Bugar

Khasiat Makan Buah Nanas Bisa Bantu Obati Penyakit Ini, Apa Saja ya?

Khasiat Makan Buah Nanas Bisa Bantu Obati Penyakit Ini, Apa Saja ya?

MOMSMONEY.ID - Yuk, mengulik berbagai khasiat buah satu ini. Khasiat makan buah nanas bisa bantu obati penyakit apa saja, ya?

Nanas adalah salah satu buah yang terkenal tidak hanya karena rasanya yang manis dan segar, tetapi juga karena berbagai manfaat kesehatannya.

Mengutip dari Everyday Health, vitamin C adalah nutrisi utama dalam nanas yang penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan bertindak sebagai antioksidan.

Jackie Newgent, seorang ahli gizi, menjelaskan bahwa satu cangkir nanas mengandung sekitar 78,9 mg vitamin C, lebih dari kebutuhan harian yang direkomendasikan untuk wanita (75 mg per hari) dan hampir memenuhi kebutuhan pria (90 mg per hari).

Baca Juga: Makan Buah Sirsak Bisa Sembuhkan Penyakit Apa Saja? Simak Selengkapnya di Sini

Mengonsumsi nanas dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan dan bahkan membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan. Lantas, makan buah nanas bisa bantu obati penyakit apa saja?

Melansir dari Health, inilah beberapa khasiat makan buah nanas untuk obati beberapa penyakit berikut ini:

1. Mengatasi Penyakit Kronis

Nanas memiliki kandungan antioksidan seperti flavonoid dan fenolik yang membantu melawan peradangan dan oksidasi yang dapat memicu berbagai penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

Antioksidan ini bekerja dengan mengurangi radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa nanas memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan beberapa buah lainnya, seperti alpukat dan buah naga.

2. Mendukung Kesehatan Pencernaan

Salah satu komponen kunci dalam nanas adalah bromelain, enzim yang membantu memecah protein dan memperlancar pencernaan.

Bromelain juga mendukung penyerapan nutrisi di usus kecil, yang bisa bermanfaat bagi mereka yang mengalami masalah pencernaan, seperti insufisiensi pankreas (kondisi di mana pankreas tidak menghasilkan cukup enzim pencernaan).

Baca Juga: Kadar Gula Darah Normal Usia 60 Tahun, Cek di Sini!

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam nanas membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebuah studi pada tahun 2014 menunjukkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi nanas secara rutin memiliki risiko lebih rendah terkena infeksi virus dan bakteri.

Mereka juga mengalami peningkatan jumlah sel darah putih, yang merupakan salah satu komponen utama dalam melawan infeksi.

4. Membantu Pemulihan Setelah Operasi dan Olahraga

Bromelain dalam nanas juga dapat mempercepat pemulihan setelah operasi atau cedera olahraga. Enzim ini dapat mengurangi peradangan, pembengkakan, memar, dan nyeri.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bromelain efektif dalam mengurangi komplikasi setelah operasi gigi dan kulit.

Baca Juga: Yuk, Coba Konsumsi Makanan yang Bisa Menurunkan Asam Urat Berikut Ini

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Nanas juga memiliki potensi untuk mendukung kesehatan jantung melalui sifat antioksidannya. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa konsumsi nanas dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, sehingga melindungi dari risiko penyakit jantung.

Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut pada manusia untuk memvalidasi temuan ini.

6. Melindungi Kulit dari Kerusakan

Satu cangkir nanas mengandung vitamin C yang cukup tinggi, sekitar 78,9 mg, yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan kulit.

Vitamin C membantu produksi kolagen, protein yang menjaga elastisitas kulit, dan melawan kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari serta polusi.

Baca Juga: Inilah Jenis Ubi yang Bagus untuk Diet, Cek Ada Apa Saja!

7. Meredakan Nyeri Arthritis

Bromelain dalam nanas telah terbukti memiliki efek anti-rematik, yang bisa membantu mereka yang menderita radang sendi. Enzim ini bekerja untuk mengurangi peradangan, sehingga dapat meredakan nyeri pada persendian.

8. Mendukung Kesehatan Tulang

Nanas kaya akan tembaga dan mangan, mineral yang penting untuk menjaga kesehatan tulang. Satu cangkir nanas mengandung 20% dari kebutuhan harian tembaga dan juga menyediakan mangan, yang berperan dalam meningkatkan kekuatan serta kepadatan tulang.

Mengonsumsi makanan yang kaya mangan bisa sangat bermanfaat bagi wanita pasca-menopause yang cenderung mengalami penurunan kadar mineral tulang.

Baca Juga: 7 Makanan Berserat Tinggi untuk Diet, Bikin Kenyang Lebih Lama!

9. Membantu Penurunan Berat Badan

Beberapa orang percaya bahwa nanas dapat meningkatkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan.

Meskipun belum ada banyak bukti ilmiah yang mendukung klaim ini, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa jus nanas dapat mengurangi pembentukan lemak dan meningkatkan pemecahan lemak.

Meski efeknya belum sepenuhnya terbukti pada manusia, nanas tetap merupakan pilihan camilan rendah kalori yang kaya vitamin dan mineral, tanpa lemak jenuh atau trans.

Kandungan serat dalam nanas juga membantu membuat Anda merasa kenyang lebih lama, yang dapat mendukung program penurunan berat badan.

Nah, itulah ulasan terkait khasiat makan buah nanas bisa bantu obati penyakit apa saja. Nanas bukan hanya buah yang menyegarkan, tetapi juga penuh dengan manfaat kesehatan.

Meski demikian, seperti semua makanan, konsumsi nanas sebaiknya dilakukan secara seimbang. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, konsultasikan dengan dokter sebelum menjadikan nanas sebagai bagian dari pengobatan alternatif. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Masuk Tiga Miliarder Teratas di Dunia, Segini Kekayaan Mark Zuckerberg

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News