Keluarga

Perbedaan 2 Pizza Klasik Asal Italia: Pizza Neapolitan vs Pizza Margherita

Perbedaan 2 Pizza Klasik Asal Italia: Pizza Neapolitan vs Pizza Margherita

MOMSMONEY.ID - Pizza Neapolitan dan Pizza Margherita adalah 2 jenis pizza Italia dengan gaya klasik yang masih cukup popular hingga saat ini.

Meski sama sama berasal dari Italia, namun keduanya punya sejarah, pembuatan, hingga cita rasa yang berbeda. Apa sajakah itu? Melansir dari The Pizza Calc, Pizza Informer, dan America’s Restaurant, selengkapnya.

Baca Juga: Kenapa Keju Swiss ala Tom n Jerry Berlubang? Penyebabnya Tak Lagi Misteri

Pizza Neapolitan

Pizza Neapolitan berasal dari Naples, Italia, sekitar tahun 1700-an. Pizza Neapolitan disebut-sebut sebagai tempat “kelahiraan” pizza.

Pizza Margherita

Di sisi lain, Pizza Margherita baru dibuat pada akhir tahun 1800-an oleh seorang koki pembuat pizza bernama Raffaele Esposito.

Esposito membuat pizza ini dalam rangka untuk menyenangkan sang ratu, yakni Ratu Italia, Ratu Margherita, dari daerah Savoy yang saat itu sedang berkunjung

Baca Juga: 5 Hidangan Klasik ala Italia yang Cerminkan Sejarah dan Budaya Negaranya

Perbedaan Pizza Neapolitan vs Pizza Margherita

1. Adonan Pizza

Adonan pizza Neapolitan biasanya dibuat sangat tipis dan renyah. Saking tipisnya, adonan tersebut menyerupai kerak.

Sementara Pizza Margherita dibuat dari adonan yang sedikit lebih tebal daripada Pizza Neapolitan.

2. Bahan pembuatan

Pizza Klasik Italia: Pizza Margherita

Perbedaan antara Pizza Neapolitan dan Pizza Margherita terletak pada bahan-bahan dasarnya.

Pizza Neapolitan dibuat dengan sederhana, yakni terdiri atas adonan & topping tomat, mozzarella, dan basil. Ketiga topping ini melambangkan bendera Italia, yakni merah (dari tomat), putih (dari mozzarella), dan hijau (dari basil).

Sementara Pizza Margherita sedikit lebih rumit. Bahan-bahan atau toppingnya dibuat dari minya zaitun extra virgin, basil segar, mozzarella, parmesan, dan oregano.

Baca Juga: Daftar 5 Negara Produsen Keju Terbesar di Dunia Tahun 2023

3. Penyajian Bahan

Penyajian bahan dari Pizza Neapolitan dan Pizza Margherita juga sedikit berbeda.

Tomat pada Pizza Neapolitan harus segar & berwarna merah cerah. Sementara tomat pada Pizza Margherita punya warna yang tak terlalu mencolok, serta rasa yang sedikit lembut.

Mozzarella pada Pizza Neapolitan lebih lembut dan creamy. Sementara pada Pizza Margherita mozzarella punya cita rasa yang tajam.

Kemangi pada pizza Neapolitan memberikan aroma herbal yang menyegarkan, sedangkan Oregano pada pizza Margherita memberikan sedikit rasa pahang.

Baca Juga: 5 Macam Perbedaan Yakiniku dan Teriyaki dalam Masakan Jepang

Pizza Klasik Italia: Pizza Neapolitan

4. Waktu memasak

Saat dipanggang, Pizza Neapolitan dimasak dalam waktu yang singkat dalam suhu yang tinggi. Ini membuat adonan roti Pizza Neapolitan dari krispi, selayaknya pizza Italia lainnya.

Di sisi lain, Pizza Margherita dimasak dalam waktu yang lebih lama dlam suhu yang lebih rendah. Ini membuat agar adonan roti pada Pizza Margherita dapat mengembang dengan baik.

Baca Juga: 5 Tips Rahasia Memasak Makanan Italia yang Enak Ala Koki Terkenal

5. Saus yang digunakan

Pizza Neapolitan menggunakan saus berbahan dasar tomat, dicampur dengan bawang putih, oregano, dan minyak zaitun. Rasa sausnya cenderung pedas dengan sensasi manis.

Sementara saus pada Pizza Margherita dibuat dari tomat, minyak zaitun, dan basil. Ini menghasilkan rasa pizza yang sedikit asam seperti pizza tradisional Italia pada umumnya.

Itulah sederet perbedaan 2 pizza klasik asal Italia: Pizza Neapolitan dan Pizza Margherita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News