BisnisYuk

Kiat Sukses Pebisnis Sepatu Lokal Dushishoes Berjualan Lewat Shopee Live

Kiat Sukses Pebisnis Sepatu Lokal Dushishoes Berjualan Lewat Shopee Live

MOMSMONEY.ID - Tren lifestyle tak dipungkiri kian berkembang terus. Salah satu yang menjadi produk mendukung gaya hidup masyarakat adalah sepatu. Maraknya pelaku industri fashion sepatu tanah air membuat para pelaku usaha lokal harus mampu berdaya saing lewat keunikan produk dan strategi bisnis yang efektif.

Label sepatu asal Bogor, Dushishoes, menjadi salah satu contoh sukses usaha lokal yang berhasil bertransformasi melalui inovasi dan pemanfaatan teknologi e-commerce seperti Shopee Live. Memulai bisnis sebagai penyuplai bahan untuk sandal dan sepatu, perjalanan Diana, pendiri Dushishoes, tidaklah mudah.

Sama seperti pebisnis kecil lainnya, awal pandemi memiliki tantangan tersendiri akibat penurunan permintaan bahan yang signifikan. Namun, dibanding harus menyerah, Diana justru mencari peluang baru dengan menjadi produsen dan memproduksi sepatu serta sandal mereknya sendiri. Bahkan juga sukses beradaptasi dengan penjualan online melalui platform e-commerce, terutama Shopee dan fitur interaktif seperti Shopee Live.

Diana, Owner Dushishoes menyampaikan sepatu itu soal kenyaman, jadi cara berjualannya pun juga harus membuat pelanggan nyaman. Bicara soal bisnisnya, Diana menyebut pada tahun 2019 Dushishoes fokus memasuki pasar ritel online melalui platform Shopee. Berbagai inisiatif dan inovasi yang Shopee hadirkan menjadi kuncinya untuk berkembang.

"Terutama sejak Shopee Live pertama kali diperkenalkan, kami melihat ini sebagai langkah strategis untuk beradaptasi dalam kemajuan era digital. Apalagi antusiasme pengguna Shopee terhadap produk kami juga sangat luar biasa, kami merasakan dampak positif lewat peningkatan pesanan hingga 16 kali lipat sejak pertama kali kami live stream hingga bulan Mei 2024 ini," kata Diana dalam keterangan yang diterima Momsmoney.

Baca Juga: Netflix Bersiap Umumkan Serial Live Action One Piece Musim Kedua

Mempunyai ambisi menjadi brand lokal yang dikenal masyarakat luas, Dushishoes sukses menjadikan Shopee Live sebagai fitur yang membantu untuk memperluas brand awareness produknya. Selama kuartal pertama tahun ini, Shopee Live pun berhasil berkontribusi lebih dari 34% pendapatan transaksinya di Shopee.

Setiap sesi livestream yang diadakan secara rutin oleh Dushishoes dari jam 8 pagi hingga 8 malam, tidak hanya bertujuan untuk memperkenalkan produk, tetapi juga sebagai sarana untuk menjawab pertanyaan dan menerima evaluasi terkait kualitas dan masukan mengenai tren terkini yang bisa dijadikan inspirasi berikutnya untuk koleksi Dushishoes. Membangun komunitas yang kuat, mendekatkan diri dengan calon pelanggan serta memberikan edukasi mendalam mengenai produk-produk yang ditawarkan

Lebih dari itu, Diana bilang ekosistem yang saling terintegrasi di Shopee berperan penting dalam menciptakan pengaruh yang berkelanjutan antar fitur. Untuk menarik lebih banyak pengguna ke sesi Shopee Live, dirinya juga memanfaatkan platform Shopee Video dengan menyajikan konten video pendek yang kreatif dan menarik. Beberapa jenis konten Shopee Video yang disajikan termasuk rekomendasi outfit dengan Dushishoes, berbagai produk terbaru, kombinasi warna sepatu yang sesuai, dan konten menarik lainnya.

"Menariknya, lewat konten video ini, kami  berhasil mendapatkan perhatian pelanggan dan mendorong mereka untuk mengunjungi toko Dushishoes secara langsung untuk mengeksplorasi produk-produk lainnya,” tambah Diana.

Di balik strategi bisnisnya untuk dinamis terhadap perubahan teknologi, Dushishoes memiliki visi yang kuat untuk memproduksi sandal dan sepatu berkualitas dengan harga yang terjangkau. Walau diawali dengan mengandalkan produk dari toko lain karena belum memiliki kemampuan untuk memproduksi sendiri.

Baca Juga: Promo Richeese Factory 28-30 Juni 2024, Flash Sale Combo Fire Chicken di ShopeeFood

Namun, seiring berjalannya waktu dan pengalaman, Dushishoes akhirnya berhasil memulai produksi sendiri, seperti sandal plastik elmo, flatshoes, mules, heels dan berbagai model lainnya. Proses produksinya dilakukan dengan sangat teliti, baik tahap desain, pemilihan bahan baku yang sebagian besar berasal dari lokal, hingga sampling dan uji coba untuk memastikan kualitas produk telah sesuai standar sebelum diproduksi secara massal.

Dushishoes tidak hanya fokus pada aspek fungsionalitas dalam setiap koleksi sepatunya, tetapi juga membangun identitas dan cerita yang kuat di balik setiap desain yang dihadirkan. Dengan tidak mengesampingkan tren pasar, Dushishoes berhasil menciptakan produk yang tidak hanya mengikuti mode, tetapi juga memiliki nilai tambah bagi para penggunanya. Seperti DUSHI Mizzu flat, DUSHI Amara flat, dan Luna heels, modelnya yang casual, kekinian dan nyaman menjadi tiga produk terlaris di Shopee.

Memiliki model yang beragam tidak membuat Dushishoes mengesampingkan kualitas terbaik dari setiap produk yang dijual. Melalui konsep home industry, baik bahan hingga pengrajin yang semuanya dalam Negeri, Dushishoes tidak hanya menjadi brand lokal sepatu yang diandalkan, tetapi juga turut berkontribusi dalam menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat di sekitar.

Sejak awal, Dushishoes telah memilih untuk bergabung dengan Shopee karena melihat potensi pertumbuhan yang pesat dan luas. Dushishoes juga aktif mengikuti berbagai program yang ditawarkan Shopee, seperti Gratis Ongkir, Cashback, serta rutin berpartisipasi dalam kampanye angka kembar dan program-program Shopee lainnya.

Konsistensi dalam menyajikan konten menarik di Shopee Live dan Video juga menjadi salah satu strategi Dushishoes, demi berhasil memenangkan hati konsumen dan membangun basis pelanggan yang setia. 

Tak hanya sampai disitu, berkat kegigihan Dushishoes dalam memanfaatkan kehadiran Shopee, mereka berhasil memenangkan Shopee Super Awards 2023 dalam kategori Ekspor. Penghargaan ini menjadi bukti nyata akan kualitas produk lokal mereka yang kini berhasil menembus pasar internasional.

“Dengan kolaborasi ini, kami tidak hanya mampu mengembangkan bisnis lokal, tetapi juga membuktikan bahwa semangat untuk terus berinovasi dapat membawa dampak positif baik bisnis dan lingkungan sekitar,” tutur Diana.

Baca Juga: Tambah Penghasilan, Tips Sukses Jadi Konten Kreator

Selanjutnya: Tanda-Tanda Diabetes Pada Wanita & Pria, Apa Makanan Ringan Untuk Penderita Diabetes?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News