Keluarga

Mengapa Wanita Usia 40 Tahunan Mudah Naik Berat Badan? Ini Jawaban Ahli

Mengapa Wanita Usia 40 Tahunan Mudah Naik Berat Badan? Ini Jawaban Ahli

MOMSMONEY.ID - Pernahkah Anda sadari, ada banyak wanita paruh baya yang mudah naik berat badan? Ternyata begini alasan di balik itu semua.

Memasuki usia awal 40 tahun, sebagian wanita telah mengalami perimenopause, yakni gejala pra-menopause. Karena gejala inilah, rata-rata wanita paruh baya memiliki perut yang buncit.

Hal ini diperparah jika gaya hidup & pola makan sehari-hari tidak dijaga dengan baik. Tak heran jika banyak wanita semakin bertambahnya usia akan semakin mudah naik berat badan.

Baca Juga: Menopause Bikin Gemuk? Konsumsi 6 Makanan Diet Ini untuk Wanita di atas 40 Tahun

Berikut ini, MomsMoney telah hadirkan 4 alasan medis dari berbagai penelitian & ahli, terkait penyebab utama kenaikan berat badan bagi wanita di atas 40 tahunan. Ini dia selengkapnya.

Menurunnya kadar estrogen

Kadar Hormon Estrogen dalam Tubuh Saat Menjelang Menopause

Menurut seorang penulis Wall Street Journal, Sumathi Reddy, yang dikutip melalui Advisory.com mengatakan bahwa penyebab utama kenaikan berat badan pada wanita di usia paruh baya adalah akibat dari penurunan kadar estrogen saat menopause.

Penurunan kadar estrogen berperan besar dalam mengubah distribusi lemak dalam tubuh, menurunkan sensitivitas insulin, meningkatkan kadar kolesterol, serta memperlambat metabolisme.

Dalam sebuah penelitian terhadap wanita usia di atas 40 tahun, partisipan yang mengonsumsi obat penurun hormon estrogen terbukti telah menambah lemak lebih dari 1,5 kg.

Penelitian lain juga menemukan bahwa wanita dengan kadar estrogen seimbang, lebih sering berolahraga teratur dibandingkan wanita yang kadar estrogennya menurun.

Baca Juga: Alami Gejala Menopause? Konsumsi 6 Makanan Penambah Kadar Estrogen di Tubuh

Metabolisme melambat

Metabolisme yang mulai melambat jadi salah satu penyebab utama kenaikan berat badan untuk wanita di atas usia 40 tahunan.

Seseorang yang rutin menyantap protein, maka protein tersebut akan diolah menjadi otot & dapat meningkatkan metabolisme dasar tubuh. Ini membuat tubuh lebih mudah membakar lemak sebagai bahan bakar, melansir Myacare.

Maka seiring bertambahnya usia, membentuk otot sangatlah penting untuk meningkatkan metabolisme & kesehatan.

penyebab wanita usia 40 tahun mudah naik berat badan

Baca Juga: Pernah Pusing saat Bangun Tidur? Ternyata Ada 8 Kriteria Penyebabnya, Cari Tahu

Stres

Stres menghasilkan jumlah kortisol meningkat & memengaruhi pola tidur serta keseimbangan hormon. Tak heran, jika ketika kadar stres melonjak, gula darah akan turun & menyebabkan nafsu makan bertambah.

Tentu makan terlalu banyak, terutama di malam hari, bukanlah hal baik bagi wanita & pria di usia 40 tahunan.

Sebab jumlah kalori yang dikonsumsi sebagian besar akan diubah menjadi penumpukan lemak dalam tubuh, melansir dari Healtifyme.

Baca Juga: Sering Kram dan Tremor? Hati-hati, Inilah 1 dari 7 Gejala Kekurangan Magnesium

Resistensi insulin

Tak dapat dipungkiri, naiknya berat badan wanita di usia 40 tahunan disebabkan karena resistensi insulin. Diperburuk lagi jika gaya hidup & pola makan mereka tak diatur dengan baik.

Ketika sel jadi kurang responsive terhadap insulin, maka tubuh akan lebih banyak membutuhkan insulin untuk mengatur gula darah.

Sementara semakin tinggi kadar insulin, maka tubuh akan semakin banyak menyimpan lemak, terutama lemak perut. Alhasil, perut jadi buncit.

Demikian berbagai penyebab mengapa wanita usia 40 tahunan mudah naik berat badan & cenderung memiliki perut buncit jika diulik dari segi kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News