Bugar

Pilihan Menu Diet Tanpa Nasi untuk Menurunkan Berat Badan, Mau Coba?

Pilihan Menu Diet Tanpa Nasi untuk Menurunkan Berat Badan, Mau Coba?

MOMSMONEY.ID - Sedang diet? Yuk, coba konsumsi menu diet tanpa nasi untuk menurunkan berat badan berikut ini.

Nasi merupakan makanan pokok di banyak negara, termasuk Indonesia. Namun, bagi sebagian orang yang ingin menurunkan berat badan, mengurangi atau bahkan menghindari nasi sering menjadi pilihan.

Lantas, apa saja menu diet tanpa nasi yang direkomendasikan? Menyadur dari laman Good Doctor, di bawah ini adalah beberapa pilihan yang dapat Anda coba konsumsi:

1. Oatmeal

Kandungan karbohidrat dari gandum dalam oatmeal sangat mirip dengan sereal, namun oatmeal lebih efektif untuk menurunkan berat badan.

Menurut penelitian dalam Journal of American College of Nutrition, oatmeal dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama, sehingga membantu mengurangi nafsu makan.

Kandungan serat beta-glucan dalam oatmeal berperan besar dalam memberi rasa kenyang yang tahan lama karena molekulnya lebih padat dan konsentrasinya tinggi.

Baca Juga: Terapkan, yuk! Begini Cara Menghentikan Kecanduan Gula yang Efektif

2. Kentang panggang

Kentang merupakan sumber karbohidrat yang banyak dipilih orang sebagai pengganti nasi. Kentang panggang menjadi pilihan yang baik untuk diet karena selain rasanya yang lezat, kentang juga mengandung nutrisi penting seperti vitamin B, serat, dan kalium.

Di Inggris, kentang sudah lama menjadi bagian dari makanan pokok sebagai sumber karbohidrat utama.

3. Roti gandum

Roti gandum cokelat adalah pilihan tepat untuk menu diet tanpa nasi. Gandum kaya akan nutrisi seperti serat, vitamin B, dan mineral alami yang baik untuk tubuh.

Selain memberikan energi, roti gandum juga lebih sehat dibandingkan roti tawar putih karena kandungan seratnya lebih tinggi, sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama.

4. Sereal

Salah satu pilihan menu diet tanpa nasi yang bisa dicoba adalah sereal. Meskipun terlihat sederhana, sereal bisa menjadi pengganti nasi yang efektif. Karbohidrat yang dibutuhkan tubuh bisa Anda dapatkan dari gandum yang menjadi bahan utama sereal.

Sereal sangat cocok disantap saat sarapan pagi. Anda bisa menambahkannya dengan susu rendah lemak dan rendah gula untuk menjaga keseimbangan gizi tanpa menambah kalori berlebih dari karbohidrat jenuh yang ada dalam nasi.

Selain karbohidrat, sereal juga mengandung serat, zat besi, protein, dan vitamin B yang baik untuk tubuh.

Baca Juga: Ceker Ayam Mengandung Kolesterol atau Tidak ya? Ini Jawabannya

5. Telur

Telur adalah sumber protein yang mudah diolah dan dapat menjadi pendamping yang sempurna untuk roti gandum atau oatmeal. Anda bisa membuat telur mata sapi, scrambled egg, atau telur rebus.

6. Daging

Daging ayam atau sapi juga bisa menjadi pilihan untuk menyeimbangkan asupan protein. Daging mengandung nutrisi penting seperti zat besi, protein, zinc, dan vitamin. Anda bisa mengombinasikannya dengan kentang panggang untuk hidangan yang lezat dan bernutrisi.

7. Sayuran

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, atau selada kaya akan serat, fosfor, magnesium, dan kalium. Anda bisa mengkombinasikannya dengan kentang atau sereal untuk menambah nilai gizi.

Baca Juga: 6 Manfaat Konsumsi Labu Kuning untuk Diabetes

8. Buah-buahan

Buah seperti pisang, apel, kiwi, atau plum bisa menjadi camilan sehat setelah mengonsumsi oatmeal atau sereal. Hindari buah yang mengandung banyak air dan gula, seperti melon, karena dapat menambah kalori berlebih.

9. Ikan laut

Ikan laut seperti salmon, tuna, atau makarel kaya akan omega-3 yang baik untuk kesehatan otak dan jantung. Ikan laut bisa menjadi pilihan menu pendamping untuk melengkapi diet tanpa nasi Anda.

Itulah beberapa pilihan menu diet tanpa nasi untuk menurunkan berat badan yang dapat Anda coba konsumsi. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News