Suci Al Quran

Ibadah lainnya

Sebenarnya, ada banyak ibadah lainnya mulai dari tersenyum, mengunjungi orang sakit, membantu orang lain, hingga memberi salam pada setiap orang yang berpapasan.

Jenis ibadah tersebut juga menjadi ladang pahala bagi para wanita yang sedang haid.

Itulah sederet ibadah yang bisa dilakukan wanita Muslim saat sedang haid atau menstruasi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menggali banyak pahala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News