Santai

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN Tanam 3.000 Mangrove

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN Tanam 3.000 Mangrove

MOMSMONEY.ID - Dalam rangka memperingati  Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, PT PLN (Persero) menanam 3.000 bibit mangrove di Desa Tiwoho, Kecamatan Wori, Sulawesi Utara.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, penanaman mangrove dan pemberdayaan masyarakat adalah bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

"PLN berkomitmen untuk tidak hanya memberikan suplai listrik andal, tetapi juga hadir untuk menyejahterakan masyarakat dan melestarikan lingkungan sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan," ujar Darmawan dalam keterangan tertulis, Jumat (28/6).

Dalam agenda ini,  terdapat sekitar 110 volunteer PLN, Balai Taman Nasional Bunaken, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan warga desa Tiwoho yang ikut serta.

Kepala Balai Taman Nasional Bunaken, Faat Rudhianto pun mengapresiasi program-program PLN dalam memperingati hari lingkungan sedunia.

"Saya ucapkan terima kasih kepada PLN yang telah berkenan menjadi wadah keberlanjutan ekosistem mangrove. Juga bantuan volunteer PLN yang kian aktif berperan dalam keberlangsungan acara ini," ujar Faat.

Baca Juga: Benarkah Wanita Usia 40 Tahun Mudah Naik Berat Badan? Ungkap 4 Penyebabnya

Faat menjelaskan agenda penanaman mangrove sangat krusial karena mangrove mengurangi abrasi, mengendalikan sedimentasi tanah dan memberikan habitat bagi beragam kehidupan. Selain aspek ekologisnya, mangrove juga memiliki potensi ekonomis yang cukup besar dan layak untuk dikembangkan.

Dia berharap, kerja sama dengan PLN mengenai usaha pelestarian mangrove dan pengembangan produk turunannya dapat bergulir, sebagai upaya menjaga dan melestarikan ekosistem hijau di sekitar.

General Manager (GM) PLN Unit Induk Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban (UIP3B) Sulawesi, Jarot Setyawan menambahkan, kegiatan ini sekaligus mendorong program Green Employee Involvement di lingkungan PLN, yakni program yang melibatkan seluruh insan PLN Group untuk terlibat dalam kegiatan berwawasan lingkungan.

"Melalui penanaman mangrove ini, diharapkan akan tercipta kelestarian ekosistem pesisir dan memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat melalui pemanfaatan produk-produk mangrove," kata Jarot.

Bukan hanya melakukan penanaman mangrove, PLN jugamenggelar workshop pengolahan biji mangrove menjadi kopi, kripik, dan tepung sehingga manfaat mangrove dirasakan langsung oleh masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News