Santai

Kenali Ciri Ikan Cupang yang Bagus, Jangan Asal Pilih!

Kenali Ciri Ikan Cupang yang Bagus, Jangan Asal Pilih!

MOMSMONEY.ID - Ada banyak pertimbangan saat ingin membeli ikan cupang hias. Kualitas ikan cupang salah satu yang perlu diperhatikan. 

Banyak pemula yang tidak mengetahui ciri-ciri ikan cupang hias yang bagus. Terkadang mereka asal membeli ikan cupang untuk dirawat di rumah.

Ada beberapa kriteria ikan cupang hias yang perlu diketahui pemula. Berikut ini, Momsmoney membagikan tips mengenali ikan cupang yang bagus! 

Mental

Sebelum membeli ikan cupang, sebaiknya lihatlah mentalnya. Cupang merupakan ikan hias yang berbeda dari lainnya. Ikan cupang yang memiliki mental sehat, ia akan aktif saat diajak bermain oleh pemiliknya. 

Baca Juga: Dibanding Air Keran, Ini Jenis Air Minum Kemasan yang Baik untuk Tanaman

Jika ikan cupang tidak memiliki mental, ikan tersebut tidak mau untuk bermain. Selain itu, ikan cupang yang tidak memiliki mental biasanya kurang sehat.

Warna

Ikan Cupang

Selain mental, karena kita ingin memelihara ikan cupang hias tentunya kita juga ingin menikmati keindahan warna. Tentukan terlebih dahulu warna yang ingin dipilih. 

Jika melihat ikan cupang yang warnanya pucat, meskipun itu harganya murah sebaiknya jangan dibeli, karena salah satu ciri-ciri ikan cupang sakit adalah pucatnya warna.

Baca Juga: 5 Tempat Menyimpan Tanaman Hias di Rumah, Lebih Aman dan Strategis

Sirip

Perhatikan sirip ikan cupang. Ciri-ciri ikan cupang yang bagus adalah siripnya tidak rusak atau sobek. Pastikan sebelum membeli ikan cupang, sirip atasnya tidak menggulung, ekornya tidak rusak dan sirip bagian bawah tidak sobek. 

Penutup Insang

Perhatikan penutup insang ikan cupang. Jika ada ikan yang tidak diam salah satu penutup insangnya tidak menutup rapat, jangan dibeli. Biasanya, ikan cupang yang memiliki ciri-ciri tersebut termasuk ikan yang tidak sehat. 

Nah, itu tadi ciri-ciri ikan cupang yang bagus untuk dibeli dan dirawat di rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News