Bugar

Cara Mengobati Kolesterol dengan Bahan Alami Ini, Intip Daftarnya

Cara Mengobati Kolesterol dengan Bahan Alami Ini, Intip Daftarnya

MOMSMONEY.ID - Ketahui cara mengobati kolesterol dengan bahan alami berikut ini, yuk! Catat daftarnya.

Kolesterol tinggi bisa menjadi momok bagi kesehatan kita, tetapi ada cara alami untuk mengendalikannya yang mungkin belum Anda ketahui.

Dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah didapat, Anda bisa menjaga kadar kolesterol tetap sehat tanpa perlu terus bergantung pada obat-obatan kimia.

Momsmoney akan membahas cara mengobati kolesterol dengan bahan alami yang telah terbukti efektif dalam menurunkan kolesterol.

Di bawah ini adalah rekomendasi bahan alami untuk mengobati kolesterol yang telah terbukti efektif dan dapat Anda konsumsi, bersumber dari laman Healthline dan Medical News Today:

1. Biji dan daun fenugreek

Penelitian telah menunjukkan bahwa suplemen fenugreek bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Sebuah studi di tahun 2020 menemukan bukti yang mendukung penggunaan suplemen fenugreek untuk menurunkan kolesterol pada penderita diabetes.

Baca Juga: Apakah Aman Konsumsi Telur Rebus untuk Asam Lambung?

2. Kemangi suci (tulsi)

Kemangi suci mampu menurunkan kadar kolesterol total dan LDL pada orang dewasa di atas 40 tahun dengan gangguan metabolisme. Namun, efek ini bersifat jangka pendek, dan belum jelas apakah penggunaan jangka panjang memberikan manfaat yang berkelanjutan.

3. Jahe

Sebuah studi di tahun 2018 menunjukkan bahwa konsumsi jahe dalam dosis rendah, kurang dari 2 gram per hari, efektif dalam menurunkan trigliserida dan LDL. Namun, masih diperlukan studi lebih lanjut untuk memverifikasi efektivitasnya.

4. Kunyit

Kunyit dikenal karena kegunaannya dalam pengobatan tradisional. Studi pada tahun 2017 menemukan bahwa komponen aktifnya, kurkumin, dapat membantu meningkatkan profil lipid pada pasien berisiko penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: Mengulik Fakta, Benarkah Terlalu Lama Duduk Menyebabkan Ambeien

5. Psyllium

Psyllium, serat dari kulit biji tanaman Plantago ovata, dapat dikonsumsi dalam bentuk pil atau dicampur dalam makanan atau minuman. Konsumsi rutin psyllium terbukti secara signifikan mengurangi kolesterol, memperbaiki kondisi sembelit, dan menurunkan gula darah pada penderita diabetes.

6. Fitosterol

Fitosterol dapat menghambat penyerapan kolesterol di usus. Fitosterol alami ditemukan dalam biji-bijian, kacang, buah, dan sayuran. Saat ini, fitosterol sering ditambahkan ke beberapa produk makanan seperti margarin dan yogurt untuk membantu mengelola kolesterol.

7. Protein kedelai

Makanan berbasis kedelai, seperti tahu, susu kedelai, dan kacang kedelai, dapat sedikit menurunkan kolesterol LDL. Sumber protein bebas lemak ini merupakan alternatif sehat pengganti daging merah yang bisa meningkatkan kolesterol.

Baca Juga: Ketahui Bahaya Perut Buncit, Bisa Timbulkan Penyakit Ini lo

8. Bawang putih

Walaupun efek bawang putih dalam menurunkan kolesterol masih diperdebatkan, beberapa penelitian menunjukkan potensi bawang putih dalam mencegah penyakit jantung. Selain itu, bawang putih juga diketahui dapat menurunkan tekanan darah.

9. Beras ragi merah

Beras ragi merah, yang difermentasi dengan ragi, telah digunakan di China sebagai makanan dan obat. Beberapa suplemen beras ragi merah terbukti menurunkan kolesterol karena kandungan monacolin K yang serupa dengan lovastatin.

10. Biji rami

Biji rami dan minyak biji rami adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik, yang dikenal memiliki manfaat meningkatkan kadar kolesterol HDL. Biji rami yang paling efektif adalah yang sudah dihaluskan, karena tubuh kita tidak dapat memecah kulit luar biji yang keras.

Demikianlah ulasan lengkap terkait cara mengobati kolesterol dengan bahan alami yang dapat Anda coba. Sebelum mencobanya, Anda tetap dianjurkan untuk konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News