Bugar

Prediabetes Sebaiknya Hindari Konsumsi Minuman Berikut

Prediabetes Sebaiknya Hindari Konsumsi Minuman Berikut

MOMSMONEY.ID - Apa saja minuman yang sebaiknya dihindari prediabetes? Cari tahu selengkapnya berikut ini, yuk.

Prediabetes merupakan kondisi kesehatan di mana kadar gula darah seseorang lebih tinggi dari normal namun belum cukup tinggi untuk diklasifikasikan sebagai diabetes tipe 2. Salah satu aspek penting dalam pengelolaan ini adalah pemilihan minuman yang dikonsumsi.

Minuman tertentu dapat meningkatkan risiko seseorang berpindah dari prediabetes menjadi diabetes tipe 2 dan sebaiknya dihindari. Mengutip dari Cleveland Clinic, berikut adalah daftar minuman yang sebaiknya dihindari prediabetes:

1. Alkohol

Mengonsumsi alkohol dapat mempengaruhi kadar gula darah dan sensitivitas insulin, yang berpotensi memperburuk kondisi prediabetes.

Efek alkohol terhadap gula darah bisa bervariasi, terkadang menyebabkan penurunan atau peningkatan kadar gula darah, tergantung pada jumlah dan jenis alkohol yang dikonsumsi.

Baca Juga: 4 Cara Menurunkan Gula Darah dengan Cepat, Cek Selengkapnya!

2. Minuman energi

Dikenal akan kandungan gula dan kafeinnya yang tinggi, minuman energi bisa menyebabkan lonjakan gula darah dan berkontribusi pada peningkatan berat badan. Selain itu, stimulan yang terkandung di dalamnya dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung.

3. Jus buah

Meski sering dianggap sebagai pilihan sehat, banyak jus buah yang mengandung gula tambahan atau konsentrat yang dapat meningkatkan gula darah. Jus buah juga kehilangan serat alami buah, yang penting untuk memperlambat penyerapan gula.

Baca Juga: Gula Darah Tinggi Pasti Turun Dengan Konsumsi Minuman Ini, Apa Saja?

4. Limun

Minuman ini biasanya penuh dengan gula tambahan, yang dapat menyebabkan peningkatan cepat dalam kadar gula darah. Limun sering kali tidak menyediakan nilai nutrisi apa pun selain kalori dari gula.

5. Teh manis

Meskipun teh sendiri bisa menjadi pilihan yang sehat, penambahan gula pada teh manis membuatnya menjadi minuman yang sebaiknya dihindari oleh mereka yang berisiko terkena diabetes. Teh manis dapat mengandung jumlah gula yang setara dengan atau bahkan lebih dari soda.

Baca Juga: Inilah Daftar Makanan Penurun Gula Darah untuk Penderita Diabetes, Cek Sekarang

6. Kopi manis

Kopi yang diberi tambahan sirup, gula, krim, dan bahan manis lainnya dapat mengubahnya menjadi bom kalori dan gula. Minuman kopi manis ini dapat berdampak negatif pada pengelolaan gula darah.

7. Soda

Soda adalah salah satu minuman yang paling sering disarankan untuk dihindari oleh individu dengan prediabetes karena tingginya kandungan gula tambahan. Soda tidak hanya meningkatkan risiko diabetes tipe 2 tetapi juga berkontribusi pada penambahan berat badan dan masalah kesehatan lainnya.

Menghindari minuman-minuman ini dan memilih alternatif yang lebih sehat seperti air, teh tanpa gula, atau kopi tanpa pemanis, dapat membantu individu dengan prediabetes mengelola kadar gula darah mereka dan mencegah perkembangan ke diabetes tipe 2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News