Santai

Kisah Nyata Eksorsisme di Indonesia, Ini Sinopsis Film Kuasa Gelap

Kisah Nyata Eksorsisme di Indonesia, Ini Sinopsis Film Kuasa Gelap

MOMSMONEY.ID - Menjadi film eksorsisme pertama di Indonesia, simak sinopsis film horor Kuasa Gelap yang sudah tayang di bioskop mulai 3 Oktober 2024 lalu.

Tiga hari penayangan, film Kuasa Gelap sudah menyedot lebih dari 325.000 penonton. "Semoga hari ini (6/10) bisa mencapai 500.000 penonton," kata Bobby Prasetyo, Sutradara Kuasa Gelap, dalam cinema visit di XXI Mall Alam Sutera, Minggu (6/10).

Film Kuasa Gelap mengisahkan Romo Rendra (Lukman Sardi) dan Romo Thomas (Jerome Kurnia) dalam menjalankan ritual eksorsisme Katolik untuk mengusir setan dari Kayla (Lea Ciarachel).

Kuasa Gelap menghadirkan kisah nyata tentang bagaimana pemuka agama Katolik berhadapan dengan kekuatan gelap, yang jarang terekspos di Indonesia, dengan pendekatan realistis dan mencekam.

Setelah kematian ibu dan adiknya dalam kecelakaan tragis, Romo Thomas bermaksud mengundurkan diri sebagai Romo.

Baca Juga: 5 Sosok Hantu Perempuan Seram Namun Jadi Ikon di Indonesia

Namun, ia justru diberi tugas terakhir untuk membantu Romo eksorsis, Rendra, yang kesehatannya kian menurun, untuk mengusir iblis yang merasuki Kayla, sahabat mendiang adiknya.

Romo Thomas dan Rendra berusaha sekuat tenaga untuk mengusir iblis yang bersemayam dalam tubuh Kayla.

Ternyata, sosok iblis itu sangat kuat. Bukan saja mengancam nyawa Kayla tetapi juga Maya (Astrid Tiar), ibu Kayla yang menyimpan masa lalu gelap hingga membuatnya dikejar rasa bersalah.

Kuasa Gelap adalah film horor pertama di Indonesia yg mengangkat ritual Gereja Katolik berdasarkan kasus nyata eksorsisme.

Dalam film Kuasa Gelap terungkap, 10% kasus kerasukan yang dilaporkan ke Gereja Katolik membutuhkan ritual eksorsisme. Sementara 90% kasus kerasukan lainnya merupakan masalah kesehatan mental. 

Baca Juga: Dengan Sajian Misteri Berbeda, Film Horor Lembayung bakal Hantui Bioskop Tanah Air

Nah, cerita dalam film Kuasa Gelap adalah salah sat dari 10% kasus kerasukan yang dilaporkan ke Gereja Katolik membutuhkan ritual eksorsisme.

Jerome Kurnia menyatakan, peran ini memberinya tantangan dan perspektif baru, baik sebagai individu maupun aktor.

"Melalui karakter Romo Thomas, saya belajar banyak tentang ritual eksorsisme, dari doa hingga urutannya, serta betapa terstrukturnya Gereja Katolik. Ini memberi saya sudut pandang baru tentang kekuatan iman dalam menghadapi ancaman luar biasa," kata Jerome dalam keterangan tertulis.

Produser Kuasa Gelap Robert Ronny menekankan, film ini tidak hanya menawarkan ketegangan horor, tetapi juga menggali sisi emosional dan spiritual yang jarang diangkat dalam film horor serupa.

"Kami ingin memberikan film yang berakar pada riset mendalam, dengan nuansa spiritual yang kuat, serta menjadi karya yang menggugah penonton," ujar Ronny.

Baca Juga: 7 Film Horor Kristen Katolik Lekat dengan Kehidupan Gereja

Produser Eksekutif Kuasa Gelap Andi Boediman menambahkan, proyek ini adalah bagian dari upaya tim dalam menghadirkan inovasi di industri perfilman Indonesia.

"Dengan mengangkat kisah nyata yang jarang terekspos, Kuasa Gelap menghadirkan horor yang tidak hanya menakutkan, tetapi juga memberikan kedalaman emosional dan perspektif baru di dunia perfilman horor Indonesia," ungkap Andi.

Kuasa Gelap diproduksi oleh Paragon Pictures dan Ideosource Entertainment, dengan dukungan dari Anami Pictures, Netzme, Nuon Digital Indonesia, KMIF, dan Legacy Pictures.

Film ini menampilkan aktor-aktor seperti Jerome Kurnia, Lukman Sardi, Astrid Tiar, Lea Ciarachel, Freya JKT48, Delia Husein, dan Erdin Werdrayana.

Dengan riset mendalam tentang eksorsisme Katolik di Indonesia, Kuasa Gelap memberikan perspektif baru bagi penonton, sekaligus memperkaya industri perfilman horor yang semakin berkembang.

"Selamat menonton, dan setelah itu bagikan ke yang lain soal film Kuasa Gelap," kata Astrid Tiar dalam cinema visit di XXI Mall Alam Sutera, Minggu (6/10).

Selanjutnya: Masa Berlaku SIM Segera Habis? Cek Jadwal SIM Keliling Surabaya Hair ini (7/10/2024)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News