Santai

Kemenparekraf Luncurkan Apresiasi Kreasi Indonesia 2024, Targetkan 10.000 Pendaftar

Kemenparekraf Luncurkan Apresiasi Kreasi Indonesia 2024, Targetkan 10.000 Pendaftar

MOMSMONEY.ID - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali menghadirkan Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024. Ini merupakan salah satu program Kemenparekraf yang kali ini mengusung tema “kreasi” yang akan diselenggarakan di 12 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, gelaran AKI tahun ini sudah memasuki tahun keempat dan kali ini hadir dengan inovasi baru, dimana adanya subsektor ekonomi kreatif tambahan yakni gim. Dengan begitu, terdapat tujuh subsektor ekonomi kreatif yang terlibat, yakni kuliner, kriye, fesyen, aplikasi, musik, film serta gim.

Tahun ini, Kemenparekraf pun menargetkan ada 10.000 pelaku ekonomi kreatif yang mendaftar, yang mana pendaftar tersebut akan dikurasi dan dipilih menjadi sekitar 360 pelaku ekonomi kreatif di 12 kota/kabupaten.

Nantinya, Bekasi akan menjadi kota pertama penyelenggaraan AKI 2024 kemudian dilanjutkan di Serang, Singkawang, Magelang, Blitar, Denpasar, Palu, Toba, Ternate, Tanjung Pinang, Labuan Bajo, dan Merauke.

“Rangkaian AKI 2024 akan dimulai di Kota Bekasi dan insyaallah roadshow program prioritas kami ini akan berjalan dan selesai tepat waktu,” ujar Sandiaga dikutip dari situs resmi Kemenparekraf, Selasa (13/2).

Baca Juga: MR DIY Sambet Lagi Penghargaan, Kali Ini Menjadi Biggest Brand Movers

Adapun, AKI merupakan wadah bagi pelaku ekonomi kreatif untuk masuk ke dalam ekosistem, membangun jejaring dan database. AKI juga hadir sebagai ajang publikasi dan memperluas pasar bagi merek-merek lokal.

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf M. Neil El Himam menerangkan pihaknya berencana memberikan inovasi baru, dengan menambah sekolah ekspor untuk alumni AKI sebelumnya. “Karena ternyata memang hal ini dibutuhkan karena beberapa pelaku AKI kemarin punya potensi ekspor yang luar biasa,” katanya.

Nah, bagi Anda yang ingin mendaftarkan merek Anda, pendaftaran sudah dimulai pada Selasa (13/2) pukul 00.00 WIB melalui pranala pendaftaran di akun Instagram @apresiasikreasiindonesia. Seluruh informasi seputar AKI 2024 juga dapat diakses melalui akun instagram AKI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News