Bugar

Simak 5 Cara Mengatasi Stretch Mark di Kulit, Rawat dari Rumah!

Simak 5 Cara Mengatasi Stretch Mark di Kulit, Rawat dari Rumah!

MOMSMONEY.ID - Terasa tidak percaya diri, Anda bisa coba cara menyamarkan stretch mark berikut ini. Stretch mark adalah guratan yang terlihat pada bagian kulit tubuh yang berlemak, seperti perut atas, payudara, lengan atas, paha, dan pantat. 

Stretch mark sering dialami oleh ibu hamil, selain itu penyebab munculnya stretch mark karena obesitas, peningkatan atau penurunan berat badan secara drastis dan gangguan kesehatan tertentu. 

Namun, masih ada cara untuk menyamarkan stretch mark dari rumah. Dilansir dari cnfstore.com, berikut lima cara mengatasi stretch mark di kulit yang bisa Anda lakukan : 

1. Menjaga Berat Badan

Pertama yang harus Anda lakukan adalah menjaga berat badan. Pertambahan berat badan secara cepat sering menyebabkan munculnya stretch mark. Oleh sebab itu, jagalah berat tubuh ideal dan sehat.

Bagi wanita hamil, sebaiknya tetap menjaga penambahan berat badan yang ideal berkisar antara 10 - 12,5 kg. Namun diingat, wanita hamil tidak disarankan melakukan diet.

Cukup dengan menjaga konsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang agar tidak terjadi lonjakan berat badan drastis saat hamil.

Baca Juga: 5 Cara Packing Produk Skincare Saat Liburan, Tidak Sulit!

2. Terapkan Pola Makan Sehat

Cara mengatasi stretch mark berikutnya adalah terapkan pola makan sehat. Untuk menjaga kulit tetap sehat dan terawat, konsumsi makanan sehat dan segar setiap hari.

Hal ini juga akan menghindari munculnya stretch mark. Pilih konsumsi makanan yang kaya dengan vitamin E, vitamin C, protein, dan zinc untuk menambah produksi kolagen pada kulit Anda.

3. Rutin Minum Air Putih

Selain pola makan sehat, Anda juga harus rutin minum air putih setiap hari. Hal ini untuk menjaga kelembapan dan kelembutan kulit.

Dengan kulit yang terhidrasi dengan baik, maka akan kecil terkena resiko mengalami stretch mark pada kulit yang kering. Hindari pula mengonsumsi minuman berkafein secara berlebihan, seperti kopi

Baca Juga: Promo Tiket.com Sewa Mobil Lepas Kunci, Diskon Hingga 30% & Ekstra Diskon Rp 75.000

4. Mengoleskan Gel Vitamin E

Cara mengatasi stretch mark selanjutnya adalah dengan mengoleskan gel vitamin E. Untuk menghilangkan guratan di kulit ini, Anda juga bisa mengoleskan gel vitamin E pada area kulit yang muncul stretch mark.

Kandungan kaya antioksidan pada vitamin E akan mempercepat proses pertumbuhan sel kulit untuk memudarkan masalah kulit ini. Sel kulit baru dapat memperbaiki jaringan akar yang rusak pada kulit. 

5. Eksfoliasi Kulit

Terakhir, lakukan eksfoliasi pada kulit. Untuk membuang sel-sel kulit mati pada lapisan kulit terluar, bisa dilakukan dengan proses eksfoliasi kulit.

Gunakan alat seperti sikat lembut atau spons secara perlahan untuk mengangkat sel kulit mati. Atau menggunakan produk kecantikan yang mengandung asam hidroksi untuk mengangkat sel kulit mati dengan lembut dan meningkatkan elastisitas kulit. 

Jadi, itulah cara mengatasi stretch mark di kulit yang bisa Anda lakukan dari rumah. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News