Bugar

Kenali 5 Manfaat Buah Carica untuk Kulit, Atasi Jerawat!

Kenali 5 Manfaat Buah Carica untuk Kulit, Atasi Jerawat!

MOMSMONEY.ID - Mirip seperti buah pepaya tetapi dengan ukuran kecil, simak manfaat buah carica untuk kulit. Buah carica memiliki nama latin Carica Papaya, buah yang memiliki daging berwarna orange ini berasal dari Amerika Tengan dan Meksiko Selatan. 

Buah carica dikonsumsi mulai dari buah, daun, hingga bunga enak untuk dimakan dan mengandung banyak nutrisi. 

Jika Anda tertarik dengan buah ini, berikut beberapa manfaat buah caica untuk kulit dilansir dari blog.avoskinbeauty.com, yaitu: 

1. Mengatasi Jerawat

Manfaat pertama buah carica untuk kulit adalah mengatasi jerawat. Buah carica dipercaya merawat dan mengatasi munculnya jerawat yang datang menyerang kulit.

Mengandung enzim papain yang efektif untuk merawat jerawat serta mengurangi bekas jerawat yang akan ditinggalkan.

Baca Juga: Ini 6 Cara Mudah Mengatasi Mata Panda Sampai Hilang, Praktikkan di Rumah

2. Menangkal Radikal Bebas

Manfaat buah carica selanjutnya adalah menangkal radikal bebas. Karotenoid dalam kandungan pepaya adalah antioksidan yang bisa menetralkan radikal bebas.

Buah carica ini mampu melawan radikal bebas dari sinar UV karena memiliki kandungan vitamin C dan E. Jadi, tubuh Anda akan terlindungi dari bahaya sinar UV jika mengonsumsi buah ini.

3. Mencegah Penuaan Dini

Kemudian, buah carica dapat mencegah penuaan dini. Hampir semua orang pasti mengkhawatirkan masalah penuaan dini. Hal ini karena penuaan dinimembuat kulit mulai muncul garis halus terutama pada area wajah.

Buah carica ini bisa mencegah penuaan dini karena memiliki vitamin C yang tinggi dalam membentuk kolagen. Dengan terjaganya kolagen dalam tubuh, kulit wajah akan terhindari dari penuaan dini, kerutan, dan kulit lebih halus.

Baca Juga: Ini 6 Rekomendasi Pagar Rumah Sederhana Tapi Cantik!

4. Mengecilkan Pori-Pori

Berikutnya, buah carica juga dapat mengecilkan pori-pori. Penyebab pori-pori kulit membesar ada beragam seperti sel kulit mati, kotoran, atau penggunaan skincare tidak cocok.

Kandungan vitamin A dalam carica ini mampu membantu mempercepat proses pembentukan sel kulit baru. Sehingga risiko pori-pori tersumbat akibat sel kulit mati akan berkurang. Pori-pori kulit akan mengecil secara perlahan setelah penggunaan buah carica.

5. Meratakan Warna Kulit

Manfaat buah carica untuk kulit lainnya adalah meratakan warna kulit. Jika Anda memiliki warna kulit wajah yang tidak merata atau ada bekas jerawat tidak kunjung hilang, maka Anda bisa menggunakan buah pepaya untuk memperbaiki kondisi kulit ini karena buah cara merupakan exfoliator alami.

Selain itu, beta karoten, enzim, dan phytochemical dalam buah ini bisa membuat wajah Anda terlihat lebih cerah. 

Jadi, itulah beberapa manfaat buah carica untuk kulit yang menarik buat dicoba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News