Keluarga

5 Cara Membersihkan Makeup yang Salah, Hindari jika Tidak Mau Jerawatan

5 Cara Membersihkan Makeup yang Salah, Hindari jika Tidak Mau Jerawatan

MOMSMONEY.ID - Ada 5 cara membersihkan makeup yang salah. Cari tahu di sini.

Tak hanya mengaplikasikan makeup yang membutuhkan teknik, melainkan membersihkan makeup juga.

Kendati penting, faktanya masih banyak orang yang tidak membersihkan makeup mereka dengan benar. Bisa jadi karena malas atau memang tidak tahu bagaimana cara yang tepat untuk membersihkan makeup.

Padahal, membersihkan makeup dengan tidak maksimal bisa mengundang berbagai permasalahan kulit, tidak terkecuali jerawat.

Apabila Anda tidak ingin wajah menjadi bermasalah setelah memakai makeup, hindarilah 5 cara membersihkan makeup yang salah, dilansir dari Real Simple, berikut ini.

Baca Juga: Benarkah Mencuci Baju Bayi Harus Pakai Deterjen Khusus?

1. Menggunakan eye makeup remover ke seluruh wajah

Cara membersihkan makeup yang salah yang pertama yaitu menggunakan eye makeup remover ke seluruh wajah.

Eye makeup remover cenderung memiliki formula yang lebih kuat daripada makeup remover khusus wajah yang sarat dengan minyak dan emolien lainnya.

Pasalnya, formula yang lebih kuat dalam eye makeup remover dibutuhkan untuk membersihkan eyeliner dan maskara waterproof dengan maksimal.

Kendati eye makeup remover ampuh untuk membersihkan eyeliner dan maskara waterproof yang membandel, namun produk ini bisa menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya jerawat jika diaplikasikan ke seluruh wajah.

2. Menggunakan pembersih biasa untuk menghilangkan makeup tebal

Cara membersihkan makeup yang salah yang kedua yaitu menggunakan pembersih biasa untuk menghilangkan makeup tebal.

Pembersih makeup biasa cenderung tidak cukup kuat untuk menghilangkan semua riasan di wajah, terlebih jika riasan tersebut tebal.

Apabila wajah Anda dipenuhi dengan makeup yang berlapis-lapis atau waterproof, pastikan Anda menggunakan produk pembersih makeup yang tepat seperti cleansing balm.

3. Mengandalkan cleansing wipes untuk membersihkan makeup

Cara membersihkan makeup yang salah yang ketiga yaitu mengandalkan cleansing wipes untuk membersihkan makeup.

Meski terasa nyaman, namun Anda tidak boleh bergantung pada penggunaan cleansing wipes untuk membersihkan makeup. Tak hanya membuat kulit tertarik, cleansing wipes juga tidak mampu menghilangkan makeup secara efektif.

Jika kulit Anda sangat berminyak atau rentan berjerawat, penggunaan cleansing wipes hanya akan menyebabkan pori-pori tersumbat dan jerawat. Sementara itu, cleansing wipes dapat meninggalkan residu bahan kimia yang mengiritasi kulit sensitif atau rentan rosacea.

Anda tetap bisa menggunakan cleansing wipes untuk membersihkan makeup. Namun, selalu ingat untuk menggunakannya secukupnya atau lanjutkan dengan double cleansing.

Baca Juga: Apakah Boleh Mencuci Baju Bayi di Mesin Cuci?

4. Menggosok wajah terlalu keras

Cara membersihkan makeup yang salah yang keempat yaitu menggosok wajah terlalu keras saat membersihkan makeup.

Di bandingkan kulit tubuh, kulit di area wajah jauh lebih halus. Oleh sebab itu, Anda tidak boleh menggunakan tekanan yang sama dengan tubuh saat membersihkan wajah.

Hindari membersihkan makeup menggunakan kapas atau tisu dengan cara digosok kuat-kuat. Sebaiknya, luangkan waktu ekstra untuk menghapus makeup dengan gerakan memutar yang lembut.

Untuk makeup mata, jangan menggosok maju mundur karena gerakan ini dapat mengiritasi mata. Sebagai gantinya, gunakan gerakan menyapu lalu angkat kapas sebelum Anda menyekanya lagi.

5. Melewatkan rahang, leher, dan garis rambut

Cara membersihkan makeup yang salah yang kelima yaitu melewatkan rahang, leher, dan garis rambut.

Tidak sedikit orang yang mengaplikasikan makeup sampai ke leher dan rahang namun lupa untuk membersihkannya. Apakah Anda termasuk, Moms?

Padahal, area di sekitar wajah seperti rahang, leher, dan garis rambut juga rentan berjerawat jika tidak ikut dibersihkan. Terlebih lagi, area-area tersebut terutama leher merupakan area yang paling rentan menunjukkan tanda-tanda penuaan dini.

Itulah 5 cara membersihkan makeup yang salah. Yuk, segera perbaiki!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News