Keluarga

Kenali 10 Tanda Anda Sedang Menjalin Hubungan Situasionship biar Tak Patah Hati

Kenali 10 Tanda Anda Sedang Menjalin Hubungan Situasionship biar Tak Patah Hati

MOMSMONEY.ID - Hubungan romantis tanpa komitmen semakin umum saat ini. Salah satunya adalah situasionship. Yuk, kenali 10 tanda Anda sedang menjalin hubungan situasionship.

Situasionship berbeda dengan friends with benefits (FWB), lo. Melansir Women’s Health, hubungan situasionship adalah perjanjian hubungan yang ada sebelum atau tanpa mendefinisikan hubungan tersebut.

Mantan Sosiologis Tinder dan Bumble Jess Carbino juga mengatakan, situasionship dapat didefinisikan sebagai hubungan romantis tanpa komitmen serta norma dan harapan terkait. 

Salah satu penyebab maraknya hubungan situasionship adalah aplikasi kencan online. Dengan aplikasi ini, seseorang memiliki banyak pilihan sehingga sulit untuk berkomitmen.

Anda bisa membuka aplikasi dan mencari profil yang cocok dengan Anda, meski Anda sedang bersama teman kencan.

Masalahnya, saat menjalankan hubungan situasionship, sering kali salah satu pihak memiliki perasaan yang lebih dalam. Orang tersebut akan mulai merasa ditolak karena pasangannya tidak menginginkan dia sepenuhnya. 

Sehingga, ini 10 tanda Anda sedang menjalin hubungan situasionship dan cara mengatasinya sebelum Anda patah hati:

Baca Juga: Mau Investasi Emas? Simak Saran dari Robert Kiyosaki Ini

1. Tidak ada kemajuan dalam hubungan Anda

Tanda pertama Anda sedang berada dalam hubungan situasionship adalah Anda merasa mandek atau terjebak, tidak mencapai titik selanjutnya dalam hubungan.

Jika Anda merasa seperti ini, hubungan Anda tidak memiliki kemajuan mungkin ini saatnya memeriksa kembali hubungan Anda. 

Salah satu tanda utapa dari situasionship adalah bahwa hubungan Anda terkotak-kotak, dan salah satu dari pasangan tidak terintegrasi ke hubungan sosial lainnya seperti teman dan keluarga Anda. 

Selain itu, semakin lama Anda menjalani situasionship, maka hubungan tersebut semakin tidak menjanjikan. Sebab, seringkali ini menandakan kurangnya keinginan dari salah satu pihak untuk membuat hubungan menjadi lebih serius. 

2. Adanya orang lain yang terlibat

Tanda kedua, jika Anda menemukan bahwa pasangan Anda secara romantis bahkan seksual terlibat dengan satu atau lebih orang lain, mungkin Anda terjebak di hubungan situasionship.

Bahkan, bagi pasangan yang mempraktekan hubungan non-monogami, idealnya ada batasan yang jelas sehingga semua pihak tetap mendapatkan informasi dan menyetujui batasan hubungan. 

Dengan berada pada hubungan situasionship, komunikasi bukanlah sesuatu yang penting. Sehingga, Anda akan mendapatkan informasi sal pasangan Anda dari teman dekatnya, media sosial, atau bertemu secara kebetulan. 

Baca Juga: Inilah 5 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari. Cari Tahu Yuk Moms!

3. Anda hanya membuat rencana jangka pendek

Tanda ketiga Anda terjebak di situasionship adalah sering membuat rencana jangka pendek dalam hitungan beberapa jam kedepan atau beberapa hari ke depan dengan pasangan.

Sebab, orang yang benar-benar dalam hubungan resmi sering membuat rencana untuk minggun, bulanan, bahkan tahunan. 

Anda berada dalam hubungan situasionship jika tidak pernah diundang ke acara keluarga. Anda juga mungkin tidak bertemu satu sama lain di akhir pekan atau hari libur.

Jika seringkali Anda mendapatkan undangan di menit-menit akhir, berkencan dengan Anda bukanlah prioritasnya. 

4. Tidak konsisten

Salah satu tanda Anda berada dalam hubungan romantis atau pacaran resmi adalah bisa bertemu dan berbicara secara teratur dengan pasangan. Sedangan dalam hubungan situasionship, tak ada hal ini.

Tanda Anda berada dalam hubungan situasionship selanjutnya adalah dia tidak meminta kalian bertemu minimal tiga kali dalam satu minggu. 

5. Dia selalu punya alasan

Setiap kali diajak bertemu, jika Anda berada dalam hubungan situasionship, maka pasangan Anda selalu punya alasan untuk tidak bertemu.

Misalkan, mereka akan beralasan sedang sibuk dengan pekerjaan yang padat atau memiliki agenda lain yang tidak bisa dibatalkan. 

Dalam hubungan pacara resmi, biasanya pasangan akan selalu meluangkan waktu untuk bertemu. Sedangan situasionship tidak memiliki dorongan besar untuk bertemu. 

Baca Juga: Bisa Dicoba Moms! Ini Rekomendasi Jamu yang Baik untuk Kesehatan Wanita

6. Anda dan pasangan hanya berbicara hal ringan

Tentu saja, Anda tahu pasangan Anda tinggal dan bekerja di mana. Mungkin juga Anda tahu di mana dia lahir dan menghabiskan masa kecilnya. 

Tapi, tidak pernah ada pembicaraan soal bagaimana rencana beberapa tahun mendatang atau pelajaran apa yang dapat Anda dan pasangan ambil dari masa lalu masing-masing.

Nah, jika Anda dan pasangan lebih suka berbicara soal seks dan saling menggoda ketimbang bicara soal ketakutam, rencana, nilai hidup, maka ini tanda Anda berada di hubungan situasionship

7. Anda tak membicarakan masa depan

Sama seperti sebelumnya, tanda Anda berada di hubungan situasionship adalah percakapan yang terjadi hanya soal hari ini. Misalkan, apa yang ingin Anda dan pasangan santap tuntuk makan malam.

Anda dan pasangan tak pernah membicarakan masa depan. Alasannya? Tentu sederhana, jika dia tak berencana hidup bersama dengan Anda, untuk apa membicarakannya?

Situasionship biasanya hanya berbagi soal aktivitas sehari-hari dan rencana nongkrong harian. Situasionship terasa tak memiliki tujuan. 

8. Dia memberitahu Anda bahwa dia tak ingin lebih serius

Tanda paling mudah Anda sedang berada di hubungan situasionship adalah pasangan Anda tak mau diajak ke hubungan yang lebih serius. Mereka masih enggan untuk berkomitmen. 

Jika mereka membicarakan ini, Anda beruntung. Tapi, beberapa orang menyatakannya melalui sikap mereka. Sikap mereka akan memberitahu Anda apa yang sedang dia pikirkan soal Anda. Jika dia tak pernah menelepon, maka mereka memang benar-benar tak mau menelepon. 

Baca Juga: Jangan Dikucek! Ini Sederet Cara Efektif Mengatasi Mata Merah

9. Anda sering merasa cemas

Meski situasionship bebas dari ekspektasi dan harapan, bukan berarti hubungan ini bebas dari tekanan. Tanda bahwa Anda berada dalam hubungan situasionship selanjutnya adalah Anda kerap merasa cemas karena tidak ada kepastian dan penuh ambiguitas.

10. Anda merasa bosan

Tanda Anda terjebak dalam hubungan situasionship adalah Anda sering merasa bosan dan lelah. Perasaan ini timbul karena rutinitas yang sama, hanya berbicara santai, pergi bersama, dan tak ada pembahasan yang lebih jauh. 

Intinya, rasa lelah dan rasa bosan ini muncul karena Anda mulai merasa hubungan ini sudah tak memiliki tujuan dan sudah tidak menyenangkan lagi. 

Lalu bagaimana cara mengatasinya jika Anda terjebak dalam hubungan situasionship

Mungkin Anda merasa baik-baik saja di awal hubungan situasionship. Tapi, setelah berjalan lama, Anda merasa menginginkan hal yang lebih serius. Hanya, hubungan yang terjadi tetap sama saja. 

Cara mengatasi supaya tidak terjebak di hubungan situasionship selamanya, pertama, pastikan Anda tidak mengesampingkan keingingan Anda hanya untuk menyenangkan seseorang atau berharap perasaannya bisa berubah. 

Apabila Anda sudah benar-benar lelah dengan hubungan situasionshop, bicarakan hal tersebut. Misalnya, apakah Anda akan terbuka soal dengan siapa saja yang kalian ajak tidur bersama.

Lalu, apakah akan menginap di hari kerja hingga apakah Anda akan pergi berdua saja atau dengan teman satu sama lain. Diskusi ini akan membuat Anda dan pasangan berada di halaman yang sama. 

Jika Anda ingin memiliki hubungan yang lebih serius, ungkapkan juga. Jika mereka menyambut dengan banyak alasan untuk menghindari berkomitmen dengan Anda, jangan berharap ada perubahan.

Jika demikian, jelaskan lagi batasan yang ingin Anda buat soal apa yang bisa Anda terima dan tidak. 

Demikian 10 tanda Anda sedang berada dalam hubungan situasionship dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News