Santai

Mungkin Ini Penyebab AC Lama Membuat Ruangan Dingin

Mungkin Ini Penyebab AC Lama Membuat Ruangan Dingin

MOMSMONEY.ID - Di hari yang panas, AC sangat lama membuat ruangan dingin. Kira-kira apa ya penyebabnya? 

Melansir Homes and Gardens, AC dengan ukuran yang pas dan berfungsi dengan baik bisa menurunkan suhu dengan cepat hingga -12 derajat Celcius dalam waktu 15-30 menit. Lalu apa yang membuat AC lama membuat ruangan dingin?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Charger Wireless Terbaik untuk iPhone 15 Series, Lebih Awet dan Praktis

Banyak faktor yang membuat AC memiliki waktu yang bervariasi dalam mendinginkan ruangan. Berikut faktor-faktornya!

Ukuran ruangan
AC Anda lama mendinginkan kamar tidur mungkin karena ukuran ruangan yang tidak sesuai. Ukuran ruangan secara signifikan mempengaruhi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendinginkan ruangan. 

Kamar yang lebih besar butuh banyak waktu untuk mencapai suhu yang diinginkan. Berikut pedomannya:

  • Ruangan berukuran 30-60 meter persegi membutuhkan waktu 10-20 menit untuk dingin.
  • Kamar berukuran 60-90 meter persegi membutuhkan waktu 20-40 menit
  • Ruangan yang lebih dari 90 meter persegi memakan waktu 30 menit hingga lebih dari satu jam. 

Daya unit AC 
Daya unit AC ini yang kerap Moms sebut sebagai PK. Unit AC yang dayanya terlalu kecil untuk ruangan yang besar akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendinginkan ruangan ke suhu yang diinginkan. 

Sebaliknya jika PK terlalu besar, bisa mendinginkan ruangan dengan cepat namun menyebabkan ruangan jadi lebih lembab. PK dalam unit AC ini dikenal dengan satuan BTU alias British Thermal units. Untuk ruangan 40-90 meter persegi membutuhkan unit pendinginan 10.000 BTU untuk mendinginkan secara efektif. 

Baca Juga: 5 Cara Membersihkan Makeup yang Salah, Hindari jika Tidak Mau Jerawatan

Suhu awal di dalam ruangan dan suhu di luar ruangan
Suhu di dalam rumah dan suhu di luar rumah memainkan peranan penting dalam waktu pendinginan. Suhu awal ruangan memengaruhi durasi pendinginan karena suhu awal yang tinggi membuat AC bekerja lebih keras dan lebih lama.

Suhu eksternal yang sangat tinggi juga bisa memperlambat proses pendinginan karena AC harus bekerja keras. Ini terjadi karena jumlah derajat suhu yang diturunkan akan cukup banyak.

Untuk membuat ruangan cepat dingin Anda bisa membantu kerja Ac dengan menggunakan kipas angin untuk menghilangkan udara panas dari ruangan. 

Isolasi ruangan
Penggunaan isolator di ruangan akan membantu kamar mempertahankan suhu yang diinginkan lebih cepat dengan mengurangi pertukaran udara panas. Ini akan membuat udara tetap dingin lebih lama dan AC bisa mencapai suhu target dengan cepat. Jadi jika AC Anda cukup lama untuk mendinginkan ruangan coba cek apakah ada celah terbvuka untukudara dingin keluar dan udara panas masuk?

Baca Juga: Rekomendasi Sepatu Lari di JD Sports

Tingkat kelembapan
Tingkat kelembapan yang tinggi juga bisa membuat proses pendinginan jadi lebih lama. AC harus menghilangkan kelembapan udara terlebih dahulu baru bisa bekerja mendinginkannya. 

Perawatan AC
AC yang dirawat dengan baik bisa lebih efisien dalam mendinginkan ruangan. Perawatan ini antara lain teratur membersihkan filter dan kumparan AC dan mengganti filter AC secara rutin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News