BisnisYuk

Kiat Sukses Brand Sepatu Lokal Vaia Kembangkan Bisnisnya

Kiat Sukses Brand Sepatu Lokal Vaia Kembangkan Bisnisnya

MOMSMONEY.ID - Sepatu merupakan salah satu pelengkap yang dapat menunjang penampilan seseorang dan di saat yang sama juga memiliki fungsi penting sebagai alas kaki. Tapi siapa sangka, produk alas kaki ini justru menjadi ladang cuan bagi Affania Fariza Balqis. Lewat brandnya VAIA yang telah didirikan sejak 2017, produk fesyen ini terus berkembang dan sukses di masyarakat.

Menjadi seorang ibu dan wanita karir, Affania memiliki keinginan untuk dapat tetap menjaga penampilan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Tidak pernah terpikirkan olehnya, berangkat dari kesulitan yang kerap ia temui saat mencari sepasang sepatu ternyata mendorong lahirnya ide bisnis untuk ia mulai berkarya.

Affania Fariza Balqis, pemilik VAIA mengatakan sejak dahulu, dunia fashion sudah menarik perhatiannya. Memenuhi peran dan menjalankan keseharian, baik sebagai seorang ibu, wanita karir, mahasiswa dan ataupun peran-peran lainnya, kenyamanan selalu menjadi prioritas utama. Sehingga dirinya tahu, bahwa dalam menghadapi tantangan untuk mendapatkan kenyamanan serta estetika sekaligus dalam sepasang sepatu.

"Sehingga di tahun 2017 pun, tekadku semakin bulat untuk mengubah situasi tersebut dan menghadirkan solusi. Bagi aku sepasang sepatu tidak hanya dapat mengantarkan ke tempat tertentu, tetapi juga menjadi salah satu penopang dalam setiap kegiatan. Akhirnya VAIA pun dilahirkan, sebuah merek sepatu yang menggabungkan antara desain menarik dan kenyamanan untuk menemani seluruh individu dalam menjalankan perannya masing-masing di berbagai momentum," ujar Affania.

Baca Juga: Tips Tampil Stylish ala Shasa Zhania

Tidak berhenti disitu, dengan kehadiran VAIA juga membuka lapangan pekerjaan bagi pengrajin hingga memanfaatkan bahan baku yang diproduksi secara lokal di Indonesia. Berawal dari 2 orang pekerja di balik tim produksi, saat ini VAIA berhasil membangun fabrikasi sendiri dengan menggunakan beberapa enhancement bahan baku yang 100% di produksi di Indonesia dan telah mempekerjakan sekitar 60 pekerja.

Kegigihan serta kerjasama dari tim VAIA berhasil melahirkan produk-produk yang saat ini menjadi pilihan favorit bagi wanita Indonesia. Affania berbagi 3 poin utama yang menjadikan VAIA berbeda yaitu;

1. Comfort, bagaimana produk VAIA berhasil mengkombinasikan gaya dan kenyamanan dalam setiap pasang sepatu

2. Quality Craftsmanship and material, setiap produk VAIA dibuat dengan craftmanship yang teliti serta menggunakan material terbaik di kelasnya

3. Timeless elegance, VAIA memastikan bahwa setiap desain yang dibuat memberikan sensasi elegan kepada pengguna-nya, VAIA Lady.

Berjalan Berdampingan Kembangkan Potensi bersama Shopee

Affania menyebut pada kuartal 4 di tahun 2020, merupakan momen dimana dirinya memutuskan untuk bergabung dengan Shopee. Tahun yang sangat menantang bagi para pelaku usaha, termasuk VAIA. Sulit membayangkan, untuk berjualan sepatu di saat semua pihak sedang melakukan pembatasan.

"Salah satu adaptasi yang dapat kami lakukan dalam penjualan dan pemasaran adalah bergabung dengan Shopee. Saat itu, Shopee tidak hanya diminati masyarakat untuk memenuhi kebutuhan, tetapi juga menjadi salah satu strategi yang sangat membantu bagi para pengusaha untuk tetap menjalankan bisnis. Setelah 2 hingga 3 bulan setelah bergabung, perlahan kami bangkit, khususnya dengan hadirnya kampanye angka kembar dan lebaran yang bisa meningkatkan penjualan VAIA hingga 80% dari sebelumnya,” lanjut Affania.

Baca Juga: Kiat Sukses Eiger Kembangkan Bisnisnya

Bagi VAIA, hadirnya Shopee memudahkan pelaku usaha untuk beradaptasi melalui kampanye, fitur hingga program. Hal-hal lainnya yang dapat dioptimalkan antara lain bundling, Shopee Live, Shopee Ads, Affiliate hingga gratis ongkir menjadi beberapa dari banyak aspek yang membantu perkembangan bisnis VAIA hingga saat ini.

“Layaknya tren sepatu yang terus bergerak, kami pun terus belajar untuk memahami kemajuan teknologi dan perputaran tren belanja online. Senang sekali VAIA dapat berjalan berdampingan dengan Shopee yang telah menemani langkah kami di tengah era digital yang terus berkembang. Sama seperti visi dan misi VAIA untuk memberikan kenyamanan dan gaya dari sepasang sepatu, poin ini juga menjadi pilar dalam menjaga keberlangsungan bisnis,” tambah Affania.

VAIA: Mengawali Persiapan Ramadan dalam Rangkaian 3.3 Grand Fashion Sale

VAIA selalu berupaya untuk terus berinovasi dalam menghadirkan produk terbaru yang bisa dinikmati oleh konsumennya. Menyambut bulan Ramadan yang akan hadir sebentar lagi, VAIA tengah mempersiapkan koleksi ‘RAYA’ nya.

"Ketiga koleksi spesial yang akan kami keluarkan memiliki karakter yang berbeda sesuai dengan peruntukan penggunaannya seperti untuk dipakai casual bersilaturahmi ke sanak saudara, halal-bihalal keluarga, dan lainnya. Tentu warna dan desainnya akan menarik yang disesuaikan juga dengan trend yang berkembang," sebut Affania lebih lanjut.

Baca Juga: Promo The Body Shop Terbaru, Nikmati Diskon 30% Berlaku sampai 13 Februari 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News