Keluarga

Mau Berat Badan Turun 5 Kg dalam 1 Minggu? Ini Dia 5 Caranya!

Mau Berat Badan Turun 5 Kg dalam 1 Minggu? Ini Dia 5 Caranya!

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 5 cara menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 minggu di sini.

Menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 minggu bukanlah hal yang mudah. Cukup menantang, dibutuhkan konsistensi yang tinggi untuk mencapai tujuan ini.

Meskipun begitu, bukan berarti menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 minggu mustahil untuk Anda wujudkan. Lalu, bagaimana caranya?

Melansir Pyfa Health, berikut 5 cara menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 minggu yang efektif dan layak Anda coba.

Baca Juga: 7 Cara Membantu Anak Berpikir Kreatif yang Patut Diterapkan Sedini Mungkin

1. Hitung kalori

Cara menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 minggu yang pertama yaitu menghitung kalori.

Menghitung kalori merupakan hal yang penting dilakukan jika Anda ingin menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 minggu. Adapun jumlah kalori yang dibutuhkan bisa bervariasi tergantung usia, jenis kelamin, dan metabolisme tubuh.

Sementara itu, perhitungan kalori pada pengidap penyakit tertentu misalnya penyakit jantung, diabetes, kanker, malnutrisi, atau penyakit metabolik, bisa berbeda dengan orang sehat. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan secara berkala ke dokter gizi guna mengetahui jumlah asupan kalori yang tepat.

2. Meningkatkan asupan kalori

Cara menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 minggu yang kedua yaitu meningkatkan asupan kalori.

Asupan protein yang tinggi menghasilkan energi yang tinggi juga, menurut The American Journal of Clinical Nutrition dalam Live Science. Efeknya, berat badan akan lebih cepat turun.

Selain itu, protein juga dapat mengurangi nafsu makan berlebih dan membuat perut kenyang lebih lama, sehingga efektif untuk menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 minggu. Anda bisa mencukupi asupan protein harian dengan mengonsumsi makanan seperti dada ayam, telur, tahu, ikan, kacang-kacangan, dan produk susu.

3. Hindari mengonsumsi karbohidrat sederhana

Cara menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 minggu yang ketiga yaitu tidak mengonsumsi karbohidrat sederhana.

Menghindari karbohidrat sederhana yang tinggi kalori dan minim nutrisi merupakan cara yang efektif untuk menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 minggu. Beberapa karbohidrat sederhana yang perlu Anda hindari antara lain makanan tinggi gula, makanan olahan, dan makanan bertepung.

Sebagai gantinya, tingkatkanlah asupan karbohidrat kompleks seperti buah-buahan, sayuran tinggi serat, dan gula alami.

Baca Juga: 6 Efek Positif Bermain Game untuk Anak, Bisa Melatih Kemampuan Problem Solving

4. Memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan

Cara menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 minggu yang keempat yaitu memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan.

Selain menjaga kesehatan dan menurunkan risiko penyakit kronis, mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang tinggi air juga bisa mencukupi cairan tubuh sekaligus mencegah dehidrasi. Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan juga dapat mengenyangkan, namun asupan kalori yang diperoleh lebih sedikit.

Agar hasilnya optimal, Anda bisa mengonsumsi sayuran dan buah-buahan saat sarapan atau menjadikannya sebagai camilan sehat.

5. Melakukan olahraga secara teratur

Cara menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 minggu yang kelima yaitu melakukan olahraga secara teratur.

Untuk menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 minggu, Anda perlu membakar banyak kalori. Salah satu cara efektif untuk membakar kalori adalah dengan meningkatkan aktivitas fisik atau olahraga secara teratur.

Olahraga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan massa otot serta mencegah karbohidrat mengendap di tubuh. Beberapa pilihan olahraga yang bisa menurunkan berat badan dengan cepat antara lain bersepeda, berenang, angkat beban, jalan kaki, jogging, dan yoga.

Demikian 5 cara menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 minggu yang patut Anda coba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News