BisnisYuk

Dukung UMKM Implementasikan Ekonomi Hijau, SIRCLO Gelar Panen Omset

Dukung UMKM Implementasikan Ekonomi Hijau, SIRCLO Gelar Panen Omset

MOMSMONEY.ID - Upaya masyarakat untuk penggunaan energi hijau kian masif. Untuk lebih mengedukasi banyak orang akan penggunaan energi hijau dalam aktivtasnya, SIRCLO menghadirkan Program Panen Omset 2023.

Berkolaborasi dengan Unit Usaha Syariah Maybank, Panen Omset seri kedua ini mengusung tema “Sustainable MSMEs” atau “Bisnis UMKM Berkelanjutan” yang bergulir mulai bulan Juli 2023.

Melalui program ini, SIRCLO ingin menyediakan wadah bagi pelaku UMKM untuk mempelajari lebih dalam mengenai bisnis berkelanjutan hingga mewujudkan nol emisi karbon.

CEO Entrepreneur Solutions SIRCLO Ferry Tenka mengatakan, tingginya antusias peserta pada Panen Omset tahun lalu memupuk semangat SIRCLO untuk mengembangkan program ini agar semakin relevan dan efektif dalam menunjang performa bisnis UMKM.

"Kami memahami pentingnya proses sosialisasi hingga pembekalan komprehensif yang dapat diterima dengan baik oleh pelaku UMKM," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (10/7).

"Maka dari itu, Program Panen Omset tahun ini telah kami rancang sebagai panduan guna memudahkan pelaku usaha mengambil langkah awal dalam menerapkan strategi bisnis berkelanjutan," ujar dia.

Batch Pertama dari Panen Omset 2023 akan dilaksanakan pada Juli 2023 di beberapa kota di Indonesia termasuk Jakarta, Semarang, Surabaya dan Medan.

Baca Juga: Mengintip Peluang Bisnis dari Teknologi Kecerdasan Buatan, Ini Tips Memulai Usaha

Romy Buchari, Head of Shariah Banking Maybank Indonesia, bilang, Program Panen Omset dapat mendukung salah satu strategi besar Maybank. 

Yakni, strategi M25+ yang berfokus kepada pengembangan pasar solusi keuangan syariah di Tanah Air, dan di saat yang sama, melaksanakan salah satu amanat prinsip ekonomi syariah yaitu mengelola sumber daya yang ada demi kemaslahatan bersama.

Program pelatihan ini nantinya akan mencakup:

1. Modul Pelatihan Bisnis Digital

Modul ini berisikan panduan tentang manajemen bisnis dasar, pembuatan konten kreatif, dan pengembangan kanal e-commerce.

Program pelatihan ini didukung oleh SIRCLO Store yang akan membahas pembuatan website, integrasi marketplace omnichannel, hingga WhatsApp Business API bagi para pelaku UMKM.

2. Pelatihan Digital Marketing dan Branding

Modul ini akan membahas seputar tren di dunia pemasaran seperti liveshopping streaming, strategi branding, dan influencer marketing.

Program ini dijalankan bersama platform marketplace influencer untuk UMKM, Social Bread yang akan berbagi studi kasus dan trik khusus dalam mengoptimalkan platform media sosial sebagai kanal penjualan.

Baca Juga: Shopee Catat Live Shopping Jadi Opsi Belanja Favorit Banyak Orang

3. Sosialisasi dan Pendampingan Konsep Reduce, Reuse, Recycle (3R).

Modul ini akan membahas tentang pemaparan isu karbon dan emisi global, edukasi pengelolaan sampah, serta sesi berbagi cerita bersama pahlawan lingkungan lokal.

Program sosialisasi ini merupakan bentuk kolaborasi SIRCLO bersama Waste4Change sebagai penyedia solusi pengelolaan sampah terdepan di Indonesia.

Bagi para peserta UMKM yang telah mendaftar dan lulus kurasi pendaftaran berkesempatan untuk memenangkan total hadiah Rp 50 juta.

Tiga pemenang utama yang terpilih akan mendapat hadiah berupa akses permodalan senilai Rp 12 juta, perluasan akses pasar, kesempatan mengadakan showcasing di NAKAMA.id dan NAKAMA Creative Hub.

Terdapat juga hadiah tambahan seperti giveaway top up saldo e-wallet sebesar Rp 500.000 bagi 28 peserta terpilih dan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi 19 peserta terpilih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News