M O M S M O N E Y I D
BisnisYuk

Jelang Ramadhan Tingkat Belanja Masyarakat Naik, Benarkah?

Jelang Ramadhan Tingkat Belanja Masyarakat Naik, Benarkah?
Reporter: Jane Aprilyani  |  Editor: Jane Aprilyani


MOMSMONEY.ID - Indonesia merupakan negara dengan populasi Muslim terbanyak di dunia dengan jumlah 240,62 juta orang. Tak heran jika bulan Ramadan menjadi momen yang dinantikan oleh mayoritas masyarakat, mulai dari aspek spiritualitas hingga kesiapan fisik.

Dengan antusiasme dan pengeluaran masyarakat yang semakin meningkat, terutama dalam persiapan Ramadan dan menggunakan Tunjangan Hari Raya untuk menyambut Idul Fitri, para pelaku bisnis dapat memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan penjualan mereka.

Survei terbaru dari The Trade Desk menunjukkan bahwa 67% masyarakat Indonesia berencana untuk mengalokasikan setidaknya seperempat dari THR mereka untuk merayakan Ramadan 2024. Selain itu, 48% konsumen melaporkan peningkatan belanja yang didorong oleh optimisme terhadap kondisi ekonomi yang membaik. Dalam ranah daring, data internal SIRCLO menunjukkan bahwa sepanjang bulan Ramadan tahun 2021 hingga 2023, terdapat pertumbuhan rata-rata angka transaksi belanja online sebesar 62,5% dan jumlah konsumen yang berbelanja online meningkat 36,5%.

Danang Cahyono, Chief Operating Officer SIRCLO menyatakan optimisme peningkatan daya beli konsumen dari tahun ke tahun selaras dengan peningkatan yang signifikan dalam minat konsumen untuk berbelanja secara online di era digital ini. Maka dengan mempelajari tren belanja online yang terkini, kita dapat memanfaatkan informasi tersebut untuk menyusun strategi penjualan yang tepat sasaran pada bulan Ramadan 2024.

Baca Juga: Gen Z Gemar Belanja di Kanal Omnichannel

SIRCLO merangkum data-data perilaku belanja konsumen selama bulan Ramadan yang dapat membantu pelaku bisnis mengoptimalisasi penjualannya di lapak daring, baik melalui website, marketplace, dan live shopping. Berikut tren serta rekomendasi strategi yang dibagikan oleh SIRCLO:

1. Lima Kategori Produk Favorit Konsumen di Bulan Ramadan

Data internal SIRCLO menemukan lima kategori teratas yang paling sering diminati oleh konsumen online selama Ramadan tahun 2023, yaitu Beauty & Personal Care, Healthcare, Home Living, Food & Beverages, dan Fashion. Tradisi Ramadan seperti mempersiapkan hampers, menjaga kesehatan selama berpuasa, hingga membeli baju baru untuk Hari Raya Idul Fitri menjadi pendorong utama pola belanja ini.

SIRCLO juga mencatatkan antusiasme masyarakat semakin terlihat dengan pertumbuhan ukuran keranjang belanja (basket size), khususnya pada kategori Fashion yang meningkat sebesar 12%.

Data dari The Trade Desk turut mendukung temuan ini, dengan menunjukkan bahwa 1 dari 3 konsumen Indonesia cenderung berbelanja lebih banyak selama bulan Ramadan. Tak hanya itu, YouGov melaporkan peningkatan pengeluaran di berbagai kategori, di antaranya Food & Beverages (43%), Fashion & Accessories (27%), dan Beauty & Personal Care (20%).

Bulan Ramadan memiliki pengaruh signifikan terhadap kebiasaan belanja dan kebutuhan masyarakat, terutama pada kategori produk tertentu. Tren peningkatan belanja ini memberikan peluang bagi pelaku bisnis untuk mendorong angka penjualan di lapak daring dengan merancang penawaran produk khusus edisi Ramadan dan Idul Fitri.

Baca Juga: Dukung Tumbuh Kembang Anak, 4 Support System Ini yang Para Ibu Butuhkan

2. Sahur dan Buka Puasa: Jam Emas untuk Belanja Kebutuhan Ramadan

SIRCLO turut menemukan tren menarik terkait pola waktu belanja online selama bulan Ramadan 2023. Sebelum periode Ramadan, waktu berbelanja yang paling populer atau prime time jatuh pada pukul 19.00 - 20.00 WIB. Saat Ramadan, prime time untuk berbelanja online tersebar menjadi beberapa waktu, yaitu saat sahur terutama pada pukul 04.00 - 05.00 WIB, setelah buka puasa yaitu pukul 19.00 - 21.00 WIB, dan tepat tengah malam atau pukul 00.00 WIB.

Kini live shopping memiliki daya minat yang kian meningkat lintas kelompok usia, dengan persentase tertinggi jatuh pada Gen Z (87%), millennial (86%), dan Gen X (82%). 5 Pelaku bisnis dapat mengedepankan keunggulan live shopping untuk menyajikan demonstrasi produk secara lebih interaktif kepada konsumen pada periode prime time berbelanja online.

3. Tak Sekedar Diskon Besar, Manfaatkan Jenis Promosi lainnya

Promosi produk di bulan Ramadan menjadi penting bagi pelaku bisnis, karena mampu mempengaruhi keputusan belanja konsumen. Data TGM Research menunjukkan bahwa 41% responden mencari penawaran dan promosi khusus untuk kebutuhan belanja mereka selama bulan Ramadan. 6

Terdapat beragam strategi promosi yang dapat diterapkan oleh pelaku bisnis lintas kategori produk, di antaranya:

- Bundles dan Gift untuk produk konsumen yang berputar cepat, termasuk produk Food & Beverages serta Beauty & Personal Care,, karena dapat meningkatkan persepsi nilai produk, mendorong produk percobaan (trial), dan membuka peluang cross-selling.

- Buy xx Get xx untuk kategori produk Healthcare, karena mengakomodasi konsumen yang fokus pada kepraktisan dalam kebutuhan sehari-hari keluarga.

- Buy more, save more untuk kategori Home Living yang mencari kenyamanan dan penghematan biaya.

- Pemberian voucher dapat ditargetkan untuk kategori Fashion, menarik bagi konsumen yang peduli dengan gaya dan tren mode terbaru.

Baca Juga: Survei Orami: Ibu Butuh Pendukung dalam Memberikan ASI

Jenis-jenis promosi tersebut diharapkan mampu mempertahankan loyalitas konsumen jika dibandingkan dengan pemberian potongan harga semata, karena dapat membangun citra yang lebih tinggi bagi nilai produk.

4. Jangkau Para Ibu Tech-Savvy, Penentu Belanja Ramadan di Era Digital

Peran perempuan dalam keluarga, sebagai Ibu dan istri, sangat krusial dalam mengambil keputusan belanja, termasuk saat bulan Ramadan. Menurut data internal SIRCLO, sekitar 40.1% Ibu mencari informasi terkait produk melalui micro- influencers. Sementara dari segi perilaku belanja, 1 dari 3 Ibu berbelanja melalui online.

Hal ini menunjukkan pentingnya peran mereka dalam membentuk keputusan pembelian para Ibu. SIRCLO menemukan bahwa kategori utama belanja online yang diminati para Ibu sejalan dengan tren Ramadan tahun 2023, seperti kebutuhan harian (salah satunya Food & Beverages), Beauty & Personal Care, dan Healthcare.

Pola perilaku ini membuka peluang besar bagi bisnis untuk memperluas pangsa pasar, seperti berkolaborasi dengan micro-influencers, khususnya momfluencers, untuk menjangkau para Ibu milenial yang sudah terhubung secara digital.

Saat mengembangkan dan mengaplikasikan strategi untuk bulan Ramadan, pelaku bisnis dapat mengadopsi strategi omnichannel guna memastikan pengalaman belanja yang seamless dalam setiap kanal penjualan online. Strategi ini memungkinkan pelaku bisnis meningkatkan kenyamanan konsumen saat berinteraksi dalam setiap sales touchpoint melalui integrasi dari setiap kanal penjualan, tanpa batasan apapun.

Danang menambahkan efektivitas dari strategi berjualan online bergantung pada kemampuan pelaku usaha untuk memahami dan memenuhi ekspektasi konsumen selama periode Ramadan. Pendekatan cara berjualan yang mengedepankan seamlessness, analisa data, dan penyesuaian strategi sesuai tren belanja pada setiap kanal penjualan online, mampu tingkatkan penjualan dan loyalitas konsumen terhadap sebuah merek.

"Oleh karena itu, SIRCLO tekankan pentingnya inovasi untuk memberikan layanan terbaik kepada konsumen dalam mencapai kesuksesan jangka panjang bagi pemilik bisnis," tutur Danang.

Baca Juga: Dukung UMKM Implementasikan Ekonomi Hijau, SIRCLO Gelar Panen Omset

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

TERBARU

3 Zodiak Produktif! Ramalan Keuangan dan Karier Besok Jumat 19 Desember 2025

Berikut ramalan zodiak besok Jumat 19 Desember 2025 dinamika keuangan dan karier cenderung bergerak lebih reflektif namun produktif.

Promo Akhir Tahun Indomaret 18-24 Desember 2025, Aneka Biskuit Kaleng Harga Spesial

Promo Akhir Tahun Indomaret Periode 18-24 Desember 2025. Cek dan manfaatkan untuk belanja aneka biskuit kaleng.

Promo Indomaret Super Hemat 18-24 Desember 2025, Kebutuhan Dapur Diskon sampai 45%

Promo Indomaret Super Hemat Periode 11-24 Desember 2025 hadir. Manfaatkan untuk belanja kebutuhan dapur hingga susu anak.

Promo Alfamart Personal Care Fair 16-31 Desember 2025, Aneka Parfum Diskon hingga 45%

Promo Alfamart Personal Care Fair menawarkan Diskon s/d 45% untuk pembelian berbagai produk perawatan wajah dan tubuh.

Rekomendasi HP Harga Rp 1 Jutaan Bawa RAM 8GB yang Luas, Intip Informasinya di Sini

HP murah harga Rp 1 jutaan membawa penyimpanan dan RAM 8GB yang luas. Gadget-gadget ini mumpuni untuk streaming video.

Hari Terakhir Promo Yoshinoya 12.12 Kesamber Dealsember, Beli 1 Gratis 2 Cuma Rp 79K

Promo Yoshinoya Kesamber Dealsember telah memasuki hari terakhir. Nikmati penawaran beli 1 gratis 2 yang lebih hemat hanya Rp 79.000.

Tablet Murah dari Motorola Moto Pad 60 Neo Siap Temani Streaming Tahun Baru

Tablet murah Moto Pad 60 Neo bersaing dengan tablet keluaran terbaru, Redmi Pad 2. Keduanya bawa layar 2.5K, empat speaker & software responsif. ​

Promo Alfamart Beli 1 Gratis 1 Hanya Sehari 18 Desember 2025, Ada Es Krim-Mainan

Manfaatkan Promo Alfamart Beli 1 Gratis 1 Periode 18 Desember 2025 untuk belanja lebih untung. Cek di sini.

Rekomendasi Tablet Terbaik 2025 dengan Banyak Kelebihan, Ada Xiaomi Pad 7 & iPad Pro

Tablet terbaik 2025 selalu menyimpan pembaruan yang menawan. Mereka membawa desain terbaru, layar luas, kamera jernih dan prosesor super kencang.

Promo Trans Snow World Bekasi & Serpong sampai 19 Desember, Beli 2 Tiket Lebih Hemat

Trans Snow World Bekasi dan Serpong hadirkan promo sampai 19 Desember 2025. Pembelian 2 tiket hanya Rp 90.000 per orang.