Bugar

Pahami 5 Ciri-Ciri Rambut Rusak dan Cara Mengatasinya dengan Benar

Pahami 5 Ciri-Ciri Rambut Rusak dan Cara Mengatasinya dengan Benar

MOMSMONEY.ID - Jadi tidak percaya diri, Anda harus tahu ciri-ciri rambut rusak dan cara mengatasinya dengan benar. Munculnya rambut rusak disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari Anda, seperti mewarnai rambut, menggunakan alat styling yang panas hingga mengikat rambut terlalu kencang.

Jika ciri-ciri rambut rusak sudah ada pada rambut Anda, maka segera untuk diatasi. Oleh karena itu, simak ciri-ciri rambut rusak dan cara mengatasinya dilansir dari cnfstore.com, yaitu: 

1. Rambut Rontok atau Menipis

Ciri pertama rambut rusak adalah rambut rontok atau menipis. Ada sejumlah rambut yang rontok secara alami setiap hari saat kita keramas atau menyisir rambut.

Tanda-tanda kerontokan rambut bisa menjadi tanda peringatan. Rambut rontok bisa disebabkan oleh stres, usia, obat-obatan berat, dan lainnya.

Untuk mengatasi kondisi rambut rontok, gunakan shampo dan kondisioner yang ringan. Kedua produk hair care ini dapat menghilangkan penumpukan harian sambil memberikan nutrisi pembangun kekuatan dari akar hingga ujungnya. 

Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan Rambut Berkilau Alami, Cobain Ya!

2. Rambut Bercabang

Ciri rambut rusak selanjutnya adalah rambut bercabang. Jika Anda pernah melihat efek penipisan yang terjadi di ujung rambut, kemungkinan itu adalah kondisi rambut bercabang.

Cara mengatasi rambut bercabang adalah dengan memotong ujung rambut untuk menghilangkan kerusakan serta mendukung pertumbuhan rambut yang sehat. Rambut bercabang ini bisa disebabkan oleh cuaca dan kekeringan.

Mengatasi rambut bercabang berfokus pada hidrasi yang ekstra. Gunakan hair oil yang bisa digunakan satu hingga tiga kali sehari untuk memberikan kelembapan dan kilau rambut.

Formulanya bekerja menyegel dan melindungi rambut dari panas, keriting, dan kerusakan akibat sinar UV. Solusi memotong rambut dan kelembapan ekstra ini akan menghilangkan rambut bercabang dalam waktu singkat.

3. Rambut Rapuh dan Rusak

Kemudian, rambut rapuh dan rusak termasuk ciri-ciri rambut rusak. Rambut yang rapuh akan lebih mudah patah.

Jika Anda mengalami ciri-ciri rambut rusak ini, mungkin Anda mewarnai rambut dengan proses kimiawi yang berlebihan. Penyebab rambut rapuh juga bisa karena faktor polusi, sinar matahari, dan pemakaian produk rambut berbahan kimia. 

Segera berikan perlindungan pada rambut agar sehat dengan memakai masker rambut secara teratur.

Cari bahan alami dalam hair mask yang melembapkan dan menyeimbangkan keratin. Hasilnya akan mengembalikan kesehatan rambut menjadi lembap dan elastis

Baca Juga: Inilah 4 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut, Rutin Dipakai

4. Rambut Kering dan Kusam

Ciri-ciri rambut rusak berikutnya adalah  kering dan kusam. Rambut kering dan kusam biasanya disebabkan oleh kurangnya kelembapan. Kondisi rambut yang kering ini memerlukan rutinitas yang berfokus melembapkan rambut.

Mencakup keramas tidak berlebihan dan memakai conditioner anti kering agar rambut tetap lembap dan tidak kehilangan minyak alaminya. 

Jika Anda sering beraktivitas di luar ruangan, rutin gunakan masker rambut sebagai perawatan mingguan. Gunakan juga hair mist yang menawarkan perlindungan UV.

Untuk nutrisi rambut hingga ke akarnya, gunakan hair serum yang efektif melindungi dari permasalahan kulit. Saat membersihkan rambut, pastikan gunakan air bersih (tidak panas) dan sisa produk shampoo atau lainnya tidak meninggalkan bekas.

5. Rambut Mengeriting dan Kusut

Ciri rambut rusak lainnya adalah mengeriting dan kusut. Keriting adalah keluhan yang kerap muncul pada jenis rambut tertentu.

Jika rambut Anda kusut sepanjang hari dan membuatnya susah diatur, ini adalah ciri-ciri rambut rusak. Rambut keriting dan kusut bisa disebabkan oleh kekeringan akibat cuaca, dan keramas berlebihan. 

Cara mengatasi rambut mengeriting adalah dengan menambahkan hidrasi dan perawatan rambut yang tepat untuk mempersiapkan helai rambut sebelum ditata. Anda juga dapat menggunakan hair mist anti kusut yang akan menambah kelembapan dan perlindungan. 

Nah, itulah ciri-ciri rambut rusak dan cara mengatasinya dengan benar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News