Keluarga

Alami Gejala Menopause? Konsumsi 6 Makanan Penambah Kadar Estrogen di Tubuh

Alami Gejala Menopause? Konsumsi 6 Makanan Penambah Kadar Estrogen di Tubuh

MOMSMONEY.ID - Jadwal menstruasimu tak lancar? Atau, tengah mengalami gejala menopause? Mari konsumsi beberapa jenis makanan penambah kadar estrogen di dalam tubuh berikut ini.

Estrogen adalah hormon yang memainkan peran penting dalam tubuh wanita, termasuk pada kesehatan reproduksi, tulang, suasana hati, dan kesehatan kulit.

Kekurangan hormon estrogen dalam tubuh dapat menyebabkan beberapa gejala, seperti menstruasi tidak teratur, gangguan tidur, sulit konsentrasi, perubahan metabolisme, serta osteoporosis.

Baca Juga: 5 Makanan yang Mampu Perkuat Tulang Wanita Akibat Kehamilan dan Persalinan

Kebanyakan wanita di usia 40 tahunan mengalami kadar estrogen yang rendah karena tanpa disadari mereka tengah mengalami perimenopause, yakni fase transisi alami menuju menopause

Selama waktu ini, tubuh Anda mungkin mengalami lonjakan dan penurunan produksi estrogen secara tiba-tiba, yang bisa menyebabkan berbagai gejala tadi.

Untuk dapat mengatasinya, para wanita harus banyak mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung fitoestrogen.

Fitoestrogen adalah molekul alami pada tumbuhan dan mirip dengan estrogen, berfungsi meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh.

Langsung saja simak beberapa jenis makanan penambah kadar estrogen di tubuh, dikutip dari laman Times of India dan Join Zoe, selengkapnya:

Baca Juga: Pusing Setelah Makan Daging? Ini Cara Perbaiki Pola Makan Akibat Kolesterol

Cokelat hitam

Cokelat hitam merupakan salah satu makanan penambah kadar estrogen di dalam tubuh. Cokelat hitam terbuat dari kokoa yang mengandung flavonoid yang bekerja begitu mirip seperti hormon estrogen.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa flavonoid inilah yang menyebabkan cokelat hitam dapat meningkatkan mood, membantu tetap kenyang lebih lama, serta meningkatkan daya ingat dan fungsi otak Anda.

Baca Juga: Jarang Minum Air? Ini Daftar 8 Makanan yang Dapat Menghidrasi Tubuh

Bawang putih

Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu jenis bumbu yang selalu dipakai di hampir setiap masakan. Namun siapa sangka, ternyata bawang putih juga merupakan salah satu makanan penambah kadar estrogen di dalam tubuh, loh.

Bawang putih mampu meningkatkan hormon estrogen yang menyusut dalam tubuh.

Meski belum banyak penelitian definitif mengenai hal ini, produk bawang putih memang membantu mengatasi defisiensi terkait tulang, yang mana salah satu penyebab kadar estrogen menurun adalah menjadi gampang nyeri sendi dan tulang mudah rapuh.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Mempercepat Pengeroposan Tulang di Usia Paruh Baya

Buah persik atau peach

Sari buah peach

Buah persik yang memiliki warna cantik merupakan salah satu makanan penambah kadar estrogen di tubuh.

Buah persik yang berair mengandung lignan, beberapa vitamin, dan mineral lain yang membantu meningkatkan hormon estrogen serta kadar darah. Buah ini juga diketahui dapat mengurangi risiko kanker payudara pada wanita pasca menstruasi.

Buah beri

Buah beri-berian seperti stroberi, blueberry, cranberry, hingga raspberry tak hanya tinggi antioksidan, tapi juga merupakan makanan penambah kadar estrogen di tubuh.

Mengonsumsi buah beri secara rutin mampu melancarkan menstruasi, melembabkan kulit, menghilangkan sakit kepala, hingga memperkuat tulang dan sendi.

Baca Juga: Moms Wajib Simak! Ini 5 Cara Efektif Atur Pola Makan di Usia 40 Tahun ke atas

Kedelai

Kedelai dan produk keselai seperti susu kedelai, tahu, hingga tempe merupakan jenis makanan makanan penambah kadar estrogen di tubuh. Makanan-makanan ini kaya akan isoflavon, salah satu kelompok fitoestrogen terpenting dalam tubuh.

Fitoestrogen adalah molekul alami pada tumbuhan yang mirip dengan estrogen.

Studi menunjukkan, mengonsumsi makanan yang mengandung fitoestrogen dapat memperbaiki gejala yang disebabkan oleh rendahnya estrogen. Fitoestrogen juga bermanfaat untuk kesehatan jantung dan tulang.

Selain kedelai, buncis dan kacang tanah juga merupakan sumber isoflavon yang baik yang bekerja meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh.

Baca Juga: Bikin Kembali Ceria, Ini 6 Minuman Mood Booster untuk Atasi Stres dan Perasaan Sedih

Susu kedelai

Flaxseed

Flaxseed adalah makanan penambah kadar estrogen di dalam tubuh. Flaxseed (biji rami dari Timur Tengah) memiliki kadar zat lignan yang tinggi. Zat inilah yang diubah tubuh menjadi fitoestrogen yang berfungsi menambah hormon estrogen dalam tubuh.

Zat lignan dalam flaxseed juga merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik untuk kulit dan otak, karena merupakan lemak esensial yang tidak dapat dibuat oleh tubuh Anda sendiri

Sebuah penelitian kecil yang melibatkan 140 wanita dengan gejala menopause menunjukkan bahwa mereka yang menambahkan flaxseed ke dalam makanan mereka selama 3 bulan mengalami lebih sedikit gejala menopause.

Itulah sederet makanan penambah kadar estrogen dalam tubuh. Jadi bagi Anda yang mengalami gejala penurunan estrogen, segera konsumsi jenis makanan di atas untuk menstabilkan hormon estrogen dalam tubuhmu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News