BisnisYuk

Entrepreneur Perlu Melek Finansial dan Berkolaborasi, Ini Kiat Sukses Berbisnis

Entrepreneur Perlu Melek Finansial dan Berkolaborasi, Ini Kiat Sukses Berbisnis

MOMSMONEY.ID - Penting bagi entrepreneur untuk memiliki pemahaman finansial kuat. Ini menjadi kunci dan kiat sukses dalam berbisnis lo. 

Selain itu, berkolaborasi dengan pihak lain bisa membantu atau bahkan mengembangkan bisnis yang sedang Anda lakukan.

"Banyak pebisnis saat memasarkan produknya hanya memperhitungkan bahan baku untuk produksi, tidak menghitung biaya gas, biaya maintenance, listrik, dan lain-lain," kata M. Jupaka, Coach Diplomat Success Challenge (DSC) Season 14.

"Jadi masalah finansial adalah hal yang penting untuk dipahami," ujar Jupaka yang juga Chief Operating Officer (COO) NAMA Beauty dalam keterangan tertulis, Jumat (10/11).

Jupaka menuturkan pengalamannya selama menjadi coach DSC Season 14 adalah membuat para peserta memahami angka-angka finansial yang berhubungan dengan bisnisnya.

Baca Juga: Sumpah Pemuda Jadi Motivasi Generasi Muda untuk Punya Semangat Kewirausahaan

Menurutnya, jika mereka sudah menguasai ilmu keuangan, perjalanan bisnisnya akan lebih mudah.

Bahkan, menurut Jupaka, ketika usaha yang dirintis sudah stabil, perusahaan keuangan akan berlomba untuk memberikan pendanaan. 

Jadi, "Pastikan fundamental bisnis sudah terpenuhi, setelah itu bisnis bisa dijalankan optimal," ungkap dia.

Memulai dan membangun bisnis, Jupaka menegaskan, tidak selalu hanya berhubungan dengan uang, tetapi juga melibatkan kemampuan untuk membangun jaringan yang kuat. 

Melalui ekosistem kewirausahaan DSC, dia memaparkan pengalamannya dalam berinteraksi dengan orang lain yang kemudian dapat mengembangkan bisnisnya. 

Baca Juga: Mau Bisnis Parfum? Ini 7 Tips Memulai Bisnis Parfum Lokal untuk Pemula

"Misalnya, jika saya ahli dalam bisnis makanan, tapi bingung untuk mencari suplier atau rekomendasi bahan produksi, saya bisa diskusi dengan anggota Diplomat Entrepreneur Network (DEN) yang merupakan komunitas alumni DSC," katanya.

"Atau, juga bisa bekerjasama dengan KOL (key opinion leaders) dengan mengirimkan makanan gratis, sehingga dapat membantu membangun ekosistem dan bisnis akan tumbuh lebih pesat," imbuh dia.

Selain dengan memanfaatkan KOL, Jupaka melanjutkan, dalam dunia bisnis, sudah selayaknya entrepreneur saling mendukung satu sama lain. 

Sangat perlu ada sinergi dan kolaborasi agar bisnis bisa berkembang dan bertahan lama. Contohnya, DEN yang ada dalam ekosistem DSC.

Terakhir, Jupaka mengingatkan, sebuah bisnis akan tumbuh ketika ada persaingan sehingga memunculkan inovasi baru dalam dunia usaha. Persaingan tidak perlu ditakuti, melainkan dijadikan sebuah tantangan untuk lebih maju.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News