Bugar

Tidak Perlu Repot, Turunkan Berat Badan Tanpa Olahraga dengan Cara Ini

Tidak Perlu Repot, Turunkan Berat Badan Tanpa Olahraga dengan Cara Ini

MOMSMONEY.ID - Ingin berat badan turun tanpa repot? Cobalah cara menurunkan berat badan tanpa olahraga berikut.

Bagi banyak orang, pemikiran tentang turun berat badan sering kali diiringi oleh citra olahraga intensif dan diet ketat. Namun, bagi sebagian orang, melakukan olahraga teratur mungkin tidak memungkinkan karena berbagai alasan, seperti jadwal yang padat, keterbatasan fisik, atau hanya kurangnya minat.

Berita baiknya adalah bahwa Anda tidak perlu repot-repot dengan rutinitas latihan yang melelahkan untuk mencapai tujuan penurunan berat badan Anda. Ada berbagai cara sederhana dan efektif untuk menurunkan berat badan tanpa harus melakukan olahraga yang berat.

Dikutip dari Healthline, berikut adalah cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang dapat Anda terapkan:

1. Meningkatkan asupan protein

Protein memiliki efek signifikan pada nafsu makan dan rasa kenyang. Protein dapat memengaruhi hormon-hormon tertentu yang mengatur sensasi lapar dan kenyang. Konsumsi sarapan tinggi protein, seperti telur dan roti panggang, telah terbukti mengurangi rasa lapar dan asupan kalori di masa mendatang. Makanan kaya protein lainnya termasuk dada ayam, ikan, yogurt Yunani, lentil, quinoa, dan almond.

Baca Juga: Menurunkan Berat Badan dengan Konsumsi Makanan Tinggi Serat, Ini Daftarnya

2. Konsumsi makanan berserat

Makanan tinggi serat dapat meningkatkan perasaan kenyang, membantu Anda merasa kenyang lebih lama, dan mengurangi asupan makanan. Jenis serat tertentu, seperti serat kental, memiliki peran penting dalam penurunan berat badan karena membentuk gel saat tercampur dengan air, memperlambat penyerapan nutrisi dan pencernaan. Makanan yang kaya serat kental termasuk kacang-kacangan, sereal gandum, kubis Brussels, asparagus, jeruk, dan biji rami.

3. Mengunyah makanan secara perlahan

Penting bagi otak Anda untuk mengenali kapan Anda sudah kenyang setelah makan. Mengunyah makanan dengan perlahan membantu mengurangi asupan makanan, meningkatkan rasa kenyang, dan mengontrol ukuran porsi makan. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan dengan lambat memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah dibandingkan dengan yang makan dengan cepat.

Baca Juga: Minuman Diet Enak dan Segar, 7 Jus Buah dan Sayur Penurun Berat Badan

4. Minum air putih sebelum makan

Minum air putih sebelum makan dapat membantu mengurangi asupan makanan dan mendukung penurunan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa minum air sebelum makan dapat mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi tanpa memengaruhi perasaan kenyang. Sebuah studi juga menemukan bahwa minum 1 liter air sebelum makan dapat mengurangi asupan kalori dan rasa lapar.

5. Mengurangi konsumsi minuman manis

Minum minuman manis berlebihan, seperti soda, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Mengurangi konsumsi minuman manis dapat membantu dalam penurunan berat badan. Penggantian minuman manis dengan minuman rendah kalori atau tanpa kalori telah terbukti menurunkan berat badan, indeks massa tubuh, dan persentase lemak tubuh.

Demikianlah ulasan terkait cara menurunkan berat badan tanpa olahraga. Turun berat badan tanpa olahraga intensif memungkinkan dengan mengubah pola makan dan gaya hidup Anda. Perubahan ini mungkin memerlukan waktu dan kesabaran, tetapi hasilnya akan sepadan dengan usaha Anda. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News