MOMSMONEY.ID - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja sama dengan Kementerian Ekonomi Kreatif dan rumah produksi Visinema menghadirkan karakter animasi lokal Jumbo ke dalam layanan kereta api.
Ini jadi langkah mendorong ekosistem ekonomi kreatif nasional melalui pemanfaatan transportasi publik sebagai kanal promosi dan ruang pengalaman budaya
KAI menyatakan, dengan menghadirkan karakter Jumbo dalam layanan kereta api, menjadi komitmen mereka untuk menjadi ruang promosi kreatif yang inklusif dan aktif mendukung karya anak bangsa.
"Kereta api memiliki daya jangkau yang luas, frekuensi perjalanan tinggi, dan segmen pelanggan yang beragam. Ini menjadi peluang besar bagi IP lokal untuk hadir langsung di ruang publik secara berulang dan berdampak," ujar Direktur Niaga KAI Hadis Surya Palapa dalam keterangan tertulis, Jumat (11/7).
Hadis menambahkan, kehadiran karakter Jumbo dalam layanan KAI menjadi bagian dari inovasi perjalanan yang tidak hanya aman dan nyaman, tetapi juga menyenangkan dan penuh nilai hiburan.
Baca Juga: Mulai Hari Ini Pemesanan Tiket Kereta KAI Bisa Lebih Dekat dengan Waktu Keberangkatan
Karakter ini dihadirkan melalui desain visual tematik pada dua kereta unggulan yaitu KA Argo Dwipangga (Solo – Gambir pp) dan KA Argo Bromo Anggrek (Surabaya – Gambir pp), meliputi bagian luar kereta, bordes, hingga interior.
"Perjalanan kereta api kini menjadi lebih dari sekadar mobilitas. Ia adalah bagian dari gaya hidup dan ruang edukasi. Jumbo hadir untuk memperkaya momen perjalanan pelanggan, terutama bagi keluarga dan anak-anak," kata Hadis.
Kolaborasi ini juga memperluas segmentasi pasar KAI, menjangkau keluarga muda dan penumpang anak yang kini semakin diperhatikan dalam pengembangan layanan.
Sebagai IP asli Indonesia, Jumbo membawa narasi positif, nilai-nilai persahabatan, imajinasi, dan semangat kebangsaan. Kehadiran Jumbo di layanan kereta api merupakan bentuk kampanye Bangga Buatan Indonesia, sekaligus upaya untuk membangun kedekatan antara karya lokal dan masyarakat luas.
Baca Juga: Libur Sekolah 2025, Penjualan Tiket Kereta KAI Tembus 4,42 Juta
Selain di atas kereta, aktivasi bertema Jumbo juga hadir di berbagai stasiun besar. Di Stasiun Yogyakarta, pelanggan disambut oleh balon karakter Jumbo raksasa setinggi lebih dari 4 meter sejak 15 Juni hingga 15 Juli 2025.
Sementara stasiun Gambir, Solo Balapan, dan Pasarturi menghadirkan photo booth interaktif bertema Jumbo yang ramah anak.
"KAI juga mengadakan program stamp stasiun, di mana anak-anak dapat mengumpulkan cap stempel bertema Jumbo sebagai bagian dari kenangan perjalanan mereka," kata Hadis.
Kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan daya tarik layanan kereta api sekaligus memperkuat loyalitas pelanggan. Pengalaman emosional yang dibangun melalui karakter yang dicintai anak-anak dapat menciptakan hubungan yang lebih kuat antara pelanggan dan brand KAI.
Selanjutnya: Bhutan Transfer Bitcoin Senilai US$11,83 Juta ke Binance, Spekulasi Penjualan Muncul
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News