Keluarga

Mengenal Beda Pudding, Panna Cotta, Mousse, dan Custard si Dessert Populer Dunia

Mengenal Beda Pudding, Panna Cotta, Mousse, dan Custard si Dessert Populer Dunia

MOMSMONEY.ID - Inilah aneka perbedaan aneka dessert populer dunia, yakni Pudding, Panna Cotta, Mousse, dan Custard.

Ada banyak jenis dessert yang tersebar di berbagai belahan dunia. Namun, keempat dessert ini adalah jenis yang paling populer. Namun tak banyak orang tahu apa perbedaan keempatnya.

Untuk tahu apa saja perbedaannya, simak artikel berikut yang dilansir dari Kompas, Pondan, The Kitchn, dan Tasting Table, berikut ini.

Baca Juga: Perbedaan 3 Bumbu Masakan Indonesia: Terasi, Belacan, dan Petis dari Bahan-Rasa

Mousse

Secara tampilan, mousse mirip dengan puding. Mousse itu sendiri punya tekstur super ringan dan halus jika dibandingkan dengan pudding.

Melansir Food52, mousse sebenarnya hanya butuh 2 komponen dasar: Aerator & Base. Aerator adalah kunci untuk membuat mousse jadi ringan & halus. Inilah yang membedakan mousse dengan doppelganger-nya yakni puding dan custard.

Sweet Potato Chocolate Mousse

Baca Juga: Mengenal 5 Perbedaan Daun Basil dan Oregano untuk Dunia Kuliner

Aerator mousse biasanya berupa putih telur yang kocok yang membesarkan ukuran volume mousse.

Seperti puding, mousse dapat dihidangkan dengan rasa manis / gurih. Umumnya, mousse diberi taburan cokelat / kopi bubuk di atasnya.

Untuk membuat mousse, anda tak perlu melalui tahap pemasakan.

Pudding

Meski mirip dengan mousse, namun pudding punya cirinya tersendiri. Biasanya pudding punya tekstur yang sedikit lebih berat dibandingkan mousse.

Hal ini disebabkan karena pudding tidak memiliki aerator. Melansir dari Master Class, sebagian besar pudding terbuat dari susu.

Baca Juga: 6 Perbedaan Herb dan Spice, Antara Rempah Daun dan Rempah Bubuk

Bisnis Dessert Pudding Bermerek Silkypudding

Pudding umumnya terdiri dari 3 bahan, yakni susu, gula pasir, dan bahan pengental tepung maizena. Bahan pengental ini membuat konsistensi puding jadi bertekstur mirip krim.

Yang unik adalah, pudding pada awalnya disajikan sebagai hidangan gurih dengan campuran daging, telur, hingga mentega. Namun kini, pudding disajikan sebagai dessert favorit yang memiliki rasa manis.

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Saus Tiram vs Saus Bumbu Rasa Tiram untuk Masakan

Custard

Custard

Melansir Calorie Control, Custard dibuat dengan memasak susu, gula, dan vanilla, serta menambahkan telur utuh sebagai pengikat adonan, yakni agar mengentalkan seluruh bahan.

Saat didinginkan, adonan ini akan mengeras & jadilah custard. Meski custard sangat solid, namun custard sangat lembut di lidah.

Baca Juga: Garlic Salt dan Garlic Powder, Ini Sederet Perbedaan Fungsi dalam Masakan

Panna cotta

Peach Panna Cotta

Mirip dengan aneka dessert lainnya, Panna cotta merupakan dessert asal Italia yang berbahan dasar susu & krim. Pembuatannya juga terkadang menambahkan gelatin yang berfungsi sebagai pengental.

Berbeda dengan pudding & custard, Panna cotta tidak dikentalkan oleh telur ataupun tepung maizena, melainkan menggunakan gelatin. Panna cotta juga membutuhkan tahapan pemasakan.

Itulah deretan perbedaan Mousse, Pudding, Panna Cotta, dan Custard yang bisa Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News