Bugar

Jangan Keliru! Pahami 6 Urutan Keramas Rambut yang Benar

Jangan Keliru! Pahami 6 Urutan Keramas Rambut yang Benar

MOMSMONEY.ID - Keramas berfungsi untuk membersihkan rambut dan kulit kepala dari debu, kotoran, dan keringat. Namun, ternyata keramas tidak boleh sembarangan. Hal ini agar rambut dapat selalu sehat, kuat dan indah. 

Oleh karena itu, Anda bisa menerapkan keramas rambut yang benar di sini. Dilansir dari jovee.id, berikut enam urutan keramas rambut yang benar, yaitu: 

Baca Juga: 6 Perbedaan Herb dan Spice, Antara Rempah Daun dan Rempah Bubuk

1. Basahi Rambut Secara Menyeluruh

Pertama, basahi rambut Anda secara menyeluruh hingga ke bagian dalam rambut. Bergantung seberapa tebal atau lebat rambut Anda, membasahi rambut mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama dari yang Anda kira.

Untuk membantu mempermudahnya, biarkan air mengalir dari atas kepala setidaknya selama satu menit, lalu gerakkan jari-jari Anda ke seluruh bagian rambut untuk memastikan semuanya benar-benar basah.

Membuat rambut basah menyeluruh dengan air hangat dapat membantu membuka kutikula rambut sehingga memudahkan rambut menyerap kondisioner nantinya.

2. Aplikasikan Shampo

Lanjutkan dengan menggunakan produk shampo. Gunakan jenis shampo yang tepat untuk permasalahan dan jenis rambut Anda. Pastikan menggunakan shampo dalam jumlah yang tepat. Tidak terlalu sedikit atau pun terlalu banyak.

Tuangkan shampo ke telapak tangan dan beri sedikit air, kemudian gosok-gosokkan kedua tangan hingga shampo mengeluarkan busa. Barulah gosokkan shampo ke kulit kepala hingga bersih.

Alih-alih menuangkan shampo langsung ke rambut, dengan membuat busa terlebih dahulu dapat membantu mengurangi dampak langsung shampoo pada kulit kepala dan mengurangi penggunaan produk secara berlebihan.

Fokuskan keramas pada kulit kepala, bukan ujung rambut karena di kulit kepala lah tertumpuk residu produk perawatan rambut, debu, keringat, dan kotoran. Ujung rambut akan dengan mudah lebih bersih ketika kita membersihkan sisa rambut saat membilasnya.

Baca Juga: 3 Cara Mengatasi Cantengan dengan Pengobatan Rumahan, Menarik Dicoba

3. Hindari Menggosok Kulit Kepala Keras-Keras

Anda harus hindari menggosok kulit kepala terlalu keras. Hal ini karena kulit kepala sangat rentan terhadap gosokan yang sifatnya abrasif.

Jangan menggosok kulit kepala Anda dengan kuku karena dapat menyebabkan iritasi serius. Bahkan luka pada kulit kepala akibat gosokan keras bisa memicu timbulnya infeksi.

Sebaliknya, luangkan waktu untuk memijat kulit kepala dengan tekanan lembut tanpa menggunakan kuku selama sekitar tiga menit. Gerakkan jari dan telapak tangan dengan lembut untuk menghindari rambut kusut dan rusaknya folikel

4. Bilas Sampai Bersih

Pentingnya membilas rambut sampai bersih. Jika tidak bersih secara menyeluruh, maka dapat menyebabkan penumpukan di kulit kepala yang memicu munculnya ketombe dan rasa gatal yang mengganggu. Pastikan tidak ada sisa shampoo yang tersisa.

Sebaiknya, bilas rambut dengan air dingin karena air dingin tidak mengeringkan lapisan sebum rambut.

Baca Juga: Simak 7 Cara Merawat Kuku Tangan Tanpa Harus ke Salon, Tidak Sulit!

5. Gunakan Kondisioner

Urutan keramas rambut selanjutnya adalah gunakan kondisioner. Kondisioner berfungsi untuk menutrisi rambut dan mengunci kelembapan rambut.

Anda tidak perlu menuangkan kondisioner langsung ke kulit kepala karena hal ini justru membaut kulit kepala jadi berminyak.

Anda hanya perlu menuangkan kondisioner secukupnya, kemudian aplikasikan kondisioner ke rambut yang masih basah dari tengah batang hingga ujung rambut.

Beberapa merek kondisioner perlu didiamkan selama 2 hingga 3 menit, sementara kondisioner lainnya membutuhkan 5 hingga 7 menit.

Membiarkannya selama ini akan melembutkan dan menghaluskan rambut Anda, menjadikannya lebih berkilau setelah kering nanti.

Namun, jangan biarkan kondisioner terlalu lama karena mungkin akan jadi sulit dibilas dan meninggalkan residu.

Sementara membiarkan kondisioner meresap, Anda bisa menggunakan sisir bergigi lebar untuk mengurai rambut. Bilas kondisioner sampai bersih dan tidak terasa licin di rambut.

6. Mengeringkan Rambut

Terakhir, segera keringkan rambut dengan handuk. Pastikan memeras atau menepuk-nepuk rambut hingga kering, alih-alih menggosoknya.

Sebaiknya gunakan handuk berserat mikro atau kaos untuk mengeringkan rambut. Semakin kasar serat bahannya, semakin banyak kerusakan yang ditimbulkannya pada rambut Anda.

Jika mau, Anda juga bisa menggunakan detangler atau leave on conditioner setelah dikeringkan dengan handuk.

Sekarang Anda sudah tahu urutan keramas rambut yang benar. Sudah benar cara keramas Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News