Santai

Joko Anwar Berharap Film Siksa Kubur Bisa Jadi Bahan Diskusi

Joko Anwar Berharap Film Siksa Kubur Bisa Jadi Bahan Diskusi

MOMSMONEY.ID - Film dari rumah produksi Come and See Pictures dengan sutradara Joko Anwar dan produser Tia Hasibuan, Siksa Kubur akan segera tayang di bioskop mulai 11 April 2024.

Film ini bercerita tentang Sita yang ingin membuktikan bahwa siksa kubur tidak ada dan agama tidak nyata, setelah kedua orang tuanya meninggal karena korban bom bunuh diri. Upaya pembuktian ini dilakukan dengan cara mencari orang yang paling berdosa, dan saat dia meninggal, Sita akan ikut masuk ke dalam kuburannya.

Film Siksa Kubur merupakan film interaktif, atau melibatkan penonton dalam alur ceritanya. Interaktif yang dimaksud ini dihadirkan pada bagian akhir film.

Meski begitu, Joko Anwar mengatakan, untuk akhir dari film ini, setiap interpretasinya diserahkan pada penonton. Menurutnya dengan interpretasi masing-masing, ini yang akan membuat pengalaman menonton setiap orang semakin menarik.

Dia pun berharap ini akan menjadi bahan diskusi dengan orang-orang yang sudah menonton film Siksa Kubur atau dengan orang-orang yang asyik diajak berdiskusi.

“Karena kadar kepercayaan kita berbeda-beda, pandangan kita terhadap hidup dan terhadap diri kita berbeda. Tetapi ini yang akan jadi diskusi ketika kita sudah selesai menonton atau orang-orang yang kita anggap enak untuk diskusi,” kata Joko dalam Press Conference Film Siksa Kubur, Rabu (3/4).

Baca Juga: Ini Tontonan Terbaru di Viu Sepanjang April

Film ini pun diharapkan menjadi bahan renungan bagi semuanya. Bila selama ini banyak orang menormalisasi dosa, dengan menonton Siksa Kubur, penonton diajak untuk me-reset ulang. Mempertanyakan kembali, apakah benar mereka beragama dan percaya dengan Tuhan.

Lebih lanjut, Siksa Kubur tidak hanya menyajikan adegan-adegan horor yang akan membuat kita mengingat dosa dan berzikir di bioskop tapi secara mendalam juga berbicara tentang apa yang sudah diperbuat di dalam hidup dan mempertanyakan diri sendiri tentang apa yang salah.

Dengan cerita yang berfokus pada karakter dan ceritanya, Siksa Kubur disebut sebagai film horor yang merasuk jiwa dan menjadi pengingat pentingnya hadir untuk anggota keluarga.

Adapun, film ini diperankan oleh berbagai pemenang dan peraih nominasi Piala Citra FFI, serta para aktor pendatang baru.

Selain ada Faradina Mufti sebagai Sita dan Reza Rahadian sebagai Adil, ada juga Christine Hakim, Fachri Albar, Happy Salma, Slamet Rahardjo, Arswendy Bening Swara, Niniek L Karim, Jajang C. Noer, Djenar Maesa Ayu, Putri Ayudya, Runny Rudiyanti, Haydar Salishz, Afrian Arisandy, Ramadhan Al Rasyid, Tony Merle, Mian Tiara, Henry Manampiring, Widuri Puteri dan Muzakki Ramdhan.

Selanjutnya: Diskon Tarif Tol Minta Ditambah, Begini Respons Bos Jasa Marga (JSMR)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News