Keluarga

Jangan Panik! Ini 4 Cara Menghentikan Pendarahan Saat Mencukur

Jangan Panik! Ini 4 Cara Menghentikan Pendarahan Saat Mencukur

MOMSMONEY.ID - Sedang asyik mencukur tiba-tiba berdarah? Tenang, Moms. Berikut 4 cara menghentikan pendarahan saat mencukur.

Tidak peduli seberapa hati-hatinya Anda ketika mencukur, tetap akan ada saat-saat ketika Anda tidak sengaja melukai kulit dengan pisau cukur yang Anda gunakan. Akibatnya, darah pun mengalir setetes demi setetes.

Adapun pendarahan dapat terjadi karena ada banyak pembuluh darah besar terutama di sekitar wajah dan dagu, sehingga luka kecil pun bisa mengeluarkan darah yang deras.

Jika Anda sering mengalami pendarahan saat bercukur, percayalah bahwa Anda tidak sendirian karena kebanyakan orang pun pernah mengalaminya. Tak perlu panik dan bingung, Anda diharuskan untuk tetap tenang saat mengalami situasi semacam ini.

Setelah tenang, Anda bisa mencoba 4 cara menghentikan pendarahan saat mencukur yang dilansir dari Skinkraft Laboratories ini.

Baca Juga: Suka Pakai Sheet Mask? Hindari 4 Cara Pakai Sheet Mask yang Salah Ini Ya!

1. Gunakan es batu

Cara menghentikan pendarahan saat mencukur yang pertama yaitu menggunakan es batu.

Mudah didapatkan, es batu dapat membantu menghentikan pendarahan setelah cukur secara praktis. Ambil beberapa es batu dan tempelkan pada area kulit yang telah dicukur. Tempelkan es batu secara perlahan dengan sedikit tekanan.

Cara ini akan membantu menyempitkan pembuluh darah dan menghentikan aliran darah dengan cepat.

2. Manfaatkan kopi atau teh

Cara menghentikan pendarahan saat mencukur yang kedua yaitu memanfaatkan kopi atau teh.

Selain nikmat untuk diminum, kopi dan teh ternyata bisa Anda manfaatkan untuk menghentikan pendarahan akibat luka cukur lho Moms. Pasalnya, di dalam kopi maupun teh terdapat kafein yang merupakan vasokonstriktor untuk menyempitkan pembuluh darah dan menghentikan pendarahan.

Ambilah sejumput kopi bubuk dan tahan pada bagian kulit yang berdarah sembari ditekan-tekan sedikit. Atau, larutkan dan dinginkan teh celup kemudian tempelkan kantong teh yang sudah dingin tersebut ke area yang terluka.

Baca Juga: 4 Manfaat Facial untuk Pria, Cegah Jerawat hingga Mengurangi Stres!

3. Pakai toner witch hazel

Cara menghentikan pendarahan saat mencukur yang ketiga yaitu memakai toner witch hazel.

Witch hazel merupakan bahan alami yang dapat membantu menyempitkan pembuluh darah dan menghentikan pendarahan. Witch hazel juga memiliki sifat astringent serta bisa menenangkan kulit setelah bercukur.

Sebagai alternatif untuk menghentikan pendarahan akibat bercukur, Anda bisa menggunakan witch hazel dalam bentuk toner. Pastikan, toner yang Anda pilih memiliki kandungan bebas alkohol supaya tidak membuat kulit menjadi kering.

4. Oleskan lip balm

Cara menghentikan pendarahan saat mencukur yang keempat yaitu mengoleskan lip balm.

Mengoleskan lip balm pada luka cukur akan menciptakan penghalang dan menghentikan darah mengalir keluar. Dengan begini, bakteri penyebab infeksi yang mungkin menyerang luka pun akan secara otomatis menjauh.

Setelah beberapa saat dan darah dipastikan berhenti mengalir, barulah Anda bisa menghapus lip balm hingga benar-benar bersih. Namun ingat, Anda perlu berhati-hati ketika menggosokkan lip balm mengingat luka cukur yang ada di bawahnya masih baru dan membutuhkan waktu untuk sembuh total.

Itulah 4 cara menghentikan pendarahan saat mencukur yang bisa Anda coba. Mudah kan, Moms?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News