Bugar

Leher Belakang Sakit Apakah Kolesterol? Cek Jawabannya di Sini

Leher Belakang Sakit Apakah Kolesterol? Cek Jawabannya di Sini

MOMSMONEY.ID - Merasakan sakit di bagian belakang leher bisa menjadi pengalaman yang tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Beberapa orang mungkin bertanya-tanya apakah kondisi ini berkaitan dengan kolesterol tinggi atau tidak. Namun, leher belakang sakit apakah kolesterol?

Sebenarnya belum ada studi kuat yang mampu membuktikan kaitan leher belakang sakit akibat kolesterol. Akan tetapi, melansir dari laman Relieved, karena kolesterol tinggi dapat menyumbat arteri, ada potensi gangguan pada aliran darah menuju dan dari kepala Anda. Ini bisa mengakibatkan sakit leher dan sakit kepala yang mendadak dari waktu ke waktu, serta rasa sakit pada bahu.

Baca Juga: 10 Ramuan Diet Alami untuk Turunkan Berat Badan dengan Cepat, Mudah Dibuat Lo

Di sisi lain, terdapat sebuah penelitian yang mengeksplorasi kaitan antara rasa sakit atau kekakuan di leher dan profil lipid pada seseorang dari sebuah komunitas umum di Jepang.

Sebanyak 1122 sukarelawan turut serta dalam penelitian ini, termasuk 426 pria (rata-rata usia 52,6 ± 15,5 tahun; indeks massa tubuh 23,6 ± 3,2) dan 696 wanita (rata-rata usia 55,3 ± 15,3 tahun; indeks massa tubuh 22,2 ± 3,4).

Mereka diminta mengisi kuesioner mengenai pengalaman nyeri atau kekakuan di area leher dan bahu selama tiga bulan terakhir. Peneliti tersebut mencatat beberapa hasil tes laboratorium yang berkaitan dengan faktor metabolik, termasuk profil lipid: kolesterol total, LDL dan HDL, trigliserida, asam lemak bebas, glukosa, dan hemoglobin A1c.

Analisis logistik dan regresi linier digunakan untuk menilai hubungan antara kejadian nyeri atau kekakuan di leher dan bahu dengan usia, jenis kelamin, indeks massa tubuh, serta data laboratorium.

Dalam penelitian tersebut ditunjukkan adanya korelasi negatif yang signifikan antara nyeri leher dan kadar kolesterol LDL.

Baca Juga: Jus untuk Kolesterol Tinggi yang Bisa Anda Coba, Praktis dan Sehat!

Sakit leher lebih sering dikaitkan dengan masalah mekanis atau degeneratif pada otot atau tulang belakang, bukan dengan kadar lemak dalam darah. Jadi, bisa disimpulkan bahwa sakit leher belakang bukanlah akibat kolesterol tinggi.

Jika Anda mengalami sakit leher belakang, sebaiknya konsultasi dengan dokter untuk diagnosis yang tepat. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan fisik, dan jika perlu, tes seperti rontgen atau MRI untuk menentukan penyebab pasti dari sakit leher.

Demikianlah pembahasan terkait leher belakang sakit apakah kolesterol atau tidak. Semoga membantu, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News