AturUang

Ketahui Perbedaan Kredit Produktif & Konsumtif, Mana yang Berbahaya?

Ketahui Perbedaan Kredit Produktif & Konsumtif, Mana yang Berbahaya?

MOMSMONEY.ID - Yuk, ketahui perbedaan kredit produktif dan konsumtif sebelum mengajukan kredit.

Saat memiliki keperluan tertentu, Moms bisa dengan mudah mengajukan kredit baik ke bank maupun lembaga keuangan yang menyediakan kredit.

Namun, sebelum mengajukan kredit, tahukah Anda perbedaan kredit produktif dan konsumtif?

Melansir laman BCA, dalam ilmu ekonomi, kredit dibagi ke dalam berbagai macam jenis. Salah satunya adalah berdasarkan tujuan kredit.

Berikut ini perbedaan kredit produktif dan kredit konsumtif.

Baca Juga: Super Air Jet Buka Penerbangan Makassar-Bali & Solo-Bali, Ini Jadwalnya

Kredit produktif

Jenis kredit produktif adalah pinjaman yang Anda gunakan untuk membeli aset sehingga bisa meningkatkan pemasukan. Misalkan, membeli rumah untuk disewakan. Sehingga, aset yang Anda beli menjadi modal usaha. 

Kredit konsumtif

Kredit konsumtid adalah jenis pinjaman yang Anda ajukan untuk memenuhi kebutuhan pribadi dan tidak mempengaruhi pertambahan pemasukan. Misal membayar tagihan dan membeli kendaraan pribadi. 

Tentu, dengan penjelasan di atas, kita mengetahui bahwa dari melakukan kredit maka kredit konsutif tidak memberikan tambahan penghasilan. Padahal, saat melakukan kredit, Moms akan dibebankan dengan bunga kredit yang perlu dibayar. 

Saat penghasilan tidak bertambah, dan masih ada cicilan yang perlu dibayar, maka timbulah risiko tidak bisa membayar bunga pinjaman dan cicilan pokok. 

Selanjutnya: Arsul Sani Resmi Dilantik Jadi Hakim Konstitusi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News