Santai

Perhatikan 5 Tanda Tubuh yang Kekurangan Kalori Ini, Salah Satunya Mudah Lapar

Perhatikan 5 Tanda Tubuh yang Kekurangan Kalori Ini, Salah Satunya Mudah Lapar

MOMSMONEY.ID - Berikut ini tanda tubuh yang kekurangan kalori yang harus Anda kenali.

Memperhatikan asupan makanan, tentu jadi hal penting untuk merawat kesehatan tubuh.

Sebab, kurangnya asupan kalori atau makanan yang masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan tubuh menjadi tidak dapat berfungsi dengan baik.

Agar tidak kekurangan kalori dan menyebabkan beragam penyakit, kenali tanda-tanda tubuh yang kekurangan kalori berikut:

Baca Juga: Kenali 3 Tanda Umum Burnout dan Cara untuk Mengatasinya Ini

Mudah merasa lapar

Kurang makan atau kurangnya asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh menyebabkan perubahan hormon yang membuat rasa lapar meningkat.

Hal tersebut terjadi di karena kan tubuh membutuhkan tenaga pengganti untuk menggantikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga tubuh akan lebih mudah menjadi lapar.

Lemas

Kurangnya energi atau lemas menjadi salah satu sinyal yang diberikan tubuh karena kurangnya asupan kalori. Laman Health Line menjelaskan, kurangnya asupan makanan pada tubuh dapat menyebabkan kelelahan dan lemas.

Sehingga, organ-organ tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik untuk melakukan kegiatan harian.

Baca Juga: 9 Workout Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan, Tertarik Coba?

Tidur tidak nyenyak

Mengurangi banyak asupan kalori ke dalam tubuh juga akan membuat susah tidur nyenyak di malam hari. Tubuh mengalami kesusahan untuk beristirahat di karena kan tubuh masih sibuk untuk mencari dan memenuhi nutrisi yang kurang.

Mudah marah

Melansir dari laman Eating Well, nutrisi yang cukup diberikan ke dalam tubuh akan membantu tubuh menyalurkan senyawa kimia ke otak untuk merasakan perasaan senang.

Sehingga saat tubuh kekurangan asupan kalori atau makanan, tubuh menjadi kekurangan senyawa tersebut. Hingga akhirnya mengakibatkan mood swing bahkan menjadi mudah marah.

Rambut rontok

Kerontokan rambut juga bisa diakibatkan karena kurangnya kalori, protein, vitamin, dan mineral yang masuk ke dalam tubuh.

Ketika tubuh dalam kondisi kurang makan, maka energi tersebut akan diberikan untuk bagian vital tubuh seperti jantung, otak, dan organ lainnya sebagai prioritas ketimbang bagian rambut.

Sebagai tambahan, penting untuk mengetahui asupan kalori yang tepat bagi tubuh. Pastikan untuk melakukan konsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengurangi jumlah asupan kalori, agar terhindar dari risiko-risiko tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News