AturUang

Menghadapi Anak yang Masih Butuh Uang dari Orang Tua meski Sudah Berpenghasilan

Menghadapi Anak yang Masih Butuh Uang dari Orang Tua meski Sudah Berpenghasilan

MOMSMONEY.ID - Masih banyak orang tua yang memberikan uang, meski anaknya sudah bekerja dan berpenghasilan. Tidak tega dan pendapatan anak belum bisa memenuhi kebutuhan, seringkali menjadi alasan. 

Sebut saja, anak masih meminta uang bensin saat hendak bekerja. Adapula anak yang membutuhkan uang tambahan untuk biaya makan walau sudah memiliki pekerjaan atau penghasilan dari hasil usahanya. 

Menurut Lusiana Darmawan, Perencana Keuangan Oneshildt, idealnya, anak masih dibiayai orang tua hingga anak bisa secara mandiri membiayai kebutuhan hidupnya atau sudah memiliki sumber pemasukan sendiri.

Baca Juga: Begini Cara Menyiapkan Biaya Kuliah Anak, Jika Gaji Anda Di Bawah 5 Juta

"Jika orang tua memutuskan untuk tetap memberikan uang ke anak meski sudah bekerja, ya, sah-sah saja. Balik lagi ke cara dari masing-masing untuk memberikan pendidikan ke anak terkait mengelola keuangan," ungkap Lusiana kepada MomsMoney.

Namun, yang perlu dicatat oleh orang tua, mengelola keuangan tidak hanya cara menyimpan atau mengelola, tapi juga cara menghasilkan dan mengembangkan.

Menghasilkan artinya, bagaimana cara anak bisa mempunyai pemasukan bahkan mungkin sebelum usia kerja. Misalnya, membuat kerajinan tangan dan menjual kue, sehingga bisa menghasilkan uang.

Sementara mengembangkan uang bisa dengan mengajarkan anak menabung. "Mengelola uang dengan cara mengajarkan anak untuk memiliki tujuan keuangan," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News