Bugar

Ketahui Cara Menggunakan Minyak Kemiri untuk Kesehatan Rambut

Ketahui Cara Menggunakan Minyak Kemiri untuk Kesehatan Rambut

MOMSMONEY.ID - Sudah digunakan sejak lama, Anda bisa coba cara menggunakan minyak kemiri untuk rambut berikut ini. Minyak kemiri biasanya sudah ada di dalam produk shampo, tetapi masih ada cara lain menggunakan minyak kemiri untuk rambut. 

Penggunaan minyak kemiri secara tradisional untuk perawatan rambut cukup mudah, yakni hanya dengan mengoleskan minyak kemiri murni langsung pada kulit kepala, untuk menutrisi, melembapkan, dan mengatasi berbagai masalah rambut.

Minyak kemiri sering dijadikan produk perawatan rambut lainnya juga. Dilansir dari herworld.co.id, simak penjelasannya di bawah ini, yaitu: 

1. Sebagai Hair Tonic 

Anda bisa menggunakan minyak kemiri sebagai hair tonic. Hair tonic adalah salah satu produk perawatan rambut berbentuk cair, dan paling efektif untuk merangsang pertumbuhan rambut yang lebih cepat dan tebal.

Serta memperkuat batang rambut agar tidak mudah rontok dan patah.  Menggunakan minyak kemiri sebagai hair tonic cukup mudah, Anda  hanya cukup mengaplikasikan hair tonic dengan kandungan minyak kemiri secukupnya ke seluruh kulit kepala sambil dipijat-pijat lembut, tanpa perlu dibilas

Baca Juga: Ini 5 Rekomendasi Hotel & Villa Pet Friendly dari Tiket.com

2. Sebagai Masker Rambut

Minyak kemiri juga bisa dijadikan masker rambut. Caranya, tuangkan minyak kemiri secukupnya ke tangan Anda, lalu aplikasikan minyak kemiri ke kulit kepala dan rambut secara merata sambil dipijat-pijat lembut agar kandungan nutrisi dalam minyak kemiri dapat menyerap ke folikel rambut.

Setelah itu, diamkan sekitar 30 menit sampai 1 jam sebelum dibilas hingga bersih menggunakan sampo atau air hangat. Atau untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menggunakan minyak kemiri sebagai overnight hair mask, barulah keesokan paginya dibilas sampai bersih. 

Disarankan untuk menggunakan minyak kemiri sebagai hair mask ini setidaknya seminggu sekali. Namun, apabila rambut Anda cenderung berminyak, cukup lakukan setiap dua minggu sekali.

3. Sebagai Serum Rambut

Cara menggunakan minyak kemiri untuk rambut lainnya adalah sebagai serum rambut. Sama seperti hair tonic, Anda hanya perlu mengaplikasikan hair serum dengan kandungan minyak kemiri pada rambut secukupnya, baik itu ketika rambut masih dalam keadaan basah, setengah kering, ataupun saat kondisi rambut kering.

Hair serum dengan kandungan minyak kemiri dapat membantu menutrisi dan melembapkan rambut, sekaligus meningkatkan pertumbuhan rambut dan mendukung kesehatan kulit kepala.

Menggunakan minyak kemiri sebelum menyisir rambut juga dapat membuatnya lebih halus dan mengurangi rambut kusut.

Nah, itulah cara menggunakan minyak kemiri untuk kesehatan rambut yang bisa Anda lakukan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News