Keluarga

Minder Karena Guratan? Ini 8 Tips Hilangkan Stretch Mark di Beberapa Bagian Tubuh

Minder Karena Guratan? Ini 8 Tips Hilangkan Stretch Mark di Beberapa Bagian Tubuh

MOMSMONEY.ID - Apakah Moms memiliki stretch mark atau guratan di beberapa bagian tubuh seperti perut, paha, hingga payudara? Mari hilangkan stretch mark dengan cara yang super mudah.

Stretch mark adalah bekas luka kecil yang terbentuk saat kulit meregang. Ketika sembuh, bekas luka ini menyebabkan peradangan & pembengkakan yang bisa membuat stretch mark makin parah.

Sayangnya, stretch mark tidak akan bisa hilang begitu saja tanpa diobati. Tak harus menggunakan laser, Moms juga dapat menghilangkannya dengan cara yang simple, mudah, dan hemat dilakukan di rumah.

Baca Juga: 7 Jenis Magnesium Berbeda dan Khasiatnya bagi Tubuh, Ada yang Bisa Obati Kecemasan!

Gosok menggunakan es batu

Stretch mark adalah bekas luka kecil yang terbentuk saat kulit meregang. Ketika sembuh, bekas luka ini menyebabkan peradangan & pembengkakan yang bisa membuat stretch mark makin parah.

es batu

Dengan menggosokkan es batu ke kulit perut, maka risiko peradangan pada stretch mark dapat diminimalisir.

Bungkus es batu ke dalam sarung bersih, dan gosokkan ke perut selama 10 menit. Ulangi seluruh tahapan ini ke seluruh stretch mark yang muncul di tubuhmu.

Lembapkan kulit perut

Hilangkan stretch mark di perut hingga paha memang sedikit sulit. Namun, Anda dapat meringankan guratannya dengan melembapkan kulit.

Tak perlu susah payah membeli krim anti stretch mark karena selama ini belum ada penelitian yang dapat membuktikan klaim tersebut.

Baca Juga: 6 Ciri Buah Semangka yang Manis & Segar, Bisa untuk Berbuka Puasa

Rebekah Mustaleski, seorang bidan profesional bersertifikat sekaligus direktur kompresi di Motif Medical melalui The Bump.com mengatakan bahwa tidak ada bukti ilmiah bahwa krim stretch mark dapat bekerja.

Malahan hanya dengan menjaga kelembapan kulit, maka stretch mark dapat memudah sedikit demi sedikit. Sebab, elastisitas & kesehatan kulit  lebih terjaga.

Pakai gel lidah buaya

Punya khasiat yang sama baiknya dengan minyak & krim pelembap, gel lidah buaya merupakan salah satu bahan yang wajib Anda coba untuk hilangkan stretch mark.

Menurut laman Siloam Hospitals, gel lidah buaya punya senyawa yang dapat menenangkan, melembapkan, serta meregenerasi kulit.

Rutin eksfoliasi

Eksfoliasi tubuh

Jangan lupa rutin eksfoliasi untuk meremajakan kulit. Setidaknya lakukan eksfoliasi seminggu sekali agar stretch mark dapat memudar dengan cepat & digantikan oleh lapisan kulit yang baru.

Baca Juga: Pernah Pusing saat Bangun Tidur? Ternyata Ada 8 Kriteria Penyebabnya, Cari Tahu

Pijat dengan minyak

Memijat kulit pinggul, perut, dan payudara menggunakan minyak adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi stretch mark.

Melansir Mustela USA, pijatan lembut dapat meningkatkan aliran darah & memecah jaringan parut penyebab stretch mark. Minyak yang bisa Anda gunakan di antaranya seperti minyak zaitun, minyak vitamin E, hingga minyak castor oil.

Untuk penyembuhan ekstra, Anda dapat mencoba berendam dalam air hangat selama sepuluh menit sebelum dipijat untuk melembutkan kulit dan membuka pori-pori.

hilangkan stretch mark

Baca Juga: Sering Kram dan Tremor? Hati-hati, Inilah 1 dari 7 Gejala Kekurangan Magnesium

Gosok pakai kentang

Mau cara yang mudah dan alami? Menggosokkan potongan kentang ke atas perutmu juga dapat hilangkan stretch mark yang membekas lama loh!

Mengutip Times of India, kentang punya fungsi untuk mengurangi noda & mengencangkan kulit. Sebab mengandung polifenol, karotenoid, dan fitokimia yang membantu perbaiki tekstur kulit, serta menghilangkan stretch mark.

Caranya, potong kentang yang sudah bersih jadi 2 bagian, kemudian gosokkan kentang pada stretch mark di perutmu. Biarkan sejenak hingga sari-sari pada kentang terserap kulit. Jika sudah, jangan lupa bilang menggunakan sabun & air hangat.

Konsumsi makanan sehat

Makanan Sehat 4 Sehat 5 Sempurna

Makanan & minuman yang dikonsumsi juga jadi salah satu hal vital bagi proses penghilangan stretch mark di beberapa bagian tubuh.

Laman Pampers.com menyebutkan, Anda disarankan minum banyak air mineral karena dapat membantu menjaga elastisitas kulit dari dalam. Hindari kafein karena dapat memperburuk stretch mark.

Jangan lupa konsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin A, C, D, protein, hingga zinc yang dapat membantu tingkatkan kesehatan kulit.

Baca Juga: 5 Manfaat Vitamin K untuk Kulit, Kurangi Kerutan hingga Perkuat Skin Barrier

Vitamin A

Glowlabs Retinol Cica Night Serum

Vitamin A dikenal sangat baik menjaga kesehatan kulit. Salah satu bentuk vitamin A adalah retinol

Tretinoin adalah retinoid (suatu bentuk vitamin A) yang bisa digunakan mengobati stretch mark.

Penelitian dalam Pharm Easy menemukan, penggunaan retinol membuat stretch mark mengecil & sembuh seidkit demi sedikit.

Itulah berbagai tips ampuh hilangkan stretch mark di beberapa bagian tubuh dengan cara yang mudah tanpa perlu teknologi laser yang super mahal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News