Bugar

Patut Dicoba, Inilah Cara Mengolah Lidah Buaya untuk Mengobati Asam Lambung

Patut Dicoba, Inilah Cara Mengolah Lidah Buaya untuk Mengobati Asam Lambung

MOMSMONEY.ID - Terdapat khasiat yang luar biasa, begini cara mengolah lidah buaya untuk mengobati asam lambung.

Lidah buaya dikenal memiliki banyak manfaat untuk masalah pencernaan, termasuk untuk mengatasi gejala asam lambung.

Sifat anti-inflamasi dan kemampuannya dalam penyembuhan menjadikan lidah buaya sebagai solusi alami yang efektif untuk meredakan gejala tersebut.

Melansir Alodokter, khasiat anti-inflamasi lidah buaya berasal dari berbagai senyawa aktif yang terkandung di dalamnya seperti aloin, flavonoid, fenilpiron, fenilpropanoid, kumarin, dan pitosterol.

Baca Juga: Cara Mengobati Kolesterol dengan Bahan Alami Ini, Intip Daftarnya

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi jus lidah buaya tidak mengganggu efektivitas obat-obatan asam lambung seperti antasida atau omeprazole. Namun, masih dibutuhkan lebih banyak bukti untuk memastikan manfaat ini.

Konsumsi lidah buaya tidak hanya dapat meredakan gejala asam lambung, tetapi juga membantu dalam memperlancar pencernaan, detoksifikasi tubuh, dan menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

Nah, berikut ini adalah cara mengolah lidah buaya untuk mengobati asam lambung yang efektif:

1. Ekstrak Gel Lidah Buaya

Langkah pertama adalah mengambil gel dari lidah buaya. Pilih daun yang besar dan sehat, lalu potong bagian bawahnya untuk mengeluarkan getah kuning yang bisa menyebabkan efek laksatif.

Cuci bersih daunnya di bawah air mengalir, lalu gunakan pisau tajam untuk mengupas kulitnya dan ambil gel bening di dalamnya.

Baca Juga: Apakah Aman Konsumsi Telur Rebus untuk Asam Lambung?

2. Jus Lidah Buaya

Setelah gel diperoleh, gel tersebut bisa diolah menjadi jus. Campurkan gel dengan sedikit air dan blender hingga halus. Untuk menambah rasa, tambahkan sedikit madu alami atau jus lemon segar.

Minum jus ini sebelum makan untuk membantu menenangkan perut dan mengurangi asam lambung.

3. Smoothie Lidah Buaya

Sebagai alternatif, Anda juga bisa mencampurkan gel lidah buaya ke dalam smoothie. Gunakan bahan-bahan yang baik untuk asam lambung seperti pisang, melon, atau semangka yang tidak hanya menambah rasa tetapi juga membantu menenangkan pencernaan.

Demikianlah cara mengolah lidah buaya untuk mengobati asam lambung. Jenis olahan lidah buaya yang direkomendasikan adalah yang murni tanpa tambahan, termasuk gula.

Jika berminat mencoba, sebaiknya mulailah dengan jumlah kecil untuk mengamati reaksi tubuh terhadap jus lidah buaya.

Baca Juga: 8 Manfaat Kesehatan Jeruk Nipis yang Sayang untuk Dilewatkan, Cek di Sini

Meskipun lidah buaya relatif aman untuk kebanyakan orang, konsumsi dalam jumlah besar dapat menyebabkan efek samping seperti kram perut atau diare.

Wanita hamil atau menyusui, serta seseorang yang mengonsumsi obat-obatan tertentu, harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi lidah buaya, baik internal maupun eksternal.

Hentikan konsumsi lidah buaya segera jika Anda mengalami efek samping seperti diare. Jika tidak ada masalah, konsumsilah dengan moderat, dan tidak lebih dari satu gelas per hari. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News