Bugar

Kenali 5 Penyebab Wajah Tidak Simetris, Genetik Hingga Gaya Hidup!

Kenali 5 Penyebab Wajah Tidak Simetris, Genetik Hingga Gaya Hidup!

MOMSMONEY.ID - Jika Anda merasa bentuk wajah tidak simetris, maka cari tahu penyebab wajah tidak simetris di sini. 

Hampir setiap orang memiliki tingkat asimetri tertentu di wajah dan hal ini tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Justru ketidaksimetrisan inilah yang membuat wajah Anda terlihat alami sebagai manusia.

 Apabila ketidaksimetrisan wajah ini sudah terjadi sejak lama, tidak perlu ada yang dikhawatirkan. Namun, jika terjadi baru-baru ini, Anda perlu khawatirkan. 

Dilansir dari jovee.id, simak beberapa penyebab wajah tidak simetris yang harus Anda tahu, yaitu: 

1. Faktor Genetika

Penyebab wajah tidak simetris pertama adalah faktor genetika. Orang dengan wajah yang asimetris mungkin memiliki anggota keluarga dengan karakteristik yang serupa sehingga ini adalah hal yang wajah penyebab wajah tidak simetris.

Faktor genetika yang menyebabkan wajah tidak simetris biasanya tidak memprihatinkan. Beberapa kondisi kesehatan genetik, seperti celah pada langit-langit mulut dapat menjadi penyebab wajah tidak simetris.

Baca Juga: Jangan Keliru! Pahami 6 Urutan Keramas Rambut yang Benar

2. Gaya Hidup

Penyebab wajah tidak simetris selanjutnya adalah gaya hidup. Salah satu gaya hidup yang bisa memperngaruhi bentuk wajah, yaitu merokok. Merokok dapat membuat wajah terpapar racun dan menyebabkan masalah pembuluh darah.

Faktor gaya hidup lain yang juga bisa menjadi penyebab wajah tidak simetris adalah paparan sinar ultraviolet (UV) yang berlebihan. Kerusakan yang diakibatkan karena sinar matahari biasanya memengaruhi satu sisi wajah lebih daripada yang lainnya.

Faktor lain yang juga dapat memperparah kondisi ini adalah posisi tidur dan postur tubuh yang buruk. Kebiasaan tidur tengkurap atau dengan wajah menghadap bantal, tidur di meja dengan bertumpu ke tangan, bisa menjadi beberapa faktor penyebab wajah tidak simetris.

3. Trauma

Kemudian, trauma juga bisa menyebabkan wajah tidak simetris. Cedera pada wajah di masa kanak-kanak atau dewasa dapat menyebabkan wajah yang tidak simetris.

Trauma yang dialami, seperti hidung yang patah, luka dalam, atau terlibat dalam tabrakan kendaraan dapat menyebabkan kerusakan pada wajah.

Baca Juga: 3 Manfaat Perawatan Rambut dengan Hair Tonic, Atasi Rambut Bercabang

4. Tindakan yang Melibatkan Gigi

Penyebab wajah tidak simetris berikutnya adalah tindakan yang melibatkan gigi. Menggunakan gigi palsu atau veneer gigi dapat mengubah kontur wajah seseorang.

Pencabutan gigi juga dapat mengubah tampilan otot pada wajah. Hal ini dibuktikan oleh sebuah studi di tahun 2014 yang meneliti kembar identik.

Pencabutan gigi pada salah satu orang kembar identik mengubah kontur wajah mereka yang serupa sebelumnya, menjadi berbeda secara signifikan.

5. Penuaan 

Penyebab wajah tidak simetris lainnya adalah penuaan. Menurut di studi di tahun 2018 menemukan hubungan antara bertambahnya usia seseorang dengan ketidaksimetrisan wajah yang dialaminya. Ini merupakan bagian yang alami dan wajar dari penuaan.

Sementara tulang berhenti bertumbuh saat kita mencapai usia pubertas, nyatanya tulang rawan tetap bertumbuh. Akibatnya, telinga dan hidung seseorang akan terus bertumbuh sehingga menyebabkan perubahan pada wajah.

Jaringan lunak di wajah juga akan mulai mengendur perlahan-lahan, sehingga hal–hal ini menjadi penyebab wajah tidak simetris.

Jadi, itulah beberapa penyebab wajah tidak simetris yang harus Anda tahu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News