InvesYuk

Sabar, Salah Satu Kiat Sukses Investasi Saham Lo Kheng Hong

Sabar, Salah Satu Kiat Sukses Investasi Saham Lo Kheng Hong

MOMSMONEY.ID - Lo Kheng Hong salah satu investor saham yang sudah 30 tahun menggeluti bidang ini menyatakan, hal yang penting dalam berinvestasi saham adalah strategi dan analisa yang baik.

Berinvestasi saham di pasar modal memiliki strategi tersendiri karena selain investor harus memahami fundamental perusahaan yang sahamnya hendak dibeli, berinvestasi juga harus dilakukan pada saat yang tepat.

Sekarang ini, pasar modal kini tidak hanya berfungsi sebagai sarana investasi bagi para investor namun juga dapat menjadi mata pencaharian.

Apalagi, dari instrumen saham karena menjanjikan keuntungan yang cukup tinggi dibandingkan dengan instrumen lain, bahkan dapat mencapai ratusan persen dalam beberapa bulan.

Sebagai salah seorang investor saham yang sudah cukup lama, Lo Kheng Hong, menceritakan perjalanannya dalam menelaah berbagai oportunitas berinvestasi sejak awal sampai meraup kesuksesan.

Baca Juga: Robert Kiyosaki Minta Tabung 3 Aset Ini Sekarang Sebelum Terlambat, Ada Apa?

Caranya, dengan menerapkan value investing atau berinvestasi dengan membeli saham dengan harga murah tapi berpotensi tumbuh yang selalu dilakukan secara konsisten. 

Berdasarkan pengalamannya, hal yang penting dalam berinvestasi saham adalah strategi dan analisa yang baik.

Selain itu, pemain saham harus memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan untuk membeli saham sebuah perusahaan, antara lain good governance alias tata kelola suatu perusahaan tersebut. 

Menurut Lo, tata kelola perusahaan  akan sangat menentukan kejujuran dan integritas perusahaan yang menjadi tujuan investasi, jenis bidang yang dijalankan oleh perusahaan.

Sebab, yang dipilih semestinya yang bergerak di bidang yang baik, profit yang dihasilkan suatu perusahaan, pertumbuhan suatu perusahaan dan valuasi suatu perusahaan karena yang dipilih adalah perusahaan yang memiliki valuasi rendah.

Baca Juga: Rekomendasi Instrumen Investasi di Tengah Gejolak Ekonomi Global 2023

"Seorang full time investor perlu memiliki dua hal, yaitu modal yang cukup agar modal yang digunakan tidak mengganggu dana keperluan sehari-hari dan memiliki pengalaman yang cukup dalam pasar modal karena biasanya risiko datang akibat ketidaktahuan," katanya dalam acara Wealth Wisdom 2023 yang diselenggarakan oleh Permata Bank beberapa waktu lalu. 

Lo juga berpesan jangan menjadi investor yang emosional karena pemain seperti ini biasanya tidak tahu apa yang dibeli.

Oleh sebab itu, perlu membaca annual report sebuah perusahaan agar benar-benar paham apa yang akan kita beli dan tidak membeli dengan emosional.

"Berinvestasi di dunia saham pun memerlukan kesabaran yang tinggi agar terhindar dari kerugian dan penyesalan nantinya," pesannya lagi. 

Selanjutnya: Jerman Mengoperasikan Kembali Pembangkit Listrik Tenaga Batubara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News