Keluarga

Lindungi Diri! Ada Sinar UV Berbahaya Sepanjang Siang Ini di Indonesia (29/2)

Lindungi Diri! Ada Sinar UV Berbahaya Sepanjang Siang Ini di Indonesia (29/2)

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) prediksi paparan sinar UV berbahaya masih berlanjut pada siang hari ini, Kamis, 29 Februari 2024. 

Kadar atau level bahaya sinar UV ini akan terasa dari sedang, tinggi, sangat tinggi hingga ekstrem. Saat Anda terpapar sinar UV yang menunjukan risiko berbahaya sangat tinggi, Anda berisiko mengalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Nah bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung diperlukan semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 

Baca Juga: Bulan Ramadan Makin Dekat, Ninja Xpress Bagikan Ide Jualan Menguntungkan

Ini jam yang perlu dihindari untuk keluar rumah karena ada sinar UV berbahaya!

Papua & Maluku
Sinar UV berbahaya tinggi dirasakan di Papua pada pukul 09.00 WIT. Kemudian pada pukul 10.00 WIT sinar UV meningkat ke level bahaya sangat tinggi hingga ekstrem di Provinsi Papua, Papua Pegunungan dan Papua Selatan. Sinar UV berbahaya sangat tinggi dirasakan di Papua Barat dan Papua Tengah. Di Maluku, sinar UV berbahaya tinggi dirasakan pada pukul 10.00 WIT. 

Kemudian pada pukul 11.00 WIT Maluku dan Papua alami sinar UV berbahaya ekstrem. Kondisi ini berlangsung hingga pukul 14.00 WIT. Khusus di Papua Pegunungan sinar UV yang dirasakan pada pukul 12.00 WIT mulai turun ke level bahaya sedang. 

Sulawesi
Sinar UV berbahaya sedang hingga tinggi dirasakan di Sulawesi pada pukul 09.00 WITA. Kemudian pada pukul 10.00 WITA sinar UV naik ke level bahaya sangat tinggi. Kemudian naik ke level bahaya ekstrem pada pukul 11.00 WITA hingga 13.00 WITA. Adapun pada pukul 14.00 WITA sudah mulai turun ke level bahaya sedang.

Bali & Nusa Tenggara
Sinar UV berbahaya sedang dirasakan di Bali dan Nusa Tenggara pada pukul 09.00 WITA. Kemudian meningkat ke level bahaya sangat tinggi pada pukul 10.00 WITA dan meningkat ke bahaya ekstrem pada pukul 11.00 WITA hingga pukul 13.00 WITA. Bahaya sinar UV kemudian menurun ke level sedang pada pukul 14.00 WITA. 

Kalimantan & Jawa
Seluruh wilayah di Kalimantan dan Jawa merasakan sinar UV berbahaya sedang hingga tinggi mulai pukul 09.00 WIB. Kemudian bahaya meningkat ke level sangat tinggi hingga ekstrem pada pukul 10.00 WIB hingga 11.00 WIB. 

Baca Juga: 8 Hewan Terkuat di Dunia, Ada Gajah Sabana Afrika hingga Beruang Grizzly  

Kemudian sinar UV di beberapa wilayah di Kalimantan dan Jawa sudah mereda ke level sedang mulai pukul 12.00 WIB.  Kondisi sudah aman di Jawa dan Kalimantan pukul 15.00 WIB. 

Sumatera
Sinar UV berbahaya sedang dirasakan pada pukul 09.00 WIB. Kemudian meningkat ke level bahaya tinggi hingga sangat tinggi pada pukul 10.00 WIB. Lalu  sinar UV berbahaya ekstrem dirasakan pada pukul 12.00 - 13.00 WIB. Kondisi mereda ke level sedang dan sebagian aman pada pukul 15.00 WIB. 

Sebaiknya hindari paparan matahari antara pukul 10 pagi hingga 5 sore. Anda juga disarankan tetap berada di tempat teduh pada saat matahari terik siang hari. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat. Hindari juga permukaan pasir, air dan salju karena akan meningkatkan paparan UV. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News