Keluarga

Pro dan Kontra Penggunaan Acne Patch untuk Hilangkan Jerawat

Pro dan Kontra Penggunaan Acne Patch untuk Hilangkan Jerawat

MOMSMONEY.ID - Berikut pro dan kontra penggunaan acne patch untuk hilangkan jerawat yang harus Anda tahu.

Jerawat merupakan masalah kulit yang hampir semua orang menghadapinya, terutama perempuan. Ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilang jerawat, salah satunya dengan acne patch.

Acne patch atau tambalan jerawat saat ini memiliki bentuk yang beragam dan lucu layaknya stiker. Anda mungkin pernah melihat seseorang menempelkan di kereta atau kedai kopi dengan stiker bintang di wajahnya. Lalu, apakah stiker lucu tersebut ada manfaatnya?

Melansir Femina, dr Alekya menyatakan bahwa penggunaan acne patch dapat memberikan perlindungan dan merawat jerawat agar tidak meradang. Meski demikian, penggunaannya perlu dibatasi, terutama apabila kulit Anda memiliki jerawat yang persisten atau parah.

Baca Juga: 4 Cara Menghapus Lipstik dengan Benar, Jangan Keliru!

3 Kelebihan dan Kekurangan Acne Patch

Penggunaan acne patch hingga saat ini masih menyimpan pro dan kontra seperti yang telah dijelaskan ole dr Alekya. Secara umum, acne patch memiliki tiga kelebihan dibandingkan obat totol jerawat, di antaranya:

  1. Melindungi jerawat dari faktor eksternal, seperti kotoran, bakteri, dan polutan.
  2. Menutupi noda jerawat, dan menciptakan lapisan pelindung untuk mempercepat penyembuhan.
  3. Menyerap minyak berlebih dari jerawat, sehingga dapat mengurangi peradangan dan infeksi bakteri.

Meski menyimpan cukup banyak khasiat, ternyata acne patch juga memiliki kekurangan terutama untuk kulit sensitif. Apa saja itu?

  1. Menimbulkan ketergantungan dan berisiko menunda perawatan apabila tidak dilakukan pengobatan jerawat yang tepat.
  2. Menyebabkan iritasi pada kulit sensitif. Untuk menghindari iritasi, baca label produk dan uji patch di area kecil kulit sebelum menggunakannya di area wajah yang berjerawat.
  3. Tidak efektif digunakan untuk jerawat terbuka atau pecah. Lebih dari itu, penggunaan patch bahkan dapat menyebabkan infeksi atau iritasi lebih lanjut.

Baca Juga: 5 Tips Memakai Lipstik Merah untuk Hari Valentine, Auto Cantik!

Berdasarkan kelebihan dan kekurangan acne patch di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan patch mungkin aman jika kondisi kulit Anda normal. Sementara pemilik kulit sensitif lebih baik untuk menghindari penggunaan acne patch.

Dibandingkan menggunakan acne patch, pengelolaan jerawat lebih efektif apabila Anda 3 merawat kulit dengan konsisten, menjaga kebersihan kulit dengan baik, serta menerapkan gaya hidup sehat.

Demikian pro dan kontra penggunaan acne patch untuk hilangkan jerawat. Untuk menggunakan acne patch, pastikan kulit Anda sedang dalam keadaan baik, Moms!

Selanjutnya: Proyek IKN Angkat Pertumbuhan Ekonomi Pulau Kalimantan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News