Keluarga

Mengapa Kucing Menjulurkan Lidah? Ketahui Alasan dan Penyebabnya

Mengapa Kucing Menjulurkan Lidah? Ketahui Alasan dan Penyebabnya

MOMSMONEY.ID - Sebagai pemilik kucing, Anda pasti pernah melihat kucing menjulurkan lidah? Tapi, tahukah Anda mengapa kucing menjulurkan lidah?

Ada beberapa alasan mengapa kucing menjulurkan lidah. Untuk itu, Anda perlu menyimak artikel ini.

Artikel ini akan membahas mengenai mengapa kucing menjulurkan lidah beserta penyebabnya. 

Baca Juga: Pecinta Anjing Wajib Tahu, Ini 4 Buah yang Dapat Membahayakan Kesehatan Anjing

Mengutip Hillspet, lidah kucing merupakan organ yang luar biasa. Lidah kucing ini tidak hanya untuk makan, mengecap, dan menyedot air. Akan tetapi, untuk perawatan serta mendeteksi dan menyelidiki bau baru di lingkungannya. 

Karena lidahnya merupakan bagian integral dari rutinitas harian teman berbulu Anda, Anda mungkin akan melihatnya keluar dari mulutnya setidaknya sekali sehari. Berikut beberapa aktivitas kucing yang biasanya menjulurkan lidah dan alasannya.

Nah, berikut ini alasan dan penyebab mengapa kucing menjulurkan lidah. 

1. Makan minum 

Kucing Minum

Lidah kucing menjulur saat makan atau minum karena membantu memindahkan makanan kucing dan memasukkan air ke dalam mulutnya. Di akhir waktu makan, mereka mungkin menggunakan lidahnya untuk mengeluarkan remah-remah dari giginya. 

2. Perawatan diri

Lidah kucing mungkin terlihat menawan, tetapi mereka adalah alat yang kuat dan dilengkapi dengan duri kecil dan tajam yang memberikan tekstur kasar khas pada lidah kucing

Duri ini menghilangkan rambut lepas dan kotoran lain dari bulunya. Saat istirahat dari perawatan, kucing mungkin membiarkan lidahnya menjulur.

Baca Juga: Cara Memandikan Kucing Tanpa Kena Cakaran, Begini Tipsnya

3. Sedang tidur 

Mengapa kucing saya menjulurkan lidah saat tidur atau bersantai, Anda mungkin bertanya? Mereka berada dalam kondisi relaksasi total! Seperti manusia, saat kucing bersantai, otot dan persendiannya mengendur, termasuk lidahnya.

4. Respon Flehmen 

Setelah menghirup sesuatu di udara, apakah kucing Anda menjulurkan lidahnya dan membuat wajah konyol dan mengerut dengan bibir melengkung ke belakang?

Istilah untuk perilaku ini adalah Respon Flehmen. Kucing memiliki indera penciuman yang kuat, dan membuka mulutnya memungkinkan mereka menerima informasi berdasarkan apa yang mereka cium di lingkungannya. 

"Seringai kucing" ini membuka jalan napas sehingga aroma dapat berpindah ke vomeronasal (juga dikenal sebagai organ Jacobson) di langit-langit mulut mereka.

Beginilah cara kucing dan banyak hewan lainnya " mencicipi udara " untuk mengidentifikasi mangsa dan predatornya juga.

4. Kondisi Kesehatan 

Tergantung pada situasinya, lidah kucing juga dapat mengingatkan Anda akan masalah kesehatan yang mendasarinya.

Mengapa kucing menjulurkan lidah saat sedang tidak enak badan? Hal ini sering terjadi karena lidah mereka terkena dampak langsung dari kondisi kesehatannya. 

Infeksi saluran pernapasan, misalnya, bisa menyebabkan kucing menjulurkan lidah dan terengah-engah. Selain itu, kucing senior yang menderita demensia mungkin kesulitan menjaga lidahnya tetap berada di dalam mulutnya.

Baca Juga: Cara Mengobati Kucing Mencret karena Diare, Lakukan Perawatan Ini

5. Penyakit tertentu

Jika kucing Anda menjulurkan lidah dan mengeluarkan air liur, ini mungkin menandakan situasi yang serius.

Kucing yang mengiler bukanlah perilaku umum pada kucing, ada kemungkinan yang menyebabkan kucing mengiler antara lain sebagai berikut :

- Penyakit gigi

- Gagal ginjal

- Kehadiran benda asing

- Keracunan 

- Trauma (luka dan goresan)

6. Penyakit Gigi

Pusat Kesehatan Kucing Cornell menunjukkan bahwa penyakit gigi dan gusi cukup umum terjadi pada kucing, termasuk radang gusi dan periodontitis. 

Resorpsi gigi, suatu kondisi di mana struktur gigi rusak, juga sering terjadi. Namun, anak kucing mungkin menggunakan lidahnya untuk menggerakkan gigi susunya yang lepas, yang merupakan alasan alami untuk menjulurkan lidahnya.

Menyikat gigi kucing dan memeriksakannya ke dokter hewan secara rutin akan membantu menjaga kesehatan mulut dan lidah kucing Anda.

Baca Juga: 10 Hal yang Bisa Dilakukan di Instagram yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Selain itu, pertimbangkan makanan kucing yang diformulasikan untuk kesehatan mulut guna membantu menjaga kesehatan mulut dan gigi mereka.

Jadi itulah informasi mengenai mengapa kucing menjulurkan lidah. Seperti biasa, tanyakan kepada dokter hewan Anda jika ada kekhawatiran. 

Seringkali, tanpa adanya gejala lain, kucing Anda menjulurkan lidahnya karena tenang dan puas, sehingga menghasilkan foto kucing yang sangat manis untuk dibagikan kepada teman dan keluarga.

Selanjutnya: Laba Bersih Meningkat 11% Secara Kuartalan, Begini Penjelasan Manajemen ARNA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News