Bugar

Pahami Cara Menghilangkan Jerawat Saat Hamil dengan Benar

Pahami Cara Menghilangkan Jerawat Saat Hamil dengan Benar

MOMSMONEY.ID - Saat hamil wajar saja jika muncul jerawat di wajah, simak cara menghilangkan jerawat saat hamil dengan benar. 

Ibu hamil akan mengalami peningkatan hormon androgen sehingga menyebabkan wajah berjerawat saat hamil. 

Jika sebum tercampur dengan sel kulit mati, kotoran, bakteri, dan terperangkap di dalam pori-pori, maka jerawat menjadi muncul lebih cepat. 

Namun, masih ada cara alami untuk mengatasi masalah jerawat saat hamil. Melansir dari realfood.co.id, berikut delapan cara menghilangkan jerawat saat hamil, yaitu: 

Baca Juga: 4 Manfaat Buah Kiwi untuk Wajah, Hilangkan Masalah Jerawat!

1. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan wajah

Pertama, Anda harus selalu membersihkan wajah setiap hari. Cuci wajah dengan sabun wajah yang lembut dua kali sehari.

Hindari penggunaan skincare baru yang bisa menyebabkan jerawat, terutama skincare yang mengikis sel kulit mati seperti scrub dan exfoliator

2. Rutin membersihkan rambut

Selain wajah dan tubuh, ibu hamil juga harus rutin membersihkan rambut. Biasakan diri untuk keramas karena rambut yang kotor dapat menyebabkan jerawat saat hamil.

3. Gunakan skincare yang memperkuat skin barrier kulit

Kulit yang lebih kuat akan terlindungi dari jerawat. Pilih skincare dengan kandungan ceramide, peptide, niacinamide, dan hyaluronic acid. 

Baca Juga: 5 Teh untuk Mengatasi Perut Buncit Secara Alami, Tertarik Coba?

4. Mencuci tangan sebelum memegang wajah

Kebiasaan memegang wajah dengan tangan kotor dapat memperparah jerawat saat hamil. 

5. Jangan memecahkan jerawat

Hindari kebiasaan memecahkan jerawat dengan tangan. Hal ini karena bisa menyebabkan jerawat baru, infeksi, dan bekas jerawat. Saat ibu hamil akan lebih rentan terhadap hiperpigmentasi.

6. Gunakan Mineral Sunscreen

Ibu hamil juga perlu menggunakan sunscreen. Disarankan untuk memakai mineral sunscreen. Mineral sunscreen cenderung lebih aman untuk ibu hamil dan juga lebih aman di kulit sensitif. 

Baca Juga: Ini 5 Film Terbaik Ben Affleck, Pemeran Batman di Film The Flash

7. Rutin membersihkan barang yang menyentuh wajah

Suka main handphone? Anda harus rutin membersihkannya karena bisa menyentuh wajah. Seperti topi, hijab, dan pakaian perlu rutin dibersihkan.

Terutama, handphone dibersihkan dengan alkohol, ya. Selalu ingat untuk rutin mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik. 

8. Kurangi konsumsi gula

Terakhir, Anda bisa mengurangi konsumsi gula. Konsumsi gula dan karbohidrat yang tinggi dapat menyebabkan wajah berjerawat saat hamil.

Sebab, konsumsi gula akan meningkatkan produksi hormon kortisol yang kemudian memberikan sinyal pada ovarium untuk menghasilkan lebih banyak hormon androgen.

Selain itu, konsumsi gula yang tinggi juga bisa menyebabkan diabetes gestational pada ibu hamil. Oleh karena itu, batasi konsumsi gula.

Nah, itulah cara menghilangkan jerawat saat hamil. Jika jerawat yang muncul sudah sangat mengganggu, Anda bisa langsung konsultasi dengan dokter. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News