Keluarga

Keringat Berlebih Mengganggu? Ini 4 Cara Menghentikan Keringat Berlebih dengan Mudah

Keringat Berlebih Mengganggu? Ini 4 Cara Menghentikan Keringat Berlebih dengan Mudah

MOMSMONEY.ID - Ada banyak hal yang menyebabkan keringat berlebih. Berikut MomsMoney bagikan 4 cara menghentikan keringat berlebih dengan mudah.

Keringat yang berlebih memang sangat mengganggu, ya, Moms. Selain menimbulkan aroma kurang sedap, keringat berlebih juga dapat mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri.

Dilansir dari Hello Sehat, kondisi keringat berlebih atau hiperhidrosis dapat disebabkan oleh genetik, kelebihan berat badan dan obesitas, menopause, hipertiroidisme, infeksi atau efek vaksinasi, diabetes, kanker, gula darah rendah.

Serta kondisi lainnya seperi disautonomia, stres psikologis parah, konsumsi antidepresan bupropion, tumor jinak pada kelenjar adrenal, dan penyalahgunaan alkohol atau obat-obatan.

Setelah mengetahui penyebabnya, ada banyak cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi keringat berlebih.

Dikutip dari BeBeautiful, inilah 4 cara menghentikan keringat berlebih dengan mudah yang tidak ada salahnya untuk Anda jajal:

Baca Juga: 6 Manfaat Tidur dengan Memakai Penutup Mata untuk Kecantikan dan Kesehatan

1. Gunakan antiperspirant yang kuat

Cara menghentikan keringat berlebih dengan mudah yang pertama yaitu menggunakan antiperspirant yang kuat. Antiperspirant sangat disarankan untuk Anda miliki terutama jika Anda adalah tipe orang yang aktif dan cenderung berkeringat berlebihan.

Untuk membantu menghentikan keringat berlebih, pilihlah antiperspirant yang mengandung setidaknya 14% aluminium klorida. Pasalnya, aluminium klorida dalam antiperspirant telah terbukti bisa benar-benar menghentikan keringat.

Selain digunakan pada siang hari, Anda juga bisa menerapkan antiperspirant pada kulit ketiak yang bersih dan kering pada malam hari sebelum tidur untuk hasil yang terbaik.

2. Perhatikan makanan yang Anda makan

Cara menghentikan keringat berlebih dengan mudah yang kedua yaitu memerhatikan makanan yang Anda makan.

Makanan pedas dan gorengan sangat dilarang untuk dikonsumsi jika Anda banyak berkeringat. Hal ini dikarenakan makanan semacam itu hanya akan memperburuk kelenjar keringat dan membuat Anda lebih banyak berkeringat.

Alih-alih makan makanan pedas dan gorengan, alangkah baiknya Anda mengonsumsi makanan yang lebih sehat. Perbanyaklah makan sayur dan buah-buahan yang tinggi kandungan airnya.

Jangan lupa juga untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi dengan minum banyak air putih setidaknya 8 gelas atau 2 liter per hari.

Baca Juga: 4 Cara Menyimpan Parfum Agar Tetap Wangi dan Tahan Lama

3. Olahraga secara teratur

Cara menghentikan keringat berlebih dengan mudah yang ketiga yaitu olahraga secara teratur. Bertentangan dengan apa yang mungkin dipikirkan oleh kebanyakan orang, berolahraga secara teratur justru bisa mengurangi keringat secara keseluruhan.

Dengan rajin berolahraga, itu akan membantu mengurangi hormon stres, membuat relaks, dan meminimalkan kemungkinan untuk berkeringat berlebihan.

Tak sekadar itu, olahraga juga bisa membantu membuka pori-pori kulit Anda lho Moms. Jadi, yuk, mulai rutin olahraga dan keringat pun akan berkurang sepanjang hari.

4. Gunakan pakaian dengan kain yang tepat

Cara menghentikan keringat berlebih dengan mudah yang keempat, dengan menggunakan pakaian dengan kain yang tepat.

Siapa sangka bahwa pemilihan pakaian juga berpengaruh pada banyak tidaknya keringat. Maka dari itu, gunakanlah pakaian dengan kain yang ramah untuk kulit Anda.

Usahakan untuk mengenakan kain yang ringan dan nyaman supaya kulit Anda tetap bisa bernapas. Anda bisa memilih kain katun atau sutra daripada kain yang berat seperti beludru.

Moms, itulah 4 cara menghentikan keringat berlebih dengan mudah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dipraktikkan, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News