Santai

10 Hal yang Bisa Dilakukan di Instagram yang Tidak Diketahui Banyak Orang

10 Hal yang Bisa Dilakukan di Instagram yang Tidak Diketahui Banyak Orang

MOMSMONEY.ID - Instagram adalah aplikasi media sosial yang penting bagi sebagian besar orang. Tapi, selain menelusuri umpan berita dan mengunggah foto selfie, ada banyak hal lain yang dapat dilakukan di Instagram.

Artikel ini akan memberikan informasi mengenai 10 hal yang bisa dilakukan di Instagram yang tidak diketahui banyak orang.

Tak banyak yang mengetahui 10 hal yang bisa dilakukan di Instagram ini. Tips dan trik ini akan membantu Anda menggunakan Instagram. 

Baca Juga: Intip Cara Melihat Password Email via Browser HP dan Laptop, Cukup 2 Langkah

Mengutip Make Use Of, berikut ini 10 hal yang bisa dilakukan di Instagram:

1. Dapatkan notifikasi postingan dari orang yang Anda ikuti

Jika ada akun Instagram yang postingannya sayang untuk dilewatkan, pertimbangkan untuk mengaktifkan notifikasi di akun tersebut. Ini akan memastikan bahwa Anda tidak pernah melewatkan aktivitas Instagram mereka.

Anda dapat menuju ke profil mereka dan mengetuk ikon lonceng di bagian atas halaman. Di jendela pop-up, alihkan jenis notifikasi yang ingin Anda terima. Misalnya, Anda dapat memilih untuk menerima notifikasi khusus untuk Reel. 

2. Hapus tag diri dari foto

Apakah salah satu teman Anda selalu menandai Anda di foto yang tidak menarik atau meme yang tidak diinginkan? Untungnya, ada dua cara untuk mengatasi situasi ini.

Buka foto dan ketuk—ini akan membuat akun yang diberi tag muncul. Kemudian, pilih nama pengguna Anda. Anda kemudian akan melihat dua opsi: Hapus saya dari postingan dan Sembunyikan dari profil saya. 

Opsi Hapus saya dari kiriman akan menghapus tag sepenuhnya. Jika Anda tidak ingin menghapus tag, tetapi Anda masih ingin menyembunyikannya dari bagian foto yang diberi tag di profil Anda, sebaiknya gunakan opsi Sembunyikan dari profil saya. 

TECH-SOCIALNETWORKS/

3. Hapus riwayat pencarian Instagram

Instagram memiliki beragam postingan di dalamnya, dan mungkin Anda tidak ingin teman Anda melihat bahwa penelusuran Anda adalah "kucing bertopi" atau "hamster Instagram" atau apa pun yang mungkin Anda anggap memalukan.

Untuk menghapus riwayat pencarian Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

- Buka profil Instagram Anda dan ketuk menu hamburger di pojok kanan atas.

- Pilih Pengaturan dan privasi lalu ketuk Pusat Akun.

- Buka Informasi dan izin Anda > Riwayat penelusuran. 

- Instagram akan menampilkan akun Anda yang terdaftar. Untuk menghapus riwayat pencarian Anda untuk akun tertentu, ketuk akun tersebut dan Anda akan melihat daftar pencarian terbaru Anda. Tekan ikon X untuk menghapus pencarian tertentu.

- Alternatifnya, Anda dapat memilih Hapus semua pencarian untuk menghapus seluruh riwayat pencarian untuk semua akun yang terdaftar.

Ingatlah bahwa memilih ini akan mencegah Instagram mengisi otomatis istilah pencarian umum Anda, jadi pastikan keputusan Anda sebelum mengonfirmasi.

4. Lihat postingan Instagram terbaru yang Anda sukai

Jika Anda ingin menemukan postingan yang pernah Anda sukai, Anda tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam mencari di feed Anda atau profil orang lain.

Sebagai gantinya, cukup buka profil Anda, klik menu hamburger di kanan atas aplikasi, lalu pilih Aktivitas Anda. 

Lalu pilih Suka. Ini akan membuka feed yang terdiri dari postingan terbaru yang Anda sukai, yang kemudian dapat Anda jelajahi sesuka Anda.

5. Edit postingan Instagram

Banyak orang dengan cepat menggunakan filter foto dan kemudian mengunggah foto mereka tanpa melakukan perubahan apa pun.

Meskipun filter Instagram dapat memberikan hasil yang luar biasa, Anda dapat menjadikan foto Anda lebih baik lagi dengan menggunakan opsi pengeditan Instagram lainnya—yang mencakup kecerahan, kontras, struktur, kehangatan, dan saturasi.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Bayaran di Twitter, Bisa Mencapai Jutaan Rupiah

Untuk mengakses alat pengeditan ini (dan banyak lainnya), pilih Edit di bagian bawah layar di samping Filter. 

6. Gunakan lebih sedikit data di Instagram

Karena Instagram secara otomatis memuat foto dan video, data Anda dapat terkuras dengan cepat.

Untuk membatasi jumlah data yang digunakan Instagram, buka profil Anda, pilih tiga bilah di kanan atas, dan pilih opsi Pengaturan dan privasi. 

Gulir ke bawah ke Penggunaan data dan kualitas media. Kemudian aktifkan Penghemat Data. 

Anda mungkin mendapati bahwa foto dan video membutuhkan waktu lebih lama untuk dimuat, namun penggunaan data Anda secara keseluruhan akan berkurang secara signifikan.

7. Posting dari beberapa akun Instagram

Sama seperti Twitter, Anda dapat menautkan beberapa akun Instagram ke satu ponsel tanpa harus terus-menerus masuk dan keluar.

Untuk menautkan akun Instagram baru ke aplikasi Anda, buka profil Anda, dan pilih nama pengguna Anda dengan panah bawah. Pada menu pop-up, pilih Tambahkan akun. Anda kemudian dapat memilih untuk Masuk ke akun yang ada atau Buat akun baru.

8. Lihat tampilan profil Instagram

Untuk melihat berapa banyak tampilan profil yang Anda terima, Anda memerlukan akun profesional di Instagram. Setelah Anda beralih ke akun bisnis di Instagram, Anda akan mendapatkan akses ke dasbor Profesional. 

Buka profil Anda dan pilih Dasbor profesional di bawah bio Anda. Di bawah Wawasan, pilih Akun yang dijangkau. Anda kemudian dapat menggulir ke bawah ke Aktivitas Profil dan melihat Kunjungan Profil Anda.

Filter default disetel ke 30 Hari Terakhir, tetapi Anda memilih periode khusus atau opsi filter lain seperti 90 hari terakhir.

Baca Juga: Cara Memutuskan Akun Instagram dengan Facebook, Simak Langkah-langkahnya

9. Beralih ke Mode Gelap Instagram

Anda dapat beralih ke mode gelap di Instagram dengan mengunjungi pengaturan aksesibilitas Anda.

Pertama, buka menu hamburger di profil Anda dan pilih Pengaturan dan privasi. Kemudian gulir ke bawah dan pilih Aksesibilitas. Ketuk opsi Mode Gelap dan atur apakah Anda ingin Aktif, Nonaktif, atau sesuai dengan Default Sistem.

10. Bagikan lagu atau lirik ke Instagram Story Anda

Tahukah Anda bahwa Anda dapat membagikan lagu atau lirik tertentu ke Instagram Story Anda? Selain menambahkan lagu menggunakan stiker Musik, Anda juga dapat membagikan lagu dan lirik menggunakan Spotify.

Untuk membagikan lagu atau lirik Spotify ke Instagram Story Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

- Buka trek musik di aplikasi Spotify.

- Untuk membagikan lagu, klik ikon bagikan. Untuk membagikan lirik, gulir ke bawah ke kartu Lirik dan pilih ikon bagikan, sorot lirik yang ingin Anda kirim ke Story Anda, lalu tekan Lanjutkan

- Di bawah opsi berbagi, pilih Stories.

- Kisah Instagram Anda akan dimuat dengan pratinjau lagu atau pratinjau lirik. Edit sisa Cerita Anda sesuai keinginan, lalu klik ikon panah (berikutnya).

- Pilih apakah Anda ingin berbagi dengan Teman Dekat atau ke Cerita Anda, lalu ketuk Bagikan.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa dilakukan di Instagram yang tak banyak diketahui orang lain. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News