Bugar

Kenali 4 Penyebab Umum Ketombe di Kulit Kepala

Kenali 4 Penyebab Umum Ketombe di Kulit Kepala

MOMSMONEY.ID - Munculnya ketombe di kulit kepala membuat Anda ingin menggaruknya. Kenali penyebab umum ketombe di kulit kepala.

Ketombe memiliki bentuk serpihan dan kulit kepala yang gatal serta bersisik. Serpihan putih tersebut menumpuk di rambut Anda.

Untuk menentukan penyebab ketombe bisa menjadi hal yang sulit. Melansir dari cnfstore.com, berikut empat penyebab umum ketombe di kulit :

Baca Juga: Resep Chicken Shrimp Roll ala Hokben, Ide Bekal Anak ke Sekolah

1. Kulit Kepala Kering

Pertama, penyebab ketombe adalah kulit kepala kering. Penyebab kondisi kering ini akibat kulit yang mengalami dehidrasi dan membuat produksi sebum atau minyak alami rambut terganggu. Sehingga kulit kepala kering rentan mengalami iritasi terasa gatal-gatal, peradangan, atau masalah ketombe. 

Saat kulit kepala terasa kering, Anda akan melihat beberapa serpihan kecil berwarna putih terjebak di antara helaian rambut.

Biasanya terlihat jelas di bagian kulit kepala terbuka, seperti di bagian depan dekat anak rambut. Jumlah serpihan tergantung dari tingkat kekeringan dan iritasi pada kulit kepala yang Anda alami. 

2. Salah Memilih Shampo

Penyebab ketombe selanjutnya adalah salah memilih shampo. Seperti halnya perawatan kulit wajah, kulit kepala juga dapat bereaksi jika tidak cocok dengan produk hair care seperti shampo.

Bagi yang memiliki alergi dengan suatu kandungan tertentu, biasanya akan muncul efek gatal-gatal dan kulit kepala terkelupas.

Maka selalu pastikan untuk memilih shampo yang aman dan cocok dengan kondisi rambut dan kulit kepala. Usahakan gunakan shampo yang mampu menutrisi dengan baik, seperti vitamin B3 dan komponen protein.

Perhatikan kandungan shampo yang tepat untuk mencegah terjadinya masalah alergi maupun ketombe di kemudian hari.

Baca Juga: Ini Penyebab dan Gejala Monkeypox pada Pasien Cacar Monyet di Indonesia

3. Kelebihan Konsumsi Makanan Manis

Kemudian, kelebihan konsumsi makanan manis menyebabkan muncul ketombe. Konsumsi makanan manis berlebihan dapat memicu kadar gula dalam darah meningkatkan.

Kadar gula darah tinggi ternyata bisa menjadi penyebab ketombe yang jarang disadari. Hal ini karena kadar gula darah yang tinggi bisa menstimulasi pertumbuhan jamur ragi (malassezia).

Jamur ragi malassezia ini dapat hidup di kulit kepala. Menurut Science Daily, jamur malassezia disebabkan oleh keberadaan minyak dan lemak, akibat kulit kepala lembap dan kotor.

Jamur yang terus tumbuh ini bisa semakin mengiritasi kulit hingga sel-sel kulit tumbuh semakin banyak. Sel-sel kulit mati ini dapat mengelupas saat kamu menggaruknya dan muncul seperti serpihan putih atau disebut dengan ketombe di rambut. 

4. Psoriasis

Penyebab ketombe di kulit kepala lainnya adalah psoriasis. Dikutip dari laman Mayo Clinic, psoriasis merupakan kondisi kulit yang mendorong percepatan siklus hidup pada sel-sel kulit.

Sehingga kondisi ini mengakibatkan sel tumbuh cepat dan menumpuk pada permukaan kulit kepala. Pada akhirnya timbul sisik dan bercak merah yang gatal dan terasa perih di kulit kepala.

Nah, itulah beberapa penyebab ketombe di kulit kepala. Kenali penyebabnya dan rawat kesehatan rambut dan kulit kepala. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News